0 Komentar
Masroziq - Contoh Pidato Singkat Hari Pahlawan (Tanamkan Jiwa Nasionalis)


Berpidato tentang peringatan hari pahlawan sangatlah bagus, karena disamping kita mengingat sejarah para pahlawan yang memperjuangkan bangsa Indonesia untuk merdeka juga diharapkan para pemuda dan generasi muda sekarang bisa termotivasi bergerak semangat untuk membela bangsa dan semangat nasionalis.

Karena akhir-akhir ini rasa nasionalis terkadang tidak begitu diperhatikan oleh generasi penikmat kemerdekaan, dan jika rasa nasionalis tersebut hilang dikhawatirkan bangsa ini bisa dimasuki ideologi-ideologi yang tidak sesuiai dengan jati diri bangsa Indonesia, serta bahaya yang akan timbul juga negara bisa dikuasai oleh negara lain.

Contoh Pidato Singkat Hari Pahlawan (Tanamkan Jiwa Nasionalis)

Contoh Pidato Singkat Hari Pahlawan (Tanamkan Jiwa Nasionalis)

Nah pada kesempatan kali ini saya akan memberikan contoh teks sebuah pidato dengan tema hari pahlawan. Judul dari pidato singkat ini adalah menanamkan jiwa nasionalis. Berikut ini Contoh Pidato Singkat Hari Pahlawan (Tanamkan Jiwa Nasionalis).

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Alhamdulillahi-lladzi hadana lihadza wama kunna linahtadiya laula an hadanallah, Asyhadu alla ilaha illallah wahdahu la syarikalahm, wa Asyhadu anna Muhammadan 'abduhu wa Rasuluh, La nabiya ba’dah.

Yang terhormat bapak dan ibu guru
yang saya hormati pula teman-temaku sekalian 

Marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kepada sang pencipta alam jagat raya ini, atas berkat Allah kita bisa berkumpul guna memperingati hari pahlawan di sekolah ini.

Sholawat dan salam semoga tetap tercurah kepada sang pencerah baginda Nabi Muhammad SAW yang kita tunggu syafaatnya di hari akhir. Amin.

Hadirin yang berbahagia

Pada kesempatan ini saya akan membawakan pidato dengan tema hari pahlawan.

Kalau mengingat hari pahlawan kita ttertuju pada tanggal 10 November, karena tanggal tersebut telah resmi diperingati sebagai hari pahlawan nasional.

Para pahlawan yang telah berjuang meraih kemerdekaan patut kita apresiasi patut kita hargai jasa para beliau. Dengan semangat nasionalis para pahlawan bisa meraih kemerdekaan bangsa Indonesia dari para penjajah.

Berbicara nasionalis ini sangat penting untuk ditanamkan kepada para generasi muda sekarang, karena bangsa Indonesia pada era sekarang ini saya rasa nasionalisnya menurun. Karena para generasi muda sekarang sudah tidak lagi cinta dengan produk Indonesia, sudah lagi tidak bangga dengan keragaman Indonesia. Padahal budaya kita itu sangat beragam, maka kita perlu adanya rasa nasionalis bersatu dan berjuang untuk satu tujuan demi utuh dan majunya Indonesia

Hadirin yang saya hormati

Di zaman yang modern ini nasionalisme seolah –olah dianngap tidak penting lagi di kalangan tua maupun muda, pejabat maupun rakyat, tidak memperdulikan lagi tentang nasionalisme. Karena pengaruh modernisasi banyak para pemuda lebih memilih budaya barat dibanding budaya sendiri. Mereka menganggap bahwa budaya barat lebih modern dibanding budaya sendiri. 

Kemerosotan nilai luhur pancasila hampir terjadi pada semua pemuda dikota maupun di desa. Kini hanya sedikit pemuda yang menjunjung tinggi nasionalisme. Mereka lebih antusias bila membicarakan tentang gosip –gosip selebriti, konser musik, dan sebagainya. Jika ada yang membawakan topik nasionalisme di anggap tidak gaul so pintar, dan topiknya sulit untuk di pikirkan.


Selengkapnya :

Contoh Pidato Singkat Hari Pahlawan (Tanamkan Jiwa Nasionalis)



Demikianlah Contoh Pidato Singkat Hari Pahlawan (Tanamkan Jiwa Nasionalis), semoga bermanfaat bgai semuanya.



Lihat Postingan Lain :


Pidato Bahasa Jawa Hari Pahlawan 10 November (Sesorah Singkat)

Contoh Pidato Hari Pahlawan (Singkat)

Post a Comment

 
Top