0 Komentar

Bulan Ramadhan merupakan salah satu bulan yang sangat mulia, sampai-sampai disebut langsung dalam Al Qur'an. Pada bulan Ramadhan ini umat Islam diwajibkan melaksanakan ibadah puasa Ramadhan dan disunahkan mengerjakan ibadah shalat tarawih pada malam hari. Nah apa sebenarnya hikmah dan keutamaan ibadah shalat tarawih? 

Pada kesempatan kali ini, skan saya berikan contoh teks pidato agama Islam tentang keutamaan shalat tarawih di bulan Ramadhan. Contoh pidato atau ceramah ini bisa sahabat bacakan ketika sela-sela pada saat shalat tarawih atau dibaca pada saat kultum pagi setelah shalat subuh berjamaah. Berikut ini Contoh Pidato Agama Islam Keutamaan Shalat Tarawih (Kultum Ramadhan).

Contoh Pidato Agama Islam Keutamaan Shalat Tarawih (Kultum Ramadhan)

Contoh Pidato Agama Islam Keutamaan Shalat Tarawih (Kultum Ramadhan)

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ، الْحَمْدُ للهِ الَّذِى جَعَلْنَا مِنَ النَّاصِحِيْنَ، وَأَفْهَمْنَا مِنْ عُلُوْمِ الْعُلَمَاءِ الرَّشِخِيْنَ، وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى مَنْ نَسَخَ دِيْنُهُ أَدْيَانَ الْكَفَرَةِ وَالطَّالِحِيْنَ، وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ الَّذِيْنَ كَانُوْا بِتَمَسُّكِ شَرِيْعَتِهِ صَالِحِيْنَ، أَمَّا بَعْدُ.

Bapak dan Ibu jamaah sekalaian yang diramhati Allah

Alhamdulillah pada kesempatan ini kita masih diberikan umur panjang, masih diberikan kesehatan sehingga masih bisa melakukan aktivitas dengan baik. Sholawat dan salam semoga tetap tercurah kepada nabi Muhammad SAW dengan ucapan "Alahumma sholli'ala sayyidina muhammad" dan tidak lupa kepada keluarganya, kepada sahabatnya, dan kepada umatnya yang selalu mensyiarkan agama Allah.

Hadirin yang saya hormati

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang selalu ditunggu-tunggu oleh umat muslim, pada bulan ini rasanya sangat berbeda dengan bulan-bulan lainnya. Karena keberkahan diturunkan pada bulan yang suci ini. Pada bulan suci Ramadhan ini marilah kita tingkatkan ketaqwaan kita terhadap Allah SWT dengan memperbanyak amal dan perbuatan baik, serta meninggalkan segala larangannya.

Amalan yang sangat utama dalam bu;an puasa adalah puasa Ramadhan yang mana wajib bagi umat Islam, selain itu amalan yang baik adalah tadarus, sadaqah, shalat tarawih, dan lain sebagainya.

Hadirin rohimakumullah

Berbicara shalat tarawih, kita pasti sudah pernah melakukannya. Shalat tarawih hukumnya sunah muakkad yang sangat dianjurkan untuk umat nabi Muhammad SAW. Kita tahu betapa besar pahalanya orang yang melaksanakan shalat tarawih. Apa saja keutamaan shalat tarawih pada  ulan puasa?

Yang pertama meningkatkan ukhuwah islamiyah antar sesma muslim, melaksanakan shalat tarawih berjamaah di masjid atau mushola sangat dianjurkan, karena disamping pahala shalat sangat banyak juga memperkuat ukhuwah islamiyah, kita bertemu snak famili, bertemu saudara, tetanggal dan terkadang orang yang tidak kita kenalpun bersama-sama shalat tarawih di masjid.

Keutamaan yang selanjutnya adalah meningkatkan kecintaan kepada masjid, karena kita tahu betapa pentingnya memakmurkan masjid-masjid kita, nah dengan shalat tarawih berjamaah maka masjid akan menjadi ramai orang beribadah.

Hadirin yang dirahmati Allah

Selain itu, masih banyak sekali hikmah dan kutamaan shalat tarawih berjamaah, seperti mendapatkan pahala shalat berjamaah, mendapatkan pahala berjalan menuju masjid, dan mendapatkan pahala shalat semalam suntuk.

Selengkapnya :

Contoh Pidato Agama Islam Keutamaan Shalat Tarawih (Kultum Ramadhan)


Demikianlah postingan berjudul Contoh Pidato Agama Islam Keutamaan Shalat Tarawih (Kultum Ramadhan), semoga membawa manfaat.



Post a Comment

 
Top