0 Komentar

Menuntut ilmu merupakan hal yang sangat penting dalam Islam, menuntut ilmu merupakan ibadah bagi pencarinya yang dicatat amal baik oleh Allah dengan ketentuan mencari ilmu yang diridhoi oleh syara' dan tentunya bermanfaat. Menuntul ilmu diwajibkan bagi semua muslim baik lki-laki maupun perempuan. Karena ilmu bukan untuk dimiliki seorang muslim atau muslimah saja. Melainkan untuk semua orang.

Pada kesempatan ini saya akan memberikan contoh teks ceramah agama Islam tentang pentingnya mencari ilmu, karena dalam Islam mencari ilmu itu hukumnya fardhu ain, labih-lebih ilmu agama yang dipergunakan untuk melakukan amaliah ibadah kepada Allah maupun kepada sesama manusia. Karena ibadah harus disertai dengan Ilmu. Pidato tentang ilmu ini disertai dengan hadits dan artinya. Berikut ini contoh teks Ceramah Agama Islam Singkat Menuntut Ilmu.

Ceramah Agama Islam Singkat Menuntut Ilmu

Ceramah Agama Islam Singkat Menuntut Ilmu


Assalamu'alaikum Wr. Wb.

إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهْ وَنَسْتَهْدِيْهِ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنِ اهْتَدَى بِهُدَاهُ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ. أَمَّا بَعْدُ؛

Yang saya hormati hadirin wal hadirot

Marilah kita bersyukur kepada Allah atas pemberian nikmat yang sangat-sangat tidak bisa kita hitung sehingga pada kesempatan ini Allah masih memberikan kesempatan kepada kita untuk bertatap muka bersama di tempat ini, bisa silaturahim dalam keadaan yang terbaik.

Sholawat ma'assalam selalu kita haturkan kepada nabiyullah Muhammad SAW nabi akhir zaman yang senantiasa dinantikan syafaatnya oleh seluruh umat nabi Muhammad. Semoga dengan kita selalu bersholawat dan selalu mengikuti sunah beliau kelak di hari akhir akan mendapatkan pertolongan syafaatnya, amin yarobbal alamin.

Hadirin yang berbahagia

Agama Islam adalah agama yang sangat mengharuskan bahkan mewajibkan kepada umatnya untuk mencari ilmu, baik ilmu yang berkaitan dengan kehidupan dunia, lebih-lebih ilmu yang sangat penting yaitu ilmu tentang agama Islam, Ilmu tentang agama Islam ini misalnya, ilmu stentang sholat, ilmu tentang puasa, ilmu tentang zakat, ilmu membaca al-qur'an dan ilmu agama Islam lainnya.

Mengapa umat Islam harus memiliki ilmu, karena hidup tanpa ilmu ibarat tubuh tanpa akal, sehingga kita bebas melakukan apa saja tanpa didasari dengan akal fikiran yang jernih dan baik.

Hadirin yang saya hormati

Perintah menuntut ilmu ini snagat dianjurkan, sesuai dengan hadits nabi Muhammad SAW berikut ini.

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ

Artinya : Mencari ilmu itu hukumnya fardhu bagi setiap muslim

Muslim disini yang dimaksudkan adalah orang muslim laki-laki dan perempuan. Maka kita semua ini harus senantiasa menuntut ilmu. Terus timbul pertanyaan, ilmu apa yangwajib dicari? tentu ilmu yang bermanfaat bagi dirinya dan orang lain, ilmu yang dibolehkan oleh syara', bukan mempelajari ilmu yang dilarang oleh agama Islam, misalnya ilmu sihir, ilmu santet, dan ilmu-ilmu yang tidak berguna.

Hadirin yang dirahmati Allah

Mencari ilmu agama dan ilmu dunia juga snagat dianjurkan, sesuai dengan hadits nabi.

مَنْ أَرَادَ الدُّنْيَا فَعَلَيْهِ بِاْلعِلْمِ، وَمَنْ أَرَادَ الآخِرَهَ فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ، وَمَنْ أَرَادَهُمَا فَعَلَيْهِ باِلعِلْمِ

Artinya : “Barangsiapa yang menginginkan dunia maka hendaklah berilmu.Barangsiapa yang menginginkan akhirat, maka hendaklah dengan ilmu.Barangsiapa yang menginginkan keduanya, maka hendaklah dengan ilmu.”

Ilmu dunia kita cari untuk kepentingan dunia yang menunjang kelangsungan ibadah kita, dengan  lantaran ilmu dunia kita akan mendapatkan harta kekayaan dengan baik. sehingga kita akan hidup dan bisa ibadah dengan Allah dengan baik, dengan harta pula kita bisa memberikan amal dan bersedekah kepada yang membutuhkan.

Mencari ilmu akhirat ini sangat penting sekali, karena kita ibadah dengan Allah jika tidak didasari dengan ilmu yang benar maka tidak akan diterima, makanya kita harus belajar dan mencari ilmu agama dengan guru yang benar.

Hadirin yang berbahagia

Betapa pentingnya ilmu sampai sampai nabi Muhammad berkata

اُطْلُبُوا العِلْمَ مِنَ المَهْدِ إِلى اللَّحْدِ

Artinya : “Tuntutlah ilmu sejak dari buaian hingga liang lahat”


Selengkapnya :

Ceramah Agama Islam Singkat Menuntut Ilmu




Lihat Postingan Lain :


Post a Comment

 
Top