0 Komentar

Sifat mencela meruakan sifat buruk, sifat tercela yang harus dihindari, mencela dan merendahkan sesama muslim itu sama saja mencela agama Allah, karena umat muslim satu dengan lainnya adalah satu saudara yang mana haru saling membantu, saling tolong-menolong dan bukan malah saling mencela, menjelekkan dan merendahkan.

Nah pada kesempatan ini, saya akan berbagi sebuah naskah contoh pidato tentang larangan mencela, menrendahkan sesama muslim. Contoh pidato agama Islam ini berisi ajakan kepada umat Islam agar saling bersatu, saling bahu membahu mengokohkan agama Islam, dan tidak boleh saling mencela, merendahlan sesama muslim. Berikut ini Contoh Pidato Tentang Dilarang Saling Mencela, Merendahkan Sesama Muslim.

Contoh Pidato Tentang Dilarang Saling Mencela, Merendahkan Sesama Muslim

Contoh Pidato Tentang Dilarang Saling Mencela, Merendahkan Sesama Muslim

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الأزْمَانِ وَالآنَاءِ، فَلا ابْتِدَاءَ لوجوده ولا انتهاءَ، يستوي بعلمه السرُّ والخفاءُ، اَللَّهُمَّ صَلِّيْ عَلَي سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ خَاتِمِ اْلأَنْبِيَاءِ وَالْمَرْسَلِيْنَ وَعَلَي آلِهِ الطَّيِّبِيْنَ وَأَصْحَابِهِ اْلأَخْيَارِ أَجْمَعِيْنَ. أَمَّا بَعْدُ.

Hadirin rohimakumullah

Alhamdulillah segala puji bagi Allah sang maha agung, maha pengasih dan penyang, yang telah memberikan kenikmatan kepada kita, nikmat kesehatan, nikman iman dan Islam sehingga pada saat ini, kita bisa berkumpul dalam keadaan badan sehat, pikiran sehat dan iman Islam. 

Sholawat dan salam, selalu kita ucapkan dan limpahkan kepada sayyidul ambiya Rosulillah SAW yang telah memberikan teladan bagi umatnya. Dan senantiasa kita nabtikan syafaatnya besok di hari kiamat.

Hadirin yang berbahagia

Pada kesempatan ini, saya akan berpidato tentang larangan mencela dan merendahkan sesama muslim. Kita tahu, bahwa agama Islam ini agama yang snagat menjunjung tinggi nilai kesopanan, nilai sosail, nilai kehormatan. Jadi kita sebagai umat muslim harus menaati itu semua. Contoh kecilnya, kita ilarang mencela dan merendahkan sesama umat muslim. Mentang-mentang kita kaya, pangkat kita tinggi terus menjelekkan saudara kita yang hidupnya pas-pasan. Belum tentu yang kita lecehkan, yang kita hina, yang kita remehkan, rendahkan lebih jelek dan lebih rendah dari kita, bisa jadi malah mereka kedudukannya lebih tinggi di sisi Allah SWT. 

Allah berfirman :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا يَسْخَرْ قَوْمٌ مِنْ قَوْمٍ عَسَى أَنْ يَكُونُوا خَيْرًا مِنْهُمْ وَلَا نِسَاءٌ مِنْ نِسَاءٍ عَسَى أَنْ يَكُنَّ خَيْرًا مِنْهُنَّ وَلَا تَلْمِزُوا أَنْفُسَكُمْ وَلَا تَنَابَزُوا بِالْأَلْقَابِ بِئْسَ الِاسْمُ الْفُسُوقُ بَعْدَ الْإِيمَانِ وَمَنْ لَمْ يَتُبْ فَأُولَئِكَ هُمُ الظَّالِمُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah sekumpulan orang laki-laki merendahkan kumpulan yang lain, boleh Jadi yang ditertawakan itu lebih baik dari mereka. dan jangan pula sekumpulan perempuan merendahkan kumpulan lainnya, boleh Jadi yang direndahkan itu lebih baik. dan janganlah suka mencela dirimu sendiri dan jangan memanggil dengan gelaran yang mengandung ejekan. seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk sesudah iman dan Barangsiapa yang tidak bertobat, Maka mereka Itulah orang-orang yang zalim.” 

Hadirin yang dirahmati Allah

Nabi Muhammad SAW bersabda :

سِبَابُ الْمُسْلِمِ فُسُوقٌ ، وَقِتَالُهُ كُفْرٌ

“Mencela seorang muslim adalah kefasikan, dan membunuhnya kekufuran.”

Nah setelah kita mendengar firman Allah dan hadits nabi diatas kita maish akan mencela, dan merendahkan sesama? silahkan kita renungkan dalam diri masing-masing.

Tak ada untungnya menela dan merendahkan sesama muslim, karena kedudukan, kepunyaan harta yang ada didunia ini hanyalah sementara, yang kapanpun dan saat apapun bisa diambil oleh Allah SWT. Karena Allah maha segalanya dan maha kuasa.

Selengkapnya :

Contoh Pidato Tentang Dilarang Saling Mencela, Merendahkan Sesama Muslim




Lihat Contoh Pidato Islami Lainnya :




Post a Comment

 
Top