0 Komentar

Gotong royong merupakan istilah yang sangat populer di Ineonesia. Istilah ini merupakan gabungan dari dua kata yaitu gotong dan royong. Gotong sendiri diartikan sebagai bekerja, dan royong diartikan bersama, sehingga gotong royong merupakan kerja bersama-sama untuk mencapai suatu hasil atau tujuan yang diinginkan.

Pada kesempatan ini, saya akan memberikan contoh teks pidato tentang gotong royong. Bagi sahabat yang sedang mencari contoh pidato atau ceramah tentang anjuran untuk gotong royong, silakan melihat contoh pidato singkat pada postingan ini. Sobat juga bisa menambah materi isi dari pidato yang saya buat ini agar tambah baik dan materinya banyak. Berikut ini Contoh Pidato Gotong Royong (Singkat).

Contoh Pidato Gotong Royong (Singkat)

Contoh Pidato Gotong Royong (Singkat)

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Hadirin yang saya hormati

Marilah kita bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang selalu memberikan kita kenikmatan, sehingga pada hari ini kita semua bisa berjumpa di sini dalam keadaan sehat wal afiat. Sholawat dan salam semoga tersanjung kepada baginda nabi Muhammad SAW yang selalu dinantikan syafaatnya besok di hari kiamat.

Hadirin yang berbahagia

Pada kesempatan ini, saya akan berpidato tentang gotong royong. Apa itu gotong royong? kata yang singkat dan sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Gotong royong berasal dari dua kata, yaitu gotong dan royong. Gotong artinya bekerja dan royong artinya bersama-sama, sehingga menjadi istilah yang memiliki arti melakukan atau menjalankan pekerjaan yang dialakukan secara bersama-sama. Gotong royong identik dengan kesederhanaan dan tradisional. Karena Gotong royong ini sering dilakukan di pedesaan dan kampung-kampung. Berbeda dengan lingkungan perkotaan, sudah jarang kita lihat kegiatan gotong royong yang merupakan salah satu menjadi tradisi di Indonesia.

Hadirin yang saya hormati

Apa saja kegiatan yang bisa dilakukan secara gotong royong? Banyak contohnya, mulai gotong royong di lingkungan masyarakat, gotong royong di sekolahan, dan lain sebagainya. Saya berikan contoh gotong royong di lingkungan masyarakat. Misalnya melakukan kerja bakti membersihkan selokan, membersihkan jalan dan merpaikan rumput-ruput di pinggir jalan. Membersihkan masjid, membersihkan sungai.

Apa perlunya dan apa manfaatnya kita melakukan gotong royong? Sebenarnya banyak sekali manfaat yang bisa kita ambil dari kegiatan yang dialakukan secara gotong royong.

Yang pertama, pekerjaan menjadi ringan, karena dikerjakan secara bersama-sama dan penuh dengan semangat.

Yang ke dua mempererat tali persaudaraan, dengan gotong royong maka seluruh warga akan saling bersatu bersama-sama untuk melakukan pekerjaan yang sudah diagendakan.

Yang ke tiga menghemat pengeluaran, sudah sangat jelas, dengan banyaknya pekerja, maka pekerjaan akan menjadi lebih cepat selesai dan otomatis hal ini akan memperkecil pengeluaran.

Hadirin yang saya hormati

Maka dari itu, lewat pidato singkat ini, mari kita budayakan gotong royong dalam lingkungan kita, agar kondisi sosial di lingkungan kita tetap baik.


Selengkapnya :

Contoh Pidato Gotong Royong (Singkat)


Demikianlah Contoh Pidato Gotong Royong (Singkat), semoga bermanfaat.




Lihat Contoh Teks Pidato Lain :

Post a Comment

 
Top