0 Komentar

Ayah dan Ibu merupakan sosok pahlawan yang harus kita hormati dan patuhi segala perintahnya. Karena ayah dan ibu kita merupakan orang yang senantiasa merawat kita dari mulai kecil sampai kita besar. Lebih-lebih pada Ibu kita, orang yang mengandung kita selama 9 bulan dan mengasuh kita saat kita masih kecil. Begitu besar jasa ibu kita, maka kita wajib untuk menghormati dan berbakti kepadanya. Atas jasa yang begitu luar biasa kini dibuat tanggal spesial yaitu tanggal 22 Desember yang diperingati sebagai hari Ibu.

Nah pada kesempatan ini saya akan memberikan contoh pidato tentang ibu. Pidato singkat tentang ibu ini dikupas dengan suasana islami yang didalamnya terdapat dalil dan muqodimah bahasa Arab. Bagi anda yang sedang mencari contoh pidato tentang Ibu, silahan lanjutkan membaca postingan ini. Berikut ini Teks Pidato Islami Tentang Ibu (Singkat).

Teks Pidato Islami Tentang Ibu (Singkat)

Teks Pidato Islami Tentang Ibu (Singkat)

Assalamu'alaikum Wr. Wb.


بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ، الْحَمْدُ للهِ الَّذِى جَعَلْنَا مِنَ النَّاصِحِيْنَ، وَأَفْهَمْنَا مِنْ عُلُوْمِ الْعُلَمَاءِ الرَّشِخِيْنَ، وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى مَنْ نَسَخَ دِيْنُهُ أَدْيَانَ الْكَفَرَةِ وَالطَّالِحِيْنَ، وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ الَّذِيْنَ كَانُوْا بِتَمَسُّكِ شَرِيْعَتِهِ صَالِحِيْنَ، أَمَّا بَعْدُ.

Yang terhormat bapak ibu sekalian

Ucapan syukur kita haturkan kepada Allah atas segala karunia yang telah diberikan kepada kita, sehingga kita masih diberikan kesempatan untuk menikmati kehidupan ini dengan baik.

Sholawat dan salam, selalu kita curahkan kepada nabi akhir Zaman nabi Muhammad SAW. Dan kita nantikan pertolongan syafaat di hari kiamat. Amin.

Hadirin yang berbahagia

Manusia hidup di dunia ini dengan lantaran orang tua kita atas takdir dari Allah SWT. Tidak ada manusia yang lahir kedunia ini tanpa adanya orang tua. Mulai didalam kandungan seorang Ibu mengandung dengan susah payah, kemanapun dibawa. Setelah lahir, masih bayi, kita disusui, diasuh dengan penuh kasih sayang, menginjak usia sekolah kita disekolahkan dan dibiayai oleh orang tua kita. Maka betapa banyaknya jasa orang tua dalam kehidupan kita. 

Namun terkadang setelah kita nalar, saat diberi nasehat oleh orang tua malah kita mengabaikan saja, terkadang juga kita malah membentaknya. 

Dalam surat Al-Isro' ayat 23 Allah Berfirman :

وَقَضَىٰ رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوا إِلَّا إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا ۚ إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ أَحَدُهُمَا أَوْ كِلَاهُمَا فَلَا تَقُلْ لَهُمَا أُفٍّ وَلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَهُمَا قَوْلًا كَرِيمًا

Yang artinya : 

“Dan Rabb-mu telah memerintahkan kepada manusia janganlah ia beribadah melainkan hanya kepadaNya dan hendaklah berbuat baik kepada kedua orang tua dengan sebaik-baiknya. Dan jika salah satu dari keduanya atau kedua-duanya telah berusia lanjut disisimu maka janganlah katakan kepada keduanya ‘ah’ dan janganlah kamu membentak keduanya”

Dalam firman tersebut dijelaskan, perumpamaan kata yang sangat tidak boleh dikatakan kepada orang tua itu hanyalah dua huruf "ah", apalagi kita mencaci, kita mengomeli, kita membentaknya kepada orang tua, apakah itu boleh? tentu sangat tidak boleh.

Perasaan orang tua kita khususnya Ibu sangatlah besar, maka kita sebagai anak harus pandai-pandai membuat perasaan Ibu menjadi senang, menjadi gembira dengan perkataan kita dan kelakuan kita yang baik. 

Hadirin yang saya hormati

Jasa Ibu terhadap anaknya idak bisa dihitung dengan jari, kita tidak akan bisa membalasnya dengan apapun. Dengan jasa-jasa ibu kepada kita sekarang dijadikan peringatan hari ibu setiap tanggal 22 Desember. Memperingati hari Ibu ini bertujuan agar kita selalu mengingat betapa hebat perjuangan seorang ibu untu mengasuh putra dan putrinya. 

Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.


Selengkapnya :

Teks Pidato Islami Tentang Ibu (Singkat)


Demikianlah contoh naskah Teks Pidato Islami Tentang Ibu (Singkat). semoga bermanfaat.




Lihat Pidato Lain :

Post a Comment

 
Top