0 Komentar

Sesuai dengan Pasal 1 Ayat (1) UU No. 39 Tahun 1999, tentang Hak Asasi Manusia, hak asasi adalah seperangkat hak yang melekat pada hakikat dan keberadaan manusia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa. Hak asasi merupakan anugerah-Nya yang wajib dihormati, dijunjung tinggi dan dilindungi oleh negara, hukum, pemerintah, dan setiap orang demi kehormatan dan perlindungan harkat dan martabat manusia.

HAM ini memandang bahwa manusia adalah makhluk yang paling sempurna yang diciptakan oleh Allah SWT dibanding dengan ciptaan yang lainnya. Maka dari itu manusia harus saling menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusian agar tercipta kondisi yang baik.

Pada kesempatan sekaligus peringatan hari HAM ini, saya akan memberikan naskah pidato dengan judul Hak Asasi Manusia (HAM). Berikut ini contoh Teks Pidato Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Singkat.

Teks Pidato Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Singkat

Teks Pidato Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Singkat

Assalamu'alaikum Wr. Wb.


Alhamdulillahirobbil'alamin
Washholatuwassalamu'ala muhammadi

Yang terhormat bapak ibu guru
yang saya cintai teman-temanku sekalian

Marilah kita panjatkan puji tahmid dan tasyakur kepada Allah atas segala limpahan rahmat, taufiq dan hidayahnya, sehingga pada kesempatan ini kita masih diberikan nikmat kesehatan dan bisa menghadiri acara peringatan Hari Hak Asasi Manusia di sekolah kita ini.

Sholawat dan salam semoga tetap tercurah kepada Rosulullah SAW yang telah memimpin dan membukakan jalan dari jaman jahiliyah menuju jaman yang penuh rohmah.

Hadirin yang saya hormati

Pada kesempatan ini, saya (...............) akan menyampaikan sebuah pidato dengan tema Hak Asasi Manusia. Sesuai dengan acara kita pada pagi hari ini.

Peringatan hari Hak Asasi Manusia tepat pada tanggal 10 Desember. Memperingati hari HAM ini mengingatkan kepada kita semua bahwa manusia ini memiliki derajat yang sama, memiliki hak yang sama, sehingga kita tidak boleh mengesampikan hak-hak orang lain. HAM di Indonesia sering digembar-gemborkan, yang mana masih dalam tahap pengangukan semata belum sampai keperlakuan sehingga masih banyak orang yang belum merasa haknya tepenuhi dengan benar sesuai dengan UUD yang berlaku di Indonesia.

Hadirin yang saya hormati

Hak Asasi manusia ini merupakan salah satu hak pokok yang dimiliki oleh setiap manusia, yang harus ditegakkan oleh setiap warga negara agar tercipta kehidupan yang harmonis dan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, karena dengan adanya HAM ini manusia dituntut untuk menghormati manusia satu dengan yang lainnya.

Manusia diciptakan oleh Allah dengan sangat sempurna dengan pemberian akal dan pikiran yang dapat digunakan untuk memilih mana yang baik dan mana yang buruk. Maka dari itu pergunakanlah akal fikiran kita dengan baik, selalu menjunjung tinggi nilai kemanusiaan karena di Indonesia ini telah berlaku undang-undang HAM.

Selengkapnya :

Teks Pidato Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Singkat


Demikianlah contoh Teks Pidato Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Singkat. Semoga bermanfaat.



Post a Comment

 
Top