0 Komentar

Pencemaran air bisa dibilang semakin banyak, dengan bertambahnya jumlah pabrik-pabrik yang membuang limbahnya langsung ke sungai ini is amengakibatkan pencemaran air. Seharusnya ada tahapan untuk membuang limbah yang berupa cair ini agar mengurangi dampak pencemaran yang disebabkan dari zat sisa produksi pabrik.

Pada kesempatan ini, saya akan berbagi sebuah contoh pidato tentang pencemaran air. Naskah pidato pencemaran air ini sangat baik dibacakan di acara-acara peduli lingkungan seperti juga di sekolah, dengan tujuan mengajak para pendengar untuk selalu menjaga kebersihan air agar tidak tercemara yang dampaknya manusia sendiri yang akan merugi. Berikut ini Contoh Pidato Tentang Pencemaran Air.

Contoh Pidato Tentang Pencemaran Air

Contoh Pidato Tentang Pencemaran Air

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Yang saya hormati hadirin Bapak Ibu sekalian

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur keadirat Ilahi robbi, atas pemberian rasa nikmat kepada kita, sehingga pada saat ini kita masih diberikan kesehatan baik jasmani maupun rohani.

Hadirin yang berbahagia

Pada kesempatan ini, saya akan menyampaikan pidato tentang pencemaran air. Air merupakan sumber kehidupan bagi manusia, jika dunia ini tidak ada air kemungkinan tidak akan ada kehidupan. Karena air sangat berperan dalam segalanya. Coba bayangkan saja, semua makhluk hidup memerlukan air. Manusia butuh air, hewan butuh air, tumbuhan pun juga membutuhkan air. Namun kebutuhan air dari ketiga makhluk hidup itu berbeda-beda. Kita ambil contoh manusia. Manusia membutuhkan air bersih, berbeda dengan tumbuhan yang bisa menerima air yang kotor.

Air bersih sangat dibutuhkan oleh manusia, mulai untuk mencuci, memasak, minum, mandi dan kebutuhan lainnya. Semua itu harus menggunakan air yang bersih dan bebas dari kotoran. Artinya air yang akan digunakan oleh manusia adalah air yang tidak tercemar.

Hadirin yang saya hormati

Apa itu pencemaran air? pencemaran air bis adiartikan sebagai kondisi air yang sudah terkontaminasi dengan zat-zat berbahaya dan kotor sehingga tidak baik untuk dikonsumsi oleh manusia. Pencemaran air ini sebenarnya disebabkan oleh ulah manusia sendiri. Mau bukti? Coba kitalihat disekeliling kita, sekarang sudah zamannya serba moderen serba bahan kimia. Terutama bagi masyarakat yang hidupnya di perkotaan. 

Kita ambil contoh, pencemaran air yang dilakukan oleh manusia yang tidak bertanggung jawab. Misal, pembuangan limbah pabrik langsung kesungai, dengan tidak menfilter terlebih dahulu. Pembuangan limbah tersebut akan mencemari air yang tadinya bersih menjadi kotor dan tidak sehat. Karena air sudah tercampur dengan bahan-bahan kimia dari limbah pabrik tersebut.

Contoh lain yang sering kita lakukan, pembuangan sisa air habis mandi yang sudah tercampur dengn bahan kimia seperti sampo, sabun juga akan mencemari air bersih. Maka dari itu kita sudah seharusnya menjaga kebersihan air agar dikemudian hari tidak terjadi krisis air yang dapat merugikan kita semua.


Selengkapnya :

Contoh Pidato Tentang Pencemaran Air


Demikianlah Contoh Pidato Tentang Pencemaran Air, semoga bermanfaat.



Post a Comment

 
Top