0 Komentar
Masroziq - Contoh Pidato Agama Islam Penyakit Hati 

Hati merupakan salah satu anggota tubuh yang bisa terkena penyakit jasmani dan rohani, penyakit jasmai hati bisa ditinjau dari medis atau kedokteran, sedangkan penyakit rohani hati ditinjau dari segi sifat dan sikap seseorang. Penyakit hati perlu kita hindari, karena penyakit hati bisa membuat hidup kita menjadi tidak baik, jauh dari hidayah Allah.

Nah pada kesempatan ini, saya akan berbagi sebuah teks pidato dengan tema penyakit hati. Contoh pidato keagamaan ini sangat baik disampaikan pada acara-acara islami, di majelis ta'lim, di acara pengajian sekolahan, acara kultum, acara ceramah dan lain sebagainya. Bagi sahabat yang sedang mencari contoh pidato tentang penyakit hati bisa melihat postingan ini. Berikut ini Contoh Pidato Agama Islam Penyakit Hati.

Contoh Pidato Agama Islam Penyakit Hati

Contoh Pidato Agama Islam Penyakit Hati

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ، الْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ، أَمَّا بَعْدُ.

Hadirin yang saya hormati

Di pagi hari ini, marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Allah SWT dengan ucapakn "Alhamdulillah" karena atas pemberian kemurahanNya kita semua masih diberi kesempatan untuk bertemu dalam majelis yang insyaallah penuh barokah ini, dan dalam keadaan yang sehat jasmani dan rohani.

Sholawat dan salam mari kita sanjungkan kepada nabi kita Muhammad SAW nabi akhir zaman yang diberikan mukjizat kitab suci Al Qur'an sebagai pedoman untuk umat, semoga kita diakui sebagai umat beliau dan mendapatkan syafaat besok di hari akhir. Amin.

Hadirin yang dirahmati Allah

Manusia diciptakan oleh Allah dengan sangat sempurna, diberi akal pikiran, nafsu keinginan dan bentuk yang sempurna. Semua itu wajib kita gunakan sebaik-baiknya. Berbicara ciptaan Allah pada tubuh manusia, saya ingat tentang satu hal, yaitu Allah menciptakan hati, yang mana hati ini memiliki fungsi yang sangat vital pada tubuh manusia. Dilihat dari segi Islam, hati adalah bagian yang sangat penting dan bisa mempengaruhi perbuatan manusia. Seperti hadits nabi Muhammad SAW yang berbunyi : 

أَلاَ وَإِنَّ فِى الْجَسَدِ مُضْغَةً إِذَا صَلَحَتْ صَلَحَ الْجَسَدُ كُلُّهُ ، وَإِذَا فَسَدَتْ فَسَدَ الْجَسَدُ كُلُّهُ . أَلاَ وَهِىَ الْقَلْبُ

“Ingatlah bahwa di dalam jasad itu ada segumpal daging. Jika ia baik, maka baik pula seluruh jasad. Jika ia rusak, maka rusak pula seluruh jasad. Ketahuilah bahwa ia adalah hati (jantung)” (HR. Bukhari no. 52 dan Muslim no. 1599).

Hati dapat mempengaruhi perilaku kehidupan manusia, jika hati gelap atau kotor maka perilaku akan tercela, jika hati bersih maka perilaku akan terpuji. 

Hadirin yang saya hormati

Orang yang memiliki hati kotor atau penyakitan maka orang tersebut akan sulit mendapatkan hidayah, sulit akan mendapatkan nasehat dan saran dari orang lain. Maka dari itu kita perlu menghindari dari penyakit hati. Apa saja penyakit hati itu? Misalnya takabur. Sifat takabur sangat dilarang agama Islam, karena sifat takabur ini seperti sifat setan yang selalu takabur kepada Allah SWT.

Selanjutnya ada Riya', yaitu memperlihatkan amal sholih kita kepada orang lain, terkadang orang Riya' suka pamer dengan perbuatan baik kita agar dipuji oleh orang lain. Padahal amal sholih yang tidak didasari dengan ikhlas maka amalanya akan sia-sia. Karena salah satu syarat ibadah diterima oleh Allah adalah dengan hati yang ikhlas.

Contoh penyakit hati selanjutnya adalah sifat Ujub, yaitu mengagumi diri kita sendiri. Selain itu ada lagi hasad, sum'ah, pelit dan lain sebagainya.


Selengkapnya :

Contoh Pidato Agama Islam Penyakit Hati


Demikianlah Contoh Pidato Agama Islam Penyakit Hati, semoga bermanfaat.



Post a Comment

 
Top