0 Komentar

Manusia merupakan makhluk sosial, artinya manusia tidak bisa hidup sendiri melainkan manusia hidup pasti membutuhkan manusia lainnya, inilah yang disebut dengan manusia adalah  makhluk sosial. Hal ini bisa kita buktikan sendiri didalam kehidupan bermasyarakat, kita selalu saling membutuhkan dengan manusia lain begitu pula sebaliknya.

Dalam kehidupan masyarakat jika manusia tidak mau berinteraksi atau berkomunikasi dan saling membantu maka manusia itu tidak akan bisa hidup secara sempurna, karena kita hidup pasti membutuhkan orang lain. Nah pada kesempatan ini akan saya bahas mengenai pidato tentang pendidikan sosial agar kita bisa tahu bagaimana etika bersosial didalam masyarakat dan lain sebagainaya.

Pada postingan kali ini saya akan berbagi sebuah teks pidato singkat dengan tema tentang pendidikan sosial di masyarakat. Berikut ini Contoh Pidato Pendidikan Sosial (Singkat).

Contoh Pidato Pendidikan Sosial (Singkat)

Contoh Pidato Pendidikan Sosial (Singkat)

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah wasyukru lillah ala ni'matillah
Allahumma sholi wasallim 'ala sayyidina wamaulana muhammadin
Wa'ala alihi washoh bihi ajmain.

Puja dan puji syukur wajib kita ucapkan kepada Allah yang telah memberikan segala kenikmatan kepada kita. Yang kedua sholawat dan salam kita haturkan kepda baginda nabi Muhammad SAW.

Hadirin yang berbahagia

Pada perjumpaan kali ini, saya akan berpidato dengan tema sosial.

Apakah kita hidup di dunia ini sendirian? Apakah saat kita lahir ke dunia ini sendiri tanpa ada bantuan dari orang lain? jawabannya tentu tidak. Contoh ini harus kita jadikan dan kita renungkan betapa pentingnya bantuan dari orang lain, dari pertama lahir sampai kita mati dikurub itu butuh bantuan dari manusia lain.

Kehidupan bersosial itu sangat dianjurkan dalam Islam, namun tentunya kehidupan sosial yang baik. Sesuai dengan firman Allah dalam surat Al Hujurat ayat 13.


يٰٓأَيُّهَا النَّاسُ إِنَّا خَلَقْنٰكُم مِّن ذَكَرٍ وَأُنثَىٰ وَجَعَلْنٰكُمْ شُعُوبًا وَقَبَآئِلَ لِتَعَارَفُوٓا۟ ۚ إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِندَ اللَّـهِ أَتْقَىٰكُمْ ۚ إِنَّ اللَّـهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ

Artinya : Hai manusia, sesungguhnya kami menciptakan kamu dari seorang pria dan seorang wanita dan kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling mengenal (hidup rukun damai). Sesungguhnya orang yang paling mulai di antara kamu di sisi Allah ialah oranmg yang paling bertaqwa di antara kamu. 

Dalam ayat tersebut telah jelas diterangkan, bahwa Allah itu telah menciptakan manusia dengan banyak golongan, mulai dari berbeda negara, berbeda bangsa, berbeda suku, berbeda warna kulit dan lain sebagainya agar kita itu disuruh untuk saling ta'aruf bersosial.

Hadirin yang berbahagia

Lebih-lebih dalam masyarakat kita, masih dalam satu kampung yang masih sama adat dan kebiasaan, kita harus saling bekerja sama, menjunjung nilai sosial dalam masyarakat yang tinggi, agar terjalin hubungan dan kehidupan yang harmonis dalam masyarakat. Kita harus berusaha semaksimal mungkin dalam berinteraksi dalam masyarakat, sebisa mungkin menaati peraturan dan norma yang berlaku dalam masyarakat.

Terus bagaimana sikap contoh bersosial didalam masyarakat yang baik, kita bisa ambil contoh yang sederhana. Saat kita berjalan bertemu dengan tetangga kita menyapa, memberi senyum. Saat didalam masyarakat mengadakan kerja bakti, diusahakan kita mengikutinya selagi tidak ada acara yang sangat penting bagi kita. Contoh bersosial dalam masyarakat yang bagus lainnya misalnya tidak membuat gaduh didalam masyarakat. Dan lain sebagainya.

Kecenderungan manusia semakin bertambahnya umur, maka jiwa sosialnya akan semakin tumbuh, mengapa demikian? Karena semakin dewasa kita akan tahu betapa pentingnya kita bermasyarakat.

Hadirin yang saya hormati

Selengkapnya :

Contoh Pidato Pendidikan Sosial (Singkat)


Demikianlah Contoh Pidato Pendidikan Sosial (Singkat), semoga bermanfaat.




Lihat Postingan Lain :


Post a Comment

 
Top