1 Komentar

Batik merupakan warisan budaya luhur Indonesia yang sudah ada sejak zaman dahulu, dan kini Batik sudah sangat baik dan sudah sangat dipandang di dunia Internasional. Sampai-sampai kini batik diperingati sebagai hari spesial yakni hari batik nasional yang diperingati setiap tanggal 2 Oktober.

Setiap tanggal 2 Oktober diseluruh kalangan dari pelajar, pejabat dan masyarakat umum diperkenankan menggunakan atribut batik. Hal ini semat-mata agar budaya batik bisa lebih dikenal dan memasyarakat khususnya di Indonesia. 

Contoh Pidato Hari Batik Nasional (2 Oktober)

Contoh Pidato Hari Batik Nasional (2 Oktober)

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sebuah contoh naskah pidato dengan judul Contoh Pidato Hari Batik Nasional (2 Oktober).

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Yang terhormat, hadirin dan hadirot.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan rahmat dan karunia kepada kita semua sehingga kita bisa berkumpul dalam acara peringatan hari Batik Nasional.

Yang kedua sholawat dan salam semoga tetap tercurah kepada junjungan kita nabi Muhammad SAW yang semoga kitasemua mendapatkan syafaat beliau dihari akhir, amin.

Hadirin yang berbahagia

Pada tanggal 2 Oktober ini kita peringati sebagai hari batik nasional. Penetapan hari batik nasional ini oleh UNESCO sejak tahun 2009. Hari batik ini merupakan wujud dari rasa syukur kita rasa memiliki budaya luhur yang diwariskan dari nenek moyang kita kepada generasi penerus bangsa agar selalu melestarikan batik.

Pada hari batik nasional ini semua warga dari berbagai instansi, dan lembaga sekolah diperkenannkan untuk menggunakan baju batik.

Penetapan Hari Batik Nasional sebagai usaha pemerintah untuk meningkatkan martabat bangsa Indonesia dan citra positif di forum internasional, serta keinginan pemerintah untuk menumbuhkan kebanggaan dan kecintaan masyarakat terhadap kebudayaan Indonesia.

Hadirin yang saya hormati

Batik adalah kain bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain itu, kemudian pengolahannya diproses dengan cara tertentu yang memiliki kekhasan.

Batik merupakan salah satu hasil budaya yang telah mendunia, pada masa akhir-akhir ini batik mulai mendapat sorotan dari generasi muda. Inovasi demi inovasi, membuat kalangan muda tidak malu mengenakan batik, tetapi bangga mengenakan batik. Dengan memakai batik, ada segenggam kebanggaan terhadap Indonesia.

Kita sebagai warga Indonesia harus bangga menggunakan atribut batik, karena dengan menggunakan batik berarti kita sudah berupaya untuk melestarikan budaya luhur kita.

Sekian pidato yang dapat saya sampaikan, Mohon maaf jika ada kalimat dan tutur kata yang kurang berkenan dihati, baik yang disengaja maupun tidak.




Selengkapnya :

Contoh Pidato Hari Batik Nasional (2 Oktober)



Demikianlah Contoh Pidato Hari Batik Nasional (2 Oktober), semoga bermanfaat.




Lihat Postingan Lain :




Post a Comment

 
Top