0 Komentar
Masroziq - Contoh Pidato Tentang Kebudayaan (Mencintai Budaya Indonesia)

Indonesia adalah negara yang terbnyak memiliki kebudayaan, hampir setiap daerah dan suku memiliki kebudayaan yang berbeda, mulai dari adat kebiasaan, kesenian maupun yang lainnya. Keberagaman ini menunjukkan kebhinekaan persatuan Indonesia. Sebagai warga negara Indonesia yang baik, kita harus selalu mencintai kebudayaan bangsa kita.

Pada postingan kali ini, saya akan memberikan contoh pidato kebudayaan Indonesia yang harus kita cintai dan kita lestarikan. Pidato kebudayaan singkat ini bisa sahabat bacakan pada acara-acara yang bertemakan kebudayaan, kesenian dan acara bertema pendidikan, seperti di sekolahan dan lainnya. Bagi anda yang sedang mencari contoh teks pidato kebudayaan bisa meniru pidato mencitai kebudayaan ini. Berikut ini Contoh Pidato Tentang Kebudayaan (Mencintai Budaya Indonesia).

Contoh Pidato Tentang Kebudayaan (Mencintai Budaya Indonesia)

Contoh Pidato Tentang Kebudayaan (Mencintai Budaya Indonesia)

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Salam sejah tera untuk kita semua

Hadirin yang saya hormati

Puji syukur kita haturkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, atas berkat kemurahan, karunianya kita masih diberikan kenikmatan dan kesempatan untuk berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat. Sholawat dan salam semoga tetap tercurah kepada baginda nabi Muhammad SAW dan semoga terlimpah kepada keluarga, sahabat dan umat beliau Amin.

Hadirin yang berbahagia

Indonesia adalah negara yang kaya, kaya sumber daya alam, kaya akan budaya, karena dari sekian banyak suku di Indonesia memiliki beragam budaya lokal dan tradisional masing-masing. Ini menunjukkan Indonesia adalah negara budaya. Banya orang-orang luar negeri berbondong-bondong ingin ke Indonesia demi mempelajari budaya yang ada di Indonesia, mereka cinta budaya Indonesia, seperti mempelajari gamelan, mempelajari seni tari dan lain sebagainya.

Sebaliknya, apakah orang-orang Indonesia juga sedemikian? mencintai dan ingin mempelajari budaya lokal Indonesia? Kalau kita lihat pada zaman sekarang ini rasanya sih minat belajar budaya lokal tradisonal sudah menurun. 

Banyak dari kalangan masyarakat Indonesia lebih mencintai budaya Barat, budaya dari luar negeri yang katanya kekinian. Mereka lebih antusias mempelajari dan mendalami budaya-budaya luar. Memang tidak ada salahnya kita mempelajari hal baru, namun dalam konteks ini kita tidak boleh melupakan dan menyisihkan budaya Indonesia yang asli dan sudah ada di negaranya sendiri.

Hadirin yang saya hormati

Adat budaya Indonesia juga kini semakin luntur, kita ambil contoh saja, budaya menggunakan baju batik, seolah-olah sudah sangat kuno dan tradisional, padahal batik ini merupakan budaya luhur Indonesia yang sudah diakui sebagai budaya Indonesia oleh UNESCO, generasi kita malah senang dengan pakaian yang minim-minim, pakaian yang ala kebarat-baratan.

Kita harus sadar, siapa yang akan mencintai budaya Indoenesia? siapa yang akan meneruskan dan melestarikan budaya Indonesia? Jawabanyya adalah orang Indoneisia. Kita sebagai orang asli Indonesia jangan kalah sama orang barat yang begitu antusias mencintai dan mempelajari budaya Indonesia yang semata-mata bukan budaya mereka.

Nah lewat pidato singkat ini, marilah kita cintai budaya Indonesia, kita lestarikan agar budaya Indonesia bisa tetap eksis dan tidak diakui oleh negara lain.

Selengkapnya :

Contoh Pidato Tentang Kebudayaan (Mencintai Budaya Indonesia)





Post a Comment

 
Top