0 Komentar

Sedikit rasanya orang yang mengetahui jumlah dan nama-nama budaya yang ada di Indonesia, apalagi bagi mereka para remaja dan anak sekolah, hanya sebagian kecil saja yang mereka ketahui dari keanekaragaman budata lokal Indonesia. Nah dengan adanya latar belakang tersebut saya berinisiatif untuk membuat pidato sekaligus mengajak para generasi muda untuk mengingat dan melestarikan budaya tradisional Indonesia.

Pada kesempatan ini saya akan memberikan contoh pidato tentang melestarikan budaya bangsa Indonesia. Pidato singkat ini sangat bagus dibacakan untuk kalangan kawula muda. Pidato tentang kebudayaan singkat ini juga bisa adik-adik pelajar gunakan sebagai tugas membuat teks pidato pendidikan tentang budaya bangsa di sekolah. Berikut ini Contoh Pidato Tentang Melestarikan Budaya Bangsa (Singkat).

Contoh Pidato Tentang Melestarikan Budaya Bangsa (Singkat)

Contoh Pidato Tentang Melestarikan Budaya Bangsa (Singkat)

Assalamu'alaikum Wr. Wb. 

Yang saya hormati Bapak/Ibu guru
Yang saya cintai dan saya banggakan teman-temanku
Selamat siang dan salam sejahtera untuk kita semua

Puji syukur kita haturkan kepda aTuhan Yang Maha Esa atas limpaha rahmatNya, sehingga pada siang hari ini kita masih diberikan kesempatan untuk berkumpul bersama di ruangan ini dalam kedaan sehat.

Terima kasih saya ucapkan kepada semuanya yang telah memberikan waktu dan kesempatan kepada saya untuk berpidato, pada kesempatan ini saya akan memberikan pidato tentang melestarikan budaya bangsa.

Hadirin yang berbahagia

Berbicara tentang budaya, negara Indonesia merupakan negara terbanyak yang memiliki budaya tradisional. Dari ratusan suku yang ada di Indonesia hampir semaunya memiliki budaya khas sendiri.
Budaya Indonesia memang sangat banyak, namun ada berapakah yang bisa kita sebutkan? mungkin hanya hitungan jari saja, Ironis memang. Namun memang ini sebuah kenyataan yang terjadi pada generasi sekarang. Seakan generasi sekarang sangat tidak peduli dengan budaya bangsa sendiri, malah lebih condong ke budaya barat yang katanya kekinian.

Hadirin yang saya hormati

Kita ambil contoh, tanggal 2 Oktober 2009 UNESCO telah meresmikan Batik sebagai budaya Indonesia. Tetapi apakah kita ingat? bahwa batik pernah diklaim sebagai budaya asli negara tetangga kita.

Tentu kita geram dan heran, mengapa negara tetangga sering mengklaim dan mengakui budaya Indonesia sebagai budaya mereka., seperti Reog Ponorogo, lagu Sayange, Barong Bali, Tari Pedet, Batik, dan masih banyak lagi.

Hadirin yang berbhagia

Kita terkadang tidak menyadari diri, mengapa budaya kita diklaim oleh mereka? Nah sekarang tanyakan pada diri sendiri. Apakah kita sudah melestarikannya? Apakah kita mengenalnya sebelum diklaim mereka? Kita baru tahu kalau itu budaya kita. Ya, ini efek dari kita tidak peduli terhadap budaya bangsa sendiri.

Maka dari itu, kita sebagai generasi penerus bangsa harus sudah sepatutnya melestarikan budaya bangsa dimulai dari cara yang sederhana dalam kehidupan kita sehari-hari.

Selengkapnya :

Contoh Pidato Tentang Melestarikan Budaya Bangsa (Singkat)


Demikianlah postingan Contoh Pidato Tentang Melestarikan Budaya Bangsa (Singkat), semoga bermanfaat.



Lihat Pidato Lain :




Post a Comment

 
Top