0 Komentar

Tolong menolong merupakan sikap akhlak terpuji, karena dengan tolng menolong maka beban orang yang membutuhkan pertolongan akan berkurang dan terasa ringan karena terbantu. Tolong menolong dalam kebaikan sangatlah diperintahkan dalam ajaran Islam. Islam memerintahkan umatnya untuk slaing memberi pertolongan.

Nah lewat postingan ini, saya akan memberikan contoh pidato tentang tolong menolong. Pidato sosial ini isinya snagat bagus, karena mengajak kita semua untuk saling tolong menolong sesama. Bagi sahabat yang sedang mencari contoh teks naskah pidato tentang tolong menolong bisa melihat pada postingan ini. Berikut ini Contoh Pidato Tolong Menolong (Singkat).

Contoh Pidato Tolong Menolong (Singkat)

Contoh Pidato Tolong Menolong (Singkat)

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Bismillah
Alhamdulillahirobbil'alamin
Wash shola tuwassalamu'ala sayyidil mursalin
Wa'ala alihi washohbihi ajmain
La kahula wala quwwata illa billahil'aliyyil 'adzim

Puji dan syukur kita haturkan kepada Allah, atas segala limpahan nikmat, hidayah, inayah dan karunianya, sehingga kita bisa berjumpa dan berkumpul dalam keadaan sehat wal afiat dan tanpa ada halangan apapun.

Yang kedua, sholawat dan salam semoga tercurah kepada sang akhlakul karimah nabi Muhammad SAW yang selalu kita jadikan panutan dan senantiasa kita nantikan sayafaatnya di hari kiamat. Amin.

Hadirin yang saya hormati

Pada kesempatan kali ini, saya akan menyampaikan pidato tentang tolong menolong. Di dalam ajaran agama Islam, sikap saling tolong menolong sangat dianjurkan, karena sikap saling tolong menolong akan meringankan beban orang yang ditolong, meringankan beban orang yang membutuhkan pertolongan.

Yang dimaksud tolong menolong disini adalah tolong menolong dalam kebaikan, misalnya menolong orang yang kelaparan, menolong orang jatuh, menolong orang yang sedang kesusahan. Bukan tolong menolong dalam kejahatan.

Anjuran tolong menolong dalam kebaikan terdapat dalam surat Al Maidah ayat 2.

ۘ وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَىٰ ۖ وَلَا تَعَاوَنُوا عَلَى الْإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۖ إِنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ

Artinya :

"Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya"

Hadirin yang berbahagia

Adapun keutamaan dari tolong menolong adalah akan selalu dimudahkan oleh Allah di dunia dan di akhirat, Allah akan selalu menolong hambanya jika hambanya suka menolong orang lain.

Semoga dengan kita mendengar pidato singkat ini, kita akan selalu berbuat baik kepada sesama, selalu menolong dalam kebaikan kepada sesama. Karena semua itu adalah perintah Allah dan Rosulullah.


Selengkapnya :

Contoh Pidato Tolong Menolong (Singkat)


Demikianlah Contoh Pidato Tolong Menolong (Singkat), semoga teks pidato ini bermanfaat bagi semuanya.


Post a Comment

 
Top