0 Komentar

Manusia hidup didunia ini banyak sekalai dengan berbagai model karakter dan ciri khas masing-masing. Ciri khas tersebut bisa dijadikan sebagai patokan atau ciri-ciri dari seseorang. Begitu pula karakter seseorang bisa kita jadikan tolak ukur untuk mengetahui keaslian sifat manusia tersebut, meskipun terkadang tidak begitu pas.

Penilaian dari seseorang dengan melihar tingkah laku atau akhlaknya memang belum tentu pas dengan keadaan jiwa dan akahlak yang sesungguhnya, namun bisa kita simpulkan dengan perilaku sehari-hari itu bisa mencerminkan kelakuan seseorang sepenuhnya.

Pada posingan ini, saya akan memberikan contoh naskah pidato tentang Akhlak, akhlak yang baik yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Berikut ini conto Pidato Keagamaan Pendidikan Akhlak Yang Bagus.

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ كَانَ بِعِبَادِهِ خَبِيْرًا بَصِيْرًا، تَبَارَكَ الَّذِيْ جَعَلَ فِي السَّمَاءِ بُرُوْجًا وَجَعَلَ فِيْهَا سِرَاجًا وَقَمَرًا مُنِيْرًا. أَشْهَدُ اَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وأََشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وُرَسُولُهُ الَّذِيْ بَعَثَهُ بِالْحَقِّ بَشِيْرًا وَنَذِيْرًا، وَدَاعِيَا إِلَى الْحَقِّ بِإِذْنِهِ وَسِرَاجًا مُنِيْرًا. اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كَثِيْرًا. أَمَّا بَعْدُ؛

Hadirin dan hadirat yang berbahagia

Sudah maklum kalau Allah yang menjadikan kita semua asalnya tidak ada menjadi ada semenjak ada diperut ibu. Allah berfirman dalam surat 'al-Nahl' 78

وَاللَّـهُ أَخْرَجَكُم مِّنۢ بُطُونِ أُمَّهٰتِكُمْ لَا تَعْلَمُونَ شَيْـًٔا وَجَعَلَ لَكُمُ السَّمْعَ وَالْأَبْصٰرَ وَالْأَفْـِٔدَةَ ۙ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Artinya : "Allah telah mengeluarkan kalian dari perut ibu kah'an dalam keadaan tidak tidak tahu apaapa, apakah Allah memberikan pendengaran, penglihatan dan hati. Supaya kalian bersyukur kepada Allah."

Sementara kewajiban pertama kita terhadap Allah adalah menyembah ‘ (shalat) yang sesuai menurut syarat dan rukunnya: Hal tersebut telah difirmankan Allah dalam surat Al Baqarah ayat 21.

يٰٓأَيُّهَا النَّاسُ اعْبُدُوا۟ رَبَّكُمُ الَّذِى خَلَقَكُمْ وَالَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya : "Wahai manusia, sembahlah Allah1 yang menciptakan kalian clan pendahulu kalian supaya kalian tetap bertakwa kepada Allah."

Hadirin yang mulia

Junjungan kita Nabi Muhammad SAW adalah makhluk Allah yang paling mulia. Oleh karena itu kita wajib memuliakannya, berperilaku yang baik dalam ucapan maupun perbuatan karena beliaulah yang menunjukkan kita jalan yang benar. Dan mengeluarkan kita dari kegelapan rnenuju cahaya iman.

Termasuk akhlak kita kepada Nabi adalah mentaati semua ucapan clan perbuatan Nabi Sebagaimana dijelaskan dalam Surat Al Hasyr ayat 7.

 وَمَآ ءَاتَىٰكُمُ الرَّسُولُ فَخُذُوهُ وَمَا نَهَىٰكُمْ عَنْهُ فَانتَهُوا۟ ۚ وَاتَّقُوا۟ اللَّـهَ ۖ إِنَّ اللَّـهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ

Artinya : "Ambillah hal - hal  yang dibawa dan diperintahkan oleh nabi, dan tinggalkan hal-hal yang dilarangnya."

Selain kepada Nabi Allah 1uga memberi perintah kita untuk berakhlak terhada pemerintah/penguasa. Karena mereka keamanan, ketentraman dan kemakmuran tetap terjaga.

Salain Nabi dan penguasa kita diperintah berbuat baik kepada kedua orang tua. Yang te'rmasuk cara berbuat baik  kepada orang tua adalah mematuhi perintahnya, mencukupi kebutuhan mereka mempergauli mereka dengan baik serta. rendah hati terhadap keduanya.

Selain kepada nabi, penguasa, orang tua kita juga memiliki sanak kerabat yang termasuk keluarga terdekat kita, maka sudah sepatutnya kalau kita juga berakhlak yang baik terhadap mereka dengan menyambungialisilaturrahim. '

Dan yang terakhir adalah kita diperintah untuk berakhlak baik terhadap tetangga.’ Karena irasulullah saw, sudah ' nienyimpulkan akhlak clan hak bertetangga Di" dalam hadist beliau bersabda: Apakah kalian tahu apa hak-hak orang yang bertetangga? Beliau menjaw‘ab yaitu:

1 Tolonglah tetangga jika mereka meminta tolong.

2. Hutangilah jika mereka meminjam hutangan.

3 Jenguklah tetanggamu jika sakit

4 Berta’ ziyahlah jika tetanggamu meninggal dunia

Selengkapnya

Pidato Keagamaan Pendidikan Akhlak Yang Bagus



Demikianlah contoh Pidato Keagamaan Pendidikan Akhlak Yang Bagus, semoga membawa manfaat bagi semuanya.




Lihat Pidato Lain :


Pidato Keagamaan Maulid Nabi Bahasa Inggris

Pidato Maulid Nabi (Mengikuti Teladan Rasulullah)

Pidato Maulid Nabi Muhammad SAW (Singkat)

Post a Comment

 
Top