0 Komentar
Masroziq - Contoh Pidato Sambutan Sumpah Pemuda (Ketua OSIS)

Acara peringatan hari sumpah pemuda merupakan acara peringatan rutinan nasional yang dilaksanakan setiap tanggal 28 Oktober. Tak terkecuali di lembaga-lembaga sekolah baik SD, SMP, maupun SMA sederajat.

Hal ini bertujuan agar semua siswa mengingat masa sejarah pemuda pada zaman dahulu yang bertekad berjuang bersatu bersama untuk meraih kemerdekaan Indonesia. Yang mengikrarkan tiga poin penting dalam isi sumpah pemuda.

Contoh Pidato Sambutan Sumpah Pemuda (Ketua OSIS)

Contoh Pidato Sambutan Sumpah Pemuda (Ketua OSIS)

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sebuah contoh naskah pidato pada peringatan sumpah pemuda yang diselenggarakan di sekolah. Pidato ini saya contohkan untuk sambutan ketua OSIS sekolah masing-masing. Berikut ini Contoh Pidato Sambutan Sumpah Pemuda (Ketua OSIS).

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Yang terhormat bapak kepala sekolah (...............)
Yang erhormat bapak ibu guru dan staf sekolah (...............)
Teman-temanku sekolah (...............) yang saya banggakan

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kita kenikmatan dan kesempatan sehingga kita bisa berjumpa dan berkumpul di sekola (..........) dalam keadaan sehat wal afiat guna memperingati hari sumpah pemuda di tahun ini.

Sholawat dan salam semoga tetap tercurah kepada nabi kita Muhammad SAW yang selalu kita nantikan syafaat beliau di hari akhir.

Hadirin yang berbahagia

Perkenankan sayadisini berpidato atas nama ketua OSIS sekolah (...............)
Tepat pada tanggal ini 28 Oktober kita peringati sebagai hari sumpah pemuda, apa itu hari sumpah pemuda yaitu hari sejarah dimana para pemuda menyatakan kebersamaan dan menjunjung persatuan dan kesatuan untuk berikrar bahwa para pemuda itu menyatakan:

1. Menyatakan bertumapah darah satu tanah air Indonesia
2. Menyatakan berbangsa satu bangsa Indonesia
3. Menyatakan berbahasa satu bahasa Indonesia

Nah itulah tiga point penting yang harus kita pegang erat-erat dalam kehidupan kita, karena dengan 3 pilar tersebut bisa mencerminkan bahwa kita adalah bangsa yang besar bangsa yang bersatu meskipun bangsa Indonesia memiliki keragaman yang sanagat berbeda-beda mulai dari agama, suku, ras golongan dan lain sebagainya.

Hadirin yang saya hormati

Kita sebagai pelajar tentu bisa dan sangat paham akan makna dari ketiga pon tersebut. Sering kita lihat di layar televisi tawuran antar pelajar gara-gara hal yang sangat sepele, itu salah satu contoh pelajar yang tidak bisa memaknai arti dari sumpah pemuda. Saya harap dengan adanya peringatan hari sumpah pemuda ini bisa membangkitkan semangat belajar kita, membangkitkan rasa nasionalisme, membangkitkan rasa persatuan dan kesatuan kita.

Demikianlah sekidik pidato sambutan yang dapat saya sampaikan, dari awal hingga akhir jikalau banyak kata-kata atau materi yang kurang berkenan, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.


Selengkapnya :

Contoh Pidato Sambutan Sumpah Pemuda (Ketua OSIS)


Demikianlah Contoh Pidato Sambutan Sumpah Pemuda (Ketua OSIS), semoga bermanfaat.



Post a Comment

 
Top