0 Komentar

Peringatan Nuzulul Qur'an tepat pada bulan Ramadhan tanggal 17, peringatan nuzulul qur'an ini berkaitan dengan pristiwa malam turunnya Al-Qur'an. Dalam surt Al-Qodar dijelaskan bahwa Al-Qur'an ini diturunkan pada malam kemuliaan, yaitu malam lailatul Qodar yang terjadi malam bulan Ramadhan.

Lailatut Qodar ini merupakan malam yang sangat istimewa, bagaimana tidak sesuai firman Allah bahwa malam itu lebih baik daripada malam seribu bulan, jadi sangat dianjurkan untuk beribadah, berbuat kebaikan dalam malam lailatul qodar di bulan Ramadhan.

Pada kesempatan ini, saya akan memberikan contoh teks naskah pidato singkat keagamaan dalam rangka peringatan malam nuzulul qur'an. Pidato keagamaan singkat ini sangat pas dan cocok untuk dibacakan atau disampaikan pada malam acara nuzulul qur'an. Berukut ini Contoh Teks Pidato Nuzulul Qur'an (Singkat).

Contoh Teks Pidato Nuzulul Qur'an (Singkat)

Contoh Teks Pidato Nuzulul Qur'an (Singkat)


Assalamu'alaikum Wr. Wb.

الْحَمْدُ لله الَّذِى فَرَضَ التَّوْبَةَ وَحرَّمَ الأَصْرَارَ، وَأَشْهَدُ أَنْ لاَإِلَهَ إِلاَّ الله وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ كاَتِبُ الآثَارِ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ صَفْوَةُ الأَخْيَارِ، صَلَّى الله وَسَلَّمَ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ السَادَةِ الأَخْيَارِ. أَمَّا بَعْدُ.

Hadirin yang saya hormati dan sandara-saudara kaum muslimin yang berbahagia.

Mari kita Selalu berjuang dan beramal sesuai dengan apa yang diperintahkan oleh Allah SWT. Dan jangan sampai kita sebagai umat Muslim menyimpang dari jalan kebenaran-Nya agar hidup kita mendapatkan petunjuk dan rahmat-N'ya, serta . selamat di dunia dan akhirat.

Hadirin yang saya hormati

Dalam bulan yang penuh barokah dan suci ini, kita sebagai umat Islam sangat perlu sekali untuk merenungkan hikmah dan keutamaan yang ada di dalam bulan Ramadhan. Jika kita mau mempelajari hikmah di bulan Ramadhan tentu tidak akan . terlupakan akan adanya lailatul qodar dan nuzulul qur’ an.

Sudah maklum bahwaal-Qur’an sebelum diturunkan kepada malaikat Jibril lalu kepada nabi Muhammad, lebih dahulu diturunkan pada malam lailatul qodar di langit dunia  yaitu di suatu tempat yang dinamakan bait al Izzah. Dan malam diturunkannya al-Qur an bertepatan di bulan Ramadhan seperti yang dijelaskan dalam al-Qur' an surat Baqarah: 185


Artinya : Bulan Ramadhan adalah bulan waktu duturunkan al-Qur'an

Karena lailatul‘ qadar diturunkan di bulan Ramadhan, maka Rasulullah sangat menganjurkan bagi seluruh umat Islam agar berlomba lomba dalam berbuat kebaikan dan keutamaan di bulan tersebut agar kita juga mendapat fadhilah lailatul qodar

Nabi Muhammad ketika berumur 40 tahun berada di zaman yang biasa disebut zaman jahiliyah yaitu zaman yang masyarakatya selalu berbuat kemungkaran seperti pemerasan dan pemerkosaan atas hak milik dan kehormatan pernah mengadu kepada Allah di gua Hiro’ akan nasib umatnya. Dan saat itu pula Allah maha pengasih mengabulkan do'a dan keinginan beliau agar dapat membimbing umatnya menuju hidup yang bahagia dengan diberi pusaka yang ampuh yaitu berupa wahyu al-Qur’ an.

Hadirin yang berbahagia

Wahyu tersebut diturunkan sedikit demi sedikit, kadang-kadang hanya 10 ayat atau bahkan 5 ayat atau 3 ayat agar dapat memperbaiki moral masyarakat yang rusak. Dan wahyu al-Qur’an tersebut mulai diturunkan pada tanggal 17 Ramadhan yang umum kita rayakan dan kita sebut dengan Nuzulul Qur’an.

Selengkapnya :

Contoh Teks Pidato Nuzulul Qur'an (Singkat)


Demikianlah postingan berjudul Contoh Teks Pidato Nuzulul Qur'an (Singkat), semoga bermanfaat.



Post a Comment

 
Top