0 Komentar

Al Qur'an merupakan kitab suci umat Islam yang diturunkan kepada nabi Muhammad. Al Qur'an sebagai petunjuk hidup manusia yang snagat banyak memiliki keutamaan. Misalnya bagi orang yang membaca maupun orang yang mendengarkan. Disamping itu Allah akan memuliakan orang-orang yang selalu membaca Al Qur'an.

Pada kesempatan ini, saya akan memberikan contoh teks pidato Islami dengan tema Al Qur'an. Contoh pidato keagamaan ini sangat singkat, namun didalamnya sudah mencakup isi dan kaidah pidato. Diantaranya sudah ada muqadimah, salam penghormatan, isi, dan penutup pidato. Serta sudah dicantumkan hadits nabi Muhammad SAW. Contoh pidato tentang Al Qur'an ini juga sangat bagus untuk anak-anak atau acara pildacil. Berikut ini naskah Teks Pidato Al Qur'an Petunjuk Bagi Manusia.

Teks Pidato Al Qur'an Petunjuk Bagi Manusia

Teks Pidato Al Qur'an Petunjuk Bagi Manusia

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

بِسْمِ الله الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ، الْحَمْدُ لله أَخْرَجَ النَّاسَ مِنَ الظُّلُمَاتِ إِلَى النُّوْرِ ، وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدَنِ السَّائِقِ إِلَى النَّجَاةِ مِنَ الْجُوْرِ، وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ، أَمَّا بَعْدُ.

Marilah kita selalu bersyukur kepada Allah atas segala pemberian nikmat yang tiada tandingannya. Dan kita bersholawat kepada nabi Muhammad SAW yang telah membawa manusia dari kegelapan menuju jalan yang sangat terang benerang dengan tauhid Islam.

Hadirin yang saya hormati

Pada kesempatan pagi hari ini, saya akan menyampaikan pidato dengan judul Al Qur'an adalah petunjuk bagi manusia.

Saudara sekalian pasti memiliki Al Quran di rumah, betul? ada yang memiliki 3 buah Al Qur'an tapi jarang untuk dibacanya. Apalagi smapai menghatamkan Al Qur'an. Untuk apa Al Qur'an di rumah? Al Quran bukan untuk pajangan semata, namun kitab Al Qur'an harus kita baca, kita kaji, dan kita amalkan isinya.

Hadirin yang dirahmati Allah

Kitab Al Qur'an merupakan kitab suci umat Islam yang diturunkan kepada nabi Muhammad sebagai kitab penyempurna kitab sebelumnya. Kitab Al Qur'an juga termasuk mukjizat terbesar bagi nabi Muhammad SAW yang harus kita gunakan sebagai pedoman dalam hidup.

Membaca Al Qur'an sangat banyak pahalanya, sesuai sabda Rasulullah SAW.

(( الَّذِي يَقْرَأُ القُرْآنَ وَهُوَ مَاهِرٌ بِهِ مَعَ السَّفَرَةِ الكِرَامِ البَرَرَةِ، وَالَّذِي يَقْرَأُ الْقُرْآنَ وَيَتَتَعْتَعُ فِيهِ وَهُوَ عَلَيْهِ شَاقٌّ لَهُ أجْرَانِ )) متفقٌ عَلَيْهِ

Artinya :

“Yang membaca Al-Qur`an dan dia mahir membacanya, dia bersama para malaikat yang mulia. Sedangkan yang membaca Al-Qur`an namun dia tidak tepat dalam membacanya dan mengalami kesulitan, maka baginya dua pahala.” [Al-Bukhari 4937, Muslim 244]

Sesuai dengan hadits diatas, Rasulullah sangat menganjurkan kepada umatnya untuk membaca Al Qur'an. Jangan malu untuk membaca Al Qur'an meski belum lancar, selagi kita masih mau belajar untuk memperbaiki bacaan Al Qur'an, karena pahalanya akan dilipatgandakan. Apa lagi bagi umat yang lancar pahalanya.

Kaum muslimin yang berbahagia

Kehidupan di dunia ini sejatinya sudah diatur dalam Al Qur'an, dan barang siapa yang memahami betul isi dari Al Qur'an Insyaallah akan mendapatkan kehidupan yang baik. Begitu pula untuk mencapai kehidupan di akahirat, Al Qur'anlah pedoman untuk mencapai keduanya. 

Semoga kita bisa selalu istiqomah untuk mengaji Al Qur'an, karena besok yang akan memberikan syafaat adalah nabi akhir zaman yang memiliki mukjizat Al Qur'an. Amin.

Selengkapnya :

Teks Pidato Al Qur'an Petunjuk Bagi Manusia


Demikianlah contoh Teks Pidato Al Qur'an Petunjuk Bagi Manusia, semoga bermanfaat.



Lihat Pidato Lain :




Post a Comment

 
Top