0 Komentar

Berbakti kepada kedua orang tua adalah ewajiban bagi setia anak, perbuatan itu termasuk ibadah karena menjalankan perintah Allah dan Rosulullah. Berbakti kepada orang tua bukan hanya Ibu atau Ayah saja, namun harus keduanya. Karena keduanya sama-sama membimbing kita, mendidik dan merawat kita serat memberikan kasih sayang dan pengorbanan kepada kita mulai dari kita kecil.

Nah pada kesempatan ini, saya akan berbagi sebuah teks pidato dengan tema birrul walidain. Contoh pidato berbakti kepada orang tua ini dikupas secara islami yang didalamnya saya cantumkan dalil dari Al Qur'an dan juga hadits nabi Muhammad SAW. Bagi sahabat yang sedang mencari contoh pidato berbakti kepada orang tua bisa meniru Contoh Pidato Berbakti Kepada Kedua Orang Tua ini.

Contoh Pidato Berbakti Kepada Kedua Orang Tua

Contoh Pidato Berbakti Kepada Kedua Orang Tua

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ، الْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ، أَمَّا بَعْدُ.

Yang saya hormati Bapak dan Ibu guru 
Yang saya hormati dan saya banggakan teman-temanku semuanya yang hadir disini

Awalan, marilah kita bersyukur kepada Allah atas segala karunia yang diberikan kepada kita, nikmat sehat, nikmat iman dan nikmat Islam sehingga pada pagi yang cerah ini kita bisa berkumpul bersama dalam keadaan sehat wal afiat.

Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda Rosul Muhammad SAW yang selalu kita jadikan sebagai panutan teladan terpuji dan yang selalu kita nantikan pertolongan syafaatnya besok di hari akhir. Amin yarobbal alamin.

Hadirin yang saya hormati

Izinkanlah saya disini akan menyampaikan pidato dengan judul berbakti kepada orang tua.

Berbicara berbakti kepada orang tua kita pasti ingat surat Al Isra' ayat 23

وَقَضَىٰ رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوا إِلَّا إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا ۚ إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ أَحَدُهُمَا أَوْ كِلَاهُمَا فَلَا تَقُلْ لَهُمَا أُفٍّ وَلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَهُمَا قَوْلًا كَرِيمًا

“Dan Rabb-mu telah memerintahkan kepada manusia janganlah ia beribadah melainkan hanya kepadaNya dan hendaklah berbuat baik kepada kedua orang tua dengan sebaik-baiknya. Dan jika salah satu dari keduanya atau kedua-duanya telah berusia lanjut disisimu maka janganlah katakan kepada keduanya ‘ah’ dan janganlah kamu membentak keduanya” [Al-Isra : 23]

Kita harus selalu berbakti kepada kedua orang tua Ayah dan Ibu. Karena keduanya telah memberikan kita kasih sayang dan telah mendidik kita dari kecil sampai kita menjadi orang dewasa. 

Hadirin yang berbahagia

Bagaimana kita berbakti kepada orang tua? Berbakti kepada orang tua menurut Islam sudah banyak dicontohkan leh nabi Muhammad SAW dan dicontohkan dalam Al Qur'an. Misalnya kita tidak boleh berkata kasar, pada ayat diatas dijelaskan kita tidak boleh berkata "ah" apalagi berkata kasar atau mengomel segalanya, itu lebih dilarang.

Selanjutnya adalah kita diwajibkan berkata dengan baik, dengan sopan dan bahasa yang lembut kepada orang tua kita.

وَاخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ الذُّلِّ مِنَ الرَّحْمَةِ وَقُلْ رَبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا

“Dan katakanlah kepada keduanya perkataan yang mulia dan rendahkanlah dirimu terhadap keduanya dengan penuh kasih sayang. Dan katakanlah, “Wahai Rabb-ku sayangilah keduanya sebagaimana keduanya menyayangiku di waktu kecil” [Al-Isra : 24]

Selain itu, cara berbakti kepada orang tua adalah dengan cara selalu menjalankan perintahnya yang diperbolehkan oleh syara' dan mendo'akan kepada kedua orang tua seperti do'a yang telah diajarkan nabi.

اَللّهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا.

Artinya: Wahai Tuhanku, ampunilah aku dan Ibu Bapakku, sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku diwaktu kecil.

Teman-temanku yang saya cintai

Lewat sedikit pidato ini, semoga kita selalu berbakti kepada kesua orang tua, selalu membanggakan dan menjunjung tinggi orang tua kita, karena ridho Allah adalah ridho orang tua.

Selengkapnya :

Contoh Pidato Berbakti Kepada Kedua Orang Tua



Demikianlah Contoh Pidato Berbakti Kepada Kedua Orang Tua, semoga contoh ceramah singkat ini bermanfaat.



Post a Comment

 
Top