0 Komentar
Masroziq - Contoh Pidato Agama Adab Kepada Orang Tua

Dalam kehidupan kita, kedua orang tua adalah pahlawan sesungguhnya yang patut kita banggakan, karena tanpa kedua orang tua mustahil kita bisa hidup di dunia ini, dengan kasih sayang yang tulus dan mendidik dari kecil hingga kita dewasa ini mereka tanpa ingin meminta imbalan sepeserpun.

Pada kesempatan ini, saya akan berbagi contoh pidato adab kepada orang tua. Pada pidato singkat ini mengajak kepada para pendengar untuk selalu bersikap bak kepada orang tua. Nah bagi sobat yang sedang mencari referensi pidato agama bisa melihat contoh naskah pidato adab kepada orang tua di bawah ini.

Contoh Pidato Agama Adab Kepada Orang Tua

Contoh Pidato Agama Adab Kepada Orang Tua

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ، وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ ،َأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ.، أَمَّا بَعْدُ

Hadirin yang saya hormati

Alhamdulillah kita haturkan kepada Allah atas segala nikmat yang telah diberikan di kehidupan ini. Sholawat serta salam juga kita curahkan kepada nabi kita Muhammad SAW yang senantiasa kitat nantikan syafaatnya besok di hari akhir.

Hadirin yang berbahagia

Kita hidup di dunia ini mustahil tanpa adanya orang tua kita. Dilahirkan dan dididik dari kecil hingga besar merupakan salah satu bentuk kasih sayang orang tua kepada anaknya. Kita bisa tumbuh dewasa tidak lepas dari peran kedua orang tua kita. Dengan susah payah mereka membesarkan, mendidik kita agar kelak anaknya bisa bermanfaat dan berguna bagi sesamanya.

Sekarang, apa timbal balik kita kepada orang tua? Minimal kita harus memiliki adab baik kepada mereka. Karena dengan sopan santun, akhlak kita baik kedua prang tua sudah sangat senang melihat anaknya.

Hadirin yang dirahmati Allah

Menghormati kepada orang tua kita hukumnya wajib, kita tidak boleh menyamakan orang tua kita seperti sesama teman kita baik dalam bertutur kata, berkelakuan. Karena memang ada adabnya sendiri untuk menghormati ornag tua kita. 

Diantara adap kepada kedua orang tua kita adalah kita bertutur kata baik dan sopan. Bicaralah dengan sopan santun dan gunakan bahasa yang santun dan bahasa yang sesuai untuk menghormati orang tua. Dengan bahasa dan nada bicara yang sopan maka orang tua kita akan merasa dihormati.

Selanjutnya kita dianjurkan bersikap lemah lembut terhadap orang tua. Karena seperti mereka pada saat menghasuh kita juga dengan penuh kasih sayang dan lemah lembut. Maka dari itu wajib hukumnya kita memiliki adab lemah lembut kepada orang tua.

Hadirin yang saya hormati

Salah satu sifat atau sikap baik terhadap orang tua kita adalah menjaga nama baik orang tua. Dengan kita berkelakuan baik, sopan santun kepada sesama maka secara tidak langsung nama orang tua kita akan terbawa baik. Maka dari itu pesan kepada seluruh hadirin jangan sampai membawa nama jelek orang tua gara-gara keluan diri kita yang jelek dihadapan masyarakat.

Selain itu juga kita harus senantiasa mendoakan kepada orang tua kita, baik yang sudah meninggal ataupun yang masih hidup. Karena do'a anak sholih yang selalu dinantikan orang tua. Jika orang tua kita sudah di alam kubur maka doakan mereka agar diampuni segala dosa-dosa yang belum sempat dtobati di alam dunia dan semoga diberikan kenikmatan di alam kubur. Jika orang tua masih ada kita doakan semoga sehat, bisa bekerja dengan baik dan selalu diampuni dosa-sosanya.

Hadirin yang dirahmati Allah


Selengkapnya :

Contoh Pidato Agama Adab Kepada Orang Tua



Post a Comment

 
Top