0 Komentar

Individualis adalah sikap yang mementingkan dirinya sendiri, dan tidak memiliki kepekaan terhadap apa yang dirasakan oleh orang lain. Sikap individualis sangat tidak bagus, karena manusia adalah makhluk sosial yang selalu membutuhkan yang namanya interaksi, komunikasi, dan saling tolong-menolong dalam kehidupan bermasyarakat. 

Pada kesempatan ini, saya akan memberikan contoh teks pidato singkat tentang peduli terhadap sesama. Pidato peduli sesama ini sangat bagus kita sampaikan pada acara atau forum-forum perkumpulan agar kita sadar bahwa sikap individualisme ini tidak bagus. Berikut ini Pidato Tentang Kepedulian Terhadap Sesama.

Pidato Tentang Kepedulian Terhadap Sesama

Pidato Tentang Kepedulian Terhadap Sesama

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Hadirin yang saya hormati

Puji syukur kita pajatkan kepada Allah sang khalik yang telah menciptakan segala apa yang ada pada alam ini, yang telah memberikan kerahmatannya, sehingga kita masih diberikan kesempatan untuk menikmati kehidupan yang fana ini.

Sholawat dan salam, semoga selelu dan tetap kita haturkan kepada sang akhlakul karimah nabi Muhammad SAW. yang senantiasa kita nantikan syafaatnya di hari akhir. 

Hadirin yang dimuliakan Allah

Di kesempatan yang baik ini, saya akan menyampaikan sebuah pidato dengan judul peduli terhadap sesama.

Manusia hidup sebaga makhluk sosial yang salaing membutuhkan satu sama lain. Kita harus menghindari sikap individualisme atau sikap cuek dan tidak peduli terhadap sesama manusia. Sikap peduli terhadap semama dan salim menyayangi sesama muslim merupakan hal yang diharuskan. Sesuai dengan hadits nabi yang berbunyi :

عَنْ أَنَسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: لاَيُؤْمِنُ أَحَدُكُمْ حَتَّى يُحِبَّ ِلأَخِيْهِ مَايُحِبُّ لِنَفْسِهِ. (رواه البخارى ومسلم وأحمد والنسائى)

Artinya :

Anas ra. berkata, bahwa Nabi saw. bersabda, “Tidaklah termasuk beriman seseorang di antara kami sehingga mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri”. (H.R. Bukhari, Muslim, Ahmad, dan Nasa’i)

Hadirin yang berbahagia

Sejatinya, umat muslim ini adalah satu saudara, satu bangunan yang mana haru saling menjaga dan peduli dan saling membantu. Dan apabila umat manusia saling membantu maka agama Islam akan kokoh.


عَنْ أَبِيْ مُوْسَى رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اَلْمُؤْمِنُ لِلْمُؤْمِنِ كَالْبُنْيَانِ يَشُدُّ بَعْضُهُ بَعْضًا. (أخرجه البخارى)

Artinya :

Diriwayatkan dari Abi Musa ra. di berkata, "Rasulullah saw. pernah bersabda, 'Orang mukmin yang satu dengan yang lain bagai satu bangunan yang bagian-bagiannya saling mengokohkan. (HR. Bukhari)

Maka dari itu, lewat pidato yang singkat ini marilah kita selalu peduli terhadap sesama manusia lebih-lebih umat Islam yang masih memerlukan bantuan tergadap kita, semampu kita, sebisa kita bantu agar umat Islam semakin kokoh.

Selengkapnya :

Pidato Tentang Kepedulian Terhadap Sesama


Demikianlah contoh teks Pidato Tentang Kepedulian Terhadap Sesama, semoga bermanfaat.



Post a Comment

 
Top