0 Komentar

Orang yang baik bisa dilihat dengan perilaku kesehariannya, misalnya dengan berlaku jujur dalam segala hal, berkata baik, dapat dipercaya dan lain sebagainya. Sifat jujur harus ditanamkan dalam jiwa seorang muslim, karena muslim yang baik adalah muslim yang selalu berkata dan berbuat jujur. Berbuat jujur terkadang pahit namun berbuat jujur itu hebat. 

Pada postinganini, saya akan memberikan contoh naskah kultum agama Islam tentang kejujuran. Teks kultum kejujuran ini bisa sobat bacakan sehabis sholat jamaah di masjid atau mushola sobat, karena isi dari kultum tentang kejujuran ini singkat namun sisinya sudah mewakili seputar kejujuran. Berikut ini Kultum Singkat Tentang Kejujuran.

Kultum Singkat Tentang Kejujuran

Kultum Singkat Tentang Kejujuran

Assalamu'alaikum Wr. Wb. 


بِسْمِ الله الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ، الْحَمْدُ لله أَخْرَجَ النَّاسَ مِنَ الظُّلُمَاتِ إِلَى النُّوْرِ ، وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدَنِ السَّائِقِ إِلَى النَّجَاةِ مِنَ الْجُوْرِ، وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ، أَمَّا بَعْدُ.

Hadirin jamaah sekalian yang dirahmati Allah, marilah kita bersyukur kepada Allah dengan melafalkan alhamdulillah, dan melakukan perbuatan yang diperintahkan oleh Allah dan meninggalkan larangannya.

Sholawat dan salam kita haturkan kepada nabiyullah Muhammad SAW yang selalu dinantikan syafaatnya di hari kiamat nanti.

Pada perjumpaan pagi ini saya akan memberikan sebuah kultum tentang kejujuran. 

Kejujuran merupakan terdiri dari kata jujur yang artinya mengakui, yaitu mengakui, memberikan informasi yang sesuai dengan fata yang ada. Kebalikan dari sifat jujur adalah bohong atau pendusta yaitu menyampaikan informasi yang tidak sesaui dengan apa yang ada.

Sikap jujur sangat dianjurkan dan diwajibkan oleh agama Islam. Allah pun menyuruh umat manusia agar selalu bersama orang-orang yang benar dan jujur.

Dalam surat At Taubah ayat 119 Allah SWT berfirman :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَكُونُوا مَعَ الصَّادِقِينَ

Artinya :

“Hai orang-orang yang beriman bertakwalah kepada Allah, dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang benar.” (QS. At Taubah: 119)

Dalam firman tersebut Allah telah jelas kita dianjurkan untuk bersama orang-orang yang benar, maksud disini bisa jadi orang-orang yang shaleh, berakhlak yang bagus, selalu berkata jujur. Karena kejujuran akan membawa kebaikan.

Pada zaman sekarang ini kita terkadang sulit untuk menemukan kejujuran, hal ini bukan dalam hal besar saja, namun mulai dari hal kecil pun kita terkadang berbuat bohong, misalnya kita tidak berkata jujur pada teman, kepada orang tua, kepada pembeli jikalau yang jualan, dan lain sebagainya.

Hadirin rahimakumullah

Bagaiamana kita melatih sikap jujur? Sebenarnya jujur muncul dari jiwa dan hati yang bersih, maka dari itu usahakanlah hati kita selalu bersih dengan mengurangi kemaksiatan dan kebohongan agar timbul jiwa yang penuh dengan kesucian sehingga akan gampang utuk berkata jujur.

Kejujuran perlu dimulai sejak dini, dalam segala hal,misalnya dalam menuntut ilmu itu perlu kejujuran, dalam hal berbicara, dan dalam segala hal, karena kejujuran akan membuka jalan kesuksesan dan kejujuran akan selalu menenangkan jiwa. Hal ini sesuai dalam hadits nabi Muhammad SAW :

دَعْ مَا يَرِيبُكَ إِلَى مَا لاَ يَرِيبُكَ فَإِنَّ الصِّدْقَ طُمَأْنِينَةٌ وَإِنَّ الْكَذِبَ رِيبَةٌ

Artinya :

"Tinggalkanlah yang meragukanmu pada apa yang tidak meragukanmu. Sesungguhnya kejujuran lebih menenangkan jiwa, sedangkan dusta (menipu) akan menggelisahkan jiwa"

Selengkapnya :

Kultum Singkat Tentang Kejujuran



Demikianlah postingan contoh teks Kultum Singkat Tentang Kejujuran. semoga bermanfaat.



Lihat Postingan Lain :


Post a Comment

 
Top