0 Komentar

Allah telah memberikan rahmat-Nya kepada semua yang ada di jagat raya ini, dengan menciptakan bumi sebagai tempat tinggal dan hidup manusia. Hutan, lembah, sungai, pantai, gunung diciptakan oleh Allah agar umat manusia bisa menjaga dan memanfaatkan yang telah Allah ciptakan bukan untuk dirusak dan sisewenang-wenagkan.

Namun masih saja ada manusia yang tidak bersyukur atas pemberian Allah ini dengan berbuat kerusakan di bumi, bukan hanya merusak sesuatu berupa benda dan materi tetapi juga merusak dengan perbuatan dan sikap yang tercela.

Pada kesempatan ini, saya akan berbagi naskah pidato agama Islam tentang menjaga lingkungan. Pidato menjaga kelestarian lingkungan ini cukup singkat dan materi didalamnya terdapat uraian dalil untuk menjaga kelestarian alam. Berikut ini Pidato Kegamaan Tentang Menjaga Lingkungan.

Pidato Kegamaan Tentang Menjaga Lingkungan

Pidato Kegamaan Tentang Menjaga Lingkungan

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

اَلْحَمْدُ للهِ عَلىَ نِعْمَةِ الإِسْلاَمِ وَالإِيْمَانِ وَالهِدَايَةِ, وَكَفَى بِهَا نِعْمَةٍ, اَلَّلهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدِ ابْنِ عَبْدِاللهِ, وَعَلىَ اَلِهٍ وَصَحْبِهِ وَمنْ وَالَاهُ, لَاحَوْلَ وَلاقُوَّةَ اِلَّا بِا اللهِ, اَمَّا بَعْدُ.

Hadirin yang saya hormati

Puji syukur kita panjatkan kepada Allah, atas segala pemberian nikmat kepada hamba-hamba-Nya, terutama nikmat iman, Islam dan kesehatan.

Allahumma sholli 'ala sayyidina Muhammad kita ucapkan dan haturkan kepada Baginda nabi Muhammad SAW. dan kita harapkan syafaatnya besok di hari kiamat. Amin

Hadirin rohimakumullah

Allah SWT menciptakan segala yang ada di bumi dan langit ini semuanya memiliki fanfaat dan kegunaan, mulai dari sesuatu yang sangat kecil, bahkan tidak terlihat pun akan selalu ada manfaatnya, hanya saja kita Belu mengetahui manfaat dari itu.

Allah menciptakan manusia ke muka bumi ini agar menjadi Khalifah di bumi sekaligus menjaga kelestarian bumi, karena manusia diciptakan oleh Allah diberikan akal pikiran yang bisa untuk memilah dan memilih sesuatu hal yang baik. Tugas manusia di bumi ini untuk memanfaatkan, mengelola dan memelihara alam semesta. Hal ini sesuai dengan firman Allah dalam surat Al Baqarah ayat 30.

وَإِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلَائِكَةِ إِنِّي جَاعِلٌ فِي الْأَرْضِ خَلِيفَةً ۖ قَالُوا أَتَجْعَلُ فِيهَا مَنْ يُفْسِدُ فِيهَا وَيَسْفِكُ الدِّمَاءَ وَنَحْنُ نُسَبِّحُ بِحَمْدِكَ وَنُقَدِّسُ لَكَ ۖ قَالَ إِنِّي أَعْلَمُ مَا لَا تَعْلَمُونَ

Yang artinya :

Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat, “ Aku hendak menjadikan khalifah) di bumi “ Mereka berkata, “ Apakah Engkau hendak menjadikan orang yang merusak dan menumpahkan darah di sana, sedangkan kami bertasbih memuji-Mu dan menyucikan nama-Mu?” Dia berfirman, “ Sungguh, Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui”

Hadirin sekalian yang saya hormati

Menjaga kelestarian lingkungan bisa berupa merehabilitasi sumber daya alam seperti hutan, air yang rusak perlu diperbaiki lagi. Karena kalau kita melihat kondisi sekarang, dilingkungan kita ini sangat memprihatikan. Banyak hutan yang sudah gundul akibat penebangan yang tidak bertanggung jawab, sungai-sungai meluap banjir, tanah longsor, dan lain sebagainya.

Hal ini memang terjadi atas ijin Allah, namun bisa kita introspeksi diri bahwa kerusakan awal disebabkan oleh manusia sendiri dengan kerakusan dan keserakahan nya.

Selengkapnya :

Pidato Kegamaan Tentang Menjaga Lingkungan


Demikianlah postingan berjudul Pidato Kegamaan Tentang Menjaga Lingkungan, semoga bermanfaat.




Post a Comment

 
Top