0 Komentar
Masroziq - Contoh Pidato Keutamaan Puasa Sunah Senin Kamis

Ibadah ada kalanya wajib ada kalanya sunah, ibadah sunah adalah ibadah yang jika dilakukan akan mendapatkan pahala, dan jika tidak dilakukan tidak berdosa. Namun alangkah lebih baiknya kita meraih pahala dengan menjalankan amalan sunah, akan tetapi amalan ibadah wajib tidak boleh ditinggalkan.

Nah pada kesempatan ini, saya akan berbagi sebuah contoh teks pidato tentang keutamaan puasa sunah. Contoh pidato agama Islam singkat ini bisa sobat bacakan pada acara seperti kultum pagi, setelah sholat, maupun acara keagamaan yang lain. Karena isi dari pidato puasa sunah ini bertema tentang islami. Bagi sahabat yang sedang mencari contoh pidato tentang keutamaan puasa sunah Senin Kamis bisa melihat pada postingan ini. Berikut ini Contoh Pidato Keutamaan Puasa Sunah Senin Kamis.

Contoh Pidato Keutamaan Puasa Sunah Senin Kamis

Contoh Pidato Keutamaan Puasa Sunah Senin Kamis

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

اَلْحَمْدُ ِللهِ الْمَلِكِ الْحَقِّ الْمُبِيْنِ، الَّذِي حَبَانَا بِالْإِيْمَانِ واليقينِ. اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّد،ٍ خَاتَمِ الأَنْبِيَاءِ وَالمُرْسَلِين، وَعَلَى آلِهِ الطَّيِّبِيِن، وَأَصْحَابِهِ الأَخْيَارِ أَجْمَعِين، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ. أَمَّا بَعْدُ

Jamaah hadirin yang saya hormati

Ucapan syukur wajib terucap dari mulut kita selaku hamba Allah yang telah diberikan berjuta nikmat, berupa nikmat kesehatan jasmani rohani, nikmat iman Islam yang sehingga dengan hidayahnya kita dibertemukan dalam tempat yang insyaallah diridhoi oleh Allah SWT.

Sholawat dan salam semoga tercurah kepada baginda nabiyullah Muhammad SAW, atas perjuanagn dakwah beliau sampai detik ini kita bisa menikmati indahnya agama Islam.

Hadirin yang berbahagia

Izinkan kepada saya untuk menyampaikan pidato tentang keutamaan puasa hari Senin dan Kamis.

Sebelumnya kita perlu tahu, apa itu amalan sunah? sunah adalah jika kita melakukan maka akan mendapatkan pahala, dan jika kita tidak melakukan tidak akan berdosa. Berarti kita lebih baik melakukan, karena akan mendapatkan tambahan pahala sunah.

Banyak sekali contoh amalan sunah yang dicontohkan oleh nabi Muhammad SAW. Misalnya puasa sunah, shalat sunah, dan perbuatan sunah lainnya. Berbicara puasa sunah, sangat banyak contoh puasa sunah yang diajarkan oleh Rasulullah ketika hidupnya, mislanya yang paling sering kita lakukan adalah puasa setiap hari Senin dan Kamis.

Hadirin yang dirahmati Allah

Puasa pada hari Senin dan Kamis memiliki keutamaan tersendiri. Nah mengapa nabi Muhammad mengajarkan dan memberikan contoh puasa pada kedua hari itu? kok bukan hari Jum'at, atau Rabu saja, tetapi hari Kamis dan Senin.

Seperti Hadits nabi yang diriwayatkan oleh Muslim.

ذَاكَ يَوْمٌ وُلِدْتُ فِيهِ وَيَوْمٌ بُعِثْتُ أَوْ أُنْزِلَ عَلَىَّ فِيهِ

Artinya :

“Hari tersebut adalah hari aku dilahirkan, hari aku diutus atau diturunkannya wahyu untukku.”

Nabi Muhammad SAW dilahirkan pada hari senin, lewat sejarah itu nabi melaksanakan puasa setiap hari Senin, hal ini menunjukkan bahwa rasa syukur dan senangnya nabi Muhammad dengan kelahirannya di dunia ini.

Yang selanjutnya, karena pada hari Senin dan Kamis merupakan laporan amal kepada Allah SWT. dan sehingga nabi melakukan amal perbuatan yang baik, yaitu puasa sunah.

إِنَّ أَعْمَالَ الْعِبَادِ تُعْرَضُ يَوْمَ الِاثْنَيْنِ وَيَوْمَ الْخَمِيسِ

“Sesungguhnya amal para hamba dilaporkan (kepada Allah) setiap senin dan kamis.”

Hadirin yang berbahagia

Adapun keutamaan puasa sunah Senin Kamis baik secara kesehatan maupaun secara agama ada banyak, seperti mengistirahatkan organ pencernaan pada tubuh, menenangkan jiwa, menurunkan hawa nafsu, banyak mendapatkan pahala, dicintai Rasul karena melakukan amal sunah, dan masih banyak lagi.

Selengkapnya :

Contoh Pidato Keutamaan Puasa Sunah Senin Kamis


Demikianlah Contoh Pidato Keutamaan Puasa Sunah Senin Kamis, semoga contoh teks pidato tentang puasa sunah ini bermanfaat.



Lihat Contoh Pidato Lain :

Post a Comment

 
Top