0 Komentar

Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia, dalam perhitungan kita-kira jumlahnya ada sekitar 17.000 pulau yang ada di seluruh Indonesia yang membentang diseluruh katulistiwa dan bersatu dalam negara kesatuan republik Indonesai.

Hari Nusantara diperingati setiap tanggal 13 Desember hal ini mengingatkan bahwa negara kita ini terdiri dari beberapa pulau yang bisa bersatu dan memiliki banyak potensi, baik potensi dari laut ataupun darat. Hanya saja potensi ini belum dimanfaatkan secara maksimal. Dengan adanya peringatan hari Nusantara ini semoga seluruh wilayah Nusantara bisa maju dan berkembang dengan baik dengan memanfaatkan potensi-potensi yang ada.

Pada kesempatan ini, saya akan memberikan contoh naskah pidato tentang hari nusantara, teks pidato ini hanya singkat, baik juga untuk anak sekolah, karena isi dari pidato ini saya rasa sudah cukup mewakili dari isi peringatan hari nusantara. Berikut ini Contoh Pidato Hari Nusantara (13 Desember).

Contoh Pidato Hari Nusantara (13 Desember)

Contoh Pidato Hari Nusantara (13 Desember)

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Bismillah, alhamdulillah
Wash sholatuwassalamu'ala rosulillah
Wa'ala alibi washoh bihi waman walah, ammaba'du

Yang terhormat bapak dan ibu guru
teman-temanku sekalian yang saya cintai dan saya banggakan

Marilah kita ucapkan terimakasih dengan ucapan alhamdulillah kepada Allah SWT, atas segala limpahan rahmatNya kepada kita semua, sehingga sampai saat ini kita masih diberikan kesempatan menikmati hidup di dunia ini dengan keadaan baik.

Sholawat dan salam, selalu kita haturkan kepada baginda Rosulillah SAW, yang senantiasa kita tunggu syafaatnya di hari kiyamat.

Hadirin yang berbahagia

Hari ini, tanggal ini, 13 Desember adalah tanggal peringatan hari Nusantara. Hari nasional ini ditetapkan oleh pemerintah secara resmi melalui keputusan presiden nomor 126 tahun 2001 yang sampai sekarang diperingati secara nasional sebagai hari Nusantara.

Sejarah dari hari Nusantara ini merupakan perwujudan dari deklarasi Djuanda oleh Ir. H. Djuanda yang dianggap sebagai deklarasi kemerdekaan Indonesia yang kedua. Mengingat Indonesia adalah negara yang sangat luas, yang terdiri dari sangat banyak pulau yang membentang dari Sabang sampai Merauke sangatlah pas deklarasi ini diwujudkan, karena deklarasi Djuanda dimaksudkan mempersatukan kembali wilayah yang ada di Indonesia khusunya wilayah laut yang mana laut ini memisahkan antar pulau yang ada di Indonesia.

Disamping itu, wilayah laut Indonesia sangat luas yang didalamnya sangat banyak potensi sumber daya yang dapat mensejahterakan jutaan rakyat Indonesia. Hanya saja pemanfaatan potensi laut Indonesia ini belum maksimal untuk keperluan rakyat Indonesia. Dengan adanya peringatan hari Nusantara ini semoga pemanfaatan laut baik dari sisi wisata ataupun yang lainnya bisa semakin baik.

Hadirin yang saya hormati

Istilah nusantara bagi negara Indonesia adalah menggambarkan bahwa wilayah kepulauan yang membentang dari ujung barat sampai timur Indonesia. Yang jumlahnya sangat banyak kurang lebih 17.000 pulau dan kepulauan. Istilah nusantara ini hanya dimiliki oleh negara tercinta Indonesia saja, karena hanya Indonesialah yang memiliki luas wilayah yang terdiri dari pulau, kepulauan dan laut.

Selengkapnya :

Contoh Pidato Hari Nusantara (13 Desember)


Demikianlah Contoh Pidato Hari Nusantara (13 Desember), semoga bermanfaat.




Lihat Pidato Lain :

Post a Comment

 
Top