1 Komentar
Masroziq - Pidato Sumpah Pemuda Untuk Anak SD (Singkat)

Peringatan sumpah pemuda di tahun 2017 ini akan datang sebentar lagi, yaitu pada tanggal 28 Oktober. Peringatan hari yang sangat istimewa dalam sejarah meraih kemerdekaan Indonesia ini patut kita ingatkan dan kita haturkan kepada generasi penerus bangsa ini.

Pidato adalah salah satu cara menyampaikan gagasan, pendapat, opini atau ajakan kepada orang lain dalam bentuk berbicara. Pidato ini bisa dilakukan oleh siapa saja, mulai dari anak kecil sampai orang dewasa.

Pidato Sumpah Pemuda Untuk Anak SD (Singkat)

Pidato Sumpah Pemuda Untuk Anak SD (Singkat)

Pada kesempatan ini, saya akan memberikan contoh pidato untuk anak-anak SD dengan judul Peringatan Sumpah Pemuda. Berikut ini Pidato Sumpah Pemuda Untuk Anak SD (Singkat).

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ، الْحَمْدُ للهِ الَّذِى جَعَلْنَا مِنَ النَّاصِحِيْنَ، وَأَفْهَمْنَا مِنْ عُلُوْمِ الْعُلَمَاءِ الرَّشِخِيْنَ، وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى مَنْ نَسَخَ دِيْنُهُ أَدْيَانَ الْكَفَرَةِ وَالطَّالِحِيْنَ، وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ الَّذِيْنَ كَانُوْا بِتَمَسُّكِ شَرِيْعَتِهِ صَالِحِيْنَ، أَمَّا بَعْدُ.

Yang kami hormati bapak/ibu guru SD (.......)
Teman-temanku, semuanya yang saya cintai dan juga saya banggakan.

Marilah teman-teman, kita ucapkan dan kita selalu bersyukur kepada Allah SWT, yang selalu memberikan kepada kita kesehatan sehingga sampai detik ini kita bisa bernafas dan bisa berkumpul di ruang kelas ini. Coba saya tanya, disini ada yang sakit tidak.....?? (jawab hadirin)

Sholawat dan salam selalu kita aturkan kepada Nabi Muhammad SAW. Dengan ucapan sholawat “Allahumma sholli ‘ala sayyidina wanabiyyana muhammad”. Semoga dengan ucapan sholawat tersebut bisa menjadi lantaran kita mendapatkan syafaat di hari kiamat, amin..

Teman-temanku yang berbahagia

Pada pagi hari ini saya (.......) akan membacakan sebuah pidato dengan judul semangat sumpah pemuda untuk para pelajar.

Teman-teman....... masih semangat....? (jawab hadirin) Coba saya tanya, kapan peringatan hari sumpah pemuda? (jawab hadirin) tanggal 17 Agustus? Tanggal 1 Januari? Hmmmmm Jawaban yang betul adalah tanggal 28 Oktober.

Tanggal 28 Oktober kita peringati sebagai hari sumpah pemuda, kita sebagai pelajar harus tahu apa itu sumpah pemuda. Nah sekarang akan saya kasihkan tahu kepada teman-teman.

Sumpah pemuda adalah sebuah peringatan untuk sejarah atau peristiwa pada tahun 1928 yang tepatnya tanggal 28 Oktober sebagai hari persatuan dan kesatuan para pemuda Indonesia. Pada hari itu para pemuda Indonesia, dari berbagai golongan dari berbagai agama, suku dan ras yang berbeda bersatu untuk berikrar mengenai tiga isi penting dari sumpah pemuda.

Yang pertama mengaku bertumpah darah satu tanah air Indonesia
Yang kedua mengaku berbangsa satu bangsa Indonesia
Yang ketiga mengaku berbangsa satu bangsa Indonesia

Teman-temanku yang saya hormati

Itu cerminan pemuda pada masa dulu, meskipun berbeda-beda tetap bersatu teguh untuk memajukan Indonesia merdeka. Kita sebagai generasi pelajar semoga bisa mengambil makna dari peristiwa tersebut.

Apakah teman-teman siap untuk menjadi generasi penerus yang baik.....? (siap jawab teman-teman) Mari kita rapatkan barisan, perkokoh kebersamaan dan persatuan demi bangsa dan negara Indonesia.


Selengkapnya :

Pidato Sumpah Pemuda Untuk Anak SD (Singkat)



Demikianlah Pidato Sumpah Pemuda Untuk Anak SD (Singkat), semoga bermanfaat.




Lihat Pidato Lain :


Contoh Pidato Bahasa Jawa Tentang Sumpah Pemuda (Sesorah Singkat)

Contoh Pidato Sumpah Pemuda Untuk Pelajar (Singkat)

Contoh MC Peringatan Sumpah Pemuda

Post a Comment

 
Top