0 Komentar

Lingkungan bersih akan terhindar dari banyak penyakit, karena dengan lingkungan yang bersih maka wabah penyakit yang kemungkinan akan bersarang tidak bisa. Maka dari itu usahakan lingkungan sekitar kita harus tetap dibersihkan dari segala kotoran.

Memberikan ceramah atau pidato kepada audiens harus ditampilkan yang bagus. Yang dimaksud bagus disini adalah harus memperhatikan beberapa hal, diantaranya pemilihan tema, penggunaan bahasa, gaya bicara saat ceramah.

Ceramah Lingkungan Sehat (Pidato Singkat)

Ceramah Lingkungan Sehat (Pidato Singkat)

Pada kesempatan ini saya akan memberikan contoh ceramah tentang lingkungan sehat, karena saya rasa masyarakat Indonesia ini masih minim kesadaran untuk menjaga lingkungan bersih. Padahal lingkungan bersih ini banyak manfaatnya. Berikut ini uraian Ceramah Lingkungan Sehat (Pidato Singkat).

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهْ وَنَسْتَهْدِيْهِ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنِ اهْتَدَى بِهُدَاهُ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ. أَمَّا بَعْدُ؛

Pertama-tama marilah kita senantiasa bersyukur kepada Allah SWT yang telah memberikan segala karunia, sehingga kita bisa berkumpul di tempat yang baik ini.

Sholawat serta salam tidak lupa kita selalu curahkan kepada Nabi Muhammad SAW, yang telah membawa ajaran Islam, dan juga kita selalu nantikan syafaatnya di hari akhir. Amin.

Selanjutnya saya ucapkan terima kasih kepada pembawa acara yang sudah memberikan waktu kepada saya. Dan pada kesempatan ini, saya akan menyampaikan ceramah lingkungan sehat.
Hadirin sekalian yang saya hormati

Sebelumnya saya akan bertanya kepada para hadirin, apakah hadirin suka dengan lingkungan yang sehat? (jawab hadirin)

Semua orang pasti ingin hidup dilingkungan yang sehat, karena lingkungan yang sehat bisa menjadikan hidup kita nyaman dan tidak banyak penyakit.

Berbicara mengenai lingkungan yang sehat tentu kita juga mengingat kata kebersihan.

Kebersihan adalah suatu kata yang memiliki makna sangat luas, kata tersebut sering kita dengar dan sering kita abaikan begitu saja. Bersih secara bahasa adalah sesuatu yang tidak bernoda atau suci, sedangkan menurut syara’ bersih adalah kejernihan atau kesucian lahir dan batin seseorang dalam menjalani hidup serta terhindar dari hal-hal buruk.

Dalam hadis nabi berkata:

“Sesungguhnya Allah itu sangatlah indah dan menyukai setiap hal-hal yang indah pula”

Yang selanjutnya adalah bersih terhadap lingkungan.

Allah SWT berfirman dalam al qur’an surat Al ‘Araf ayat 56 yang berbunyi: “Janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi, sesudah Allah memperbaikinya”.

Dari penggalan ayat diatas dapat kita simpulkan bersama, bahwa proses penciptaan alam dan lingkungan yang telah Allah amanatkan kepada kita seharusnya dijaga dan dilestarikan. Dan jika tidak begitu nantinya Allah akan murka dan menguji hambanya dengan memberi bencana kepada manusia. Seperti di negeri ini sering terjadi bencana banjir, tanah longsor, gempa bumi.



Selengkapnya :

Ceramah Lingkungan Sehat (Pidato Singkat)



Demikianlah contoh Ceramah Lingkungan Sehat (Pidato Singkat), semoga bermanfaat.





Post a Comment

 
Top