0 Komentar

Tanggal 12 Rabiul Awal telah lahir ke muka bumi manusia mulia, beliau adalah Muhammad bin Abdullah. Sekarang ini setiap tanggal tersebut diperingati oleh umat muslim seluruh dunia. Memperingati hari maulid nabi dengan berbagai kegiatan keagamaan sesuai dengan tradisi dari masyarakat dan daerah masing-masing.

Pada kesempatan ini, saya akan memberikan contoh pidato tentang maulid nabi Muhammad SAW dengan judul meneladani akhlak Rasulullah SAW. Pidato keagamaan ini cukup singkat, namun isinya sudah menyangkut tentang teladan yang dicontohkan oleh Rasulullah, pidato ini terdapat dalil Al-Qur'annya juga. 

Pidato Maulid Nabi (Mengikuti Teladan Rasulullah)

Pidato Maulid Nabi (Mengikuti Teladan Rasulullah)



Assalamu’alaikum Wr. Wb.

الحمد لله الذي أَنْعَمَ عَلَيْنَا وَهَدَانَا إِلَى دِينِ الأِ سْلاَمِ وَ جَعَلَ رَمَضَانَ شَهْرًا مُبَارَكًا وَرَحْمَةً لِلنَّاسِ وَاشْكُرُونِعْمَةَ اللهِ إِنْ كُنْتُمْ إِيَّاهُ تَعْبُدُون وَ لَعَلّكُمْ تَتَّقُون. الَلّهُمّ صَلّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِْدِ المُرْسَلِينَ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِينَ

Hadirin yang berbahagia

Bulan Rabiul Awal atau maulud merupakan bulan kelahiran emimpin dunia unjungan kita Nabi Muhammad SAW, malam Senin tanggal 12 bulan Rabul Awal atau bertepatan dengan tanggal 20 bulan April 671 M diutus bagi seluruh umat manusia dengan ajaran (kebijaksanaan dan nasehat yang baik) mengajak manusia memeluk agama yang benar yaitu agama Islam. Sedangkan nabi adalah teladan yang baik seperti yang difirmankan oleh Allah dalam surat Al-Ahzab ayat 21.

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ الَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو الَّهَ وَالْيَوْمَ الْآخِرَ وَذَكَرَ الَّهَ كَثِيرًا

“Sesungguhnya Rasulullah itu merupakan contoh (tauladan) yang utama bagi orang yang mengharapkan pertemuan dengan Allah dan hari akhir serta lebih bayka mengingat Allah”

Hadirin yang dimuliakan oleh Allah SWT

Rasulullah adlah teladan dalam kebersihan. Karena beliau tidak pernah tidur kecuali di dekat kepala beliau terdapat siwak begitu pula ketika bangun idur beliau tidak lupa untuk bersiwak.

Beliau juga memberikan teladan dalam kerapian, seperti selalu mengenakan pakaian putih karena lebih bersih dan lebih baik serta digunakan pula sewaktu orang meninggal sebagai kain kafa. Beliau juga ketika bepergian selalu bercermin pada air untuk meratakan surban dan rambutnya agar terlihat indah dan rapi.

Selain kerapian beliau juga memberikan teladan dalam hal kasih sayang terhadap anak-anak, orang lemah dan orang sakit. Beliau juga menjadi teladan dalam memikirkan kepentingan umum. Beliau tidak akan makan kalau tidak lapar dan tidak kana makan smapai kenyang. Ketika malam beliau juga sudah makan maka paginya tidak sarapan dan kalau siang sudah makan maka malamnya tidak makan. Beliau juga memberikan teladan kerukunan dalam bermasyarakat.

Selengkapnya :

Pidato Maulid Nabi (Mengikuti Teladan Rasulullah)



Demikianlah contoh teks Pidato Maulid Nabi (Mengikuti Teladan Rasulullah), semoga bermanfaat.




Lihat Postingan Lain :


Pidato Maulid Nabi Muhammad SAW (Singkat)

Contoh Pidato Maulid Nabi Di Sekolah

Sesorah Maulid Nabi Muhammad (Pidato Bahasa Jawa Singkat)

Post a Comment

 
Top