0 Komentar
Masroziq - Contoh Pidato Menyambut Tahun Baru Islam (Hijriyah)

Menyambut kedatangan tahun baru Hijriyah bagi umat itu sudah selayaknya, mengingat kalender umat Islam yang sebenarnya adalah kalender Hijriyah. Namun tahun baru Hijriyah ini sering disepelkan bagi para generasi muslim sekarang, pasalnya kalender yang sering kita gunakan adalah kalender Masehi.

Para generasi muslim sekarang terkadang tidak tahu sudah berapa tahun usia kalender Islam sekarang kita ini, itu tentu sangat miris sekali karena kita sebagai generasi muslim. Generasi muslim sudah seharusnya bisa membawa nama baik umat Islam lebih-lebih bisa memajukan umat Islam dimulai dari hal-hal keci, misalnya penggunaan kalender Hijriyah ini.

Sebentar lagi kita memasuki tahun baru Islam yang ke 1349 tahunnya Hijriyah. Sejarah dari pengkalenderan ini adalah dimulainya dari hijrahnya nabi Muhammad SAW dari kota Makkah ke Madinah, nah pada tahun itu pula langsung dimulainya penaggalan atau sering disebut tahun 1 Hijriyah. 

Contoh Pidato Menyambut Tahun Baru Islam (Hijriyah)

Contoh Pidato Menyambut Tahun Baru Islam (Hijriyah)

Memunculkan semangat keislaman bisa dengan beberapa metode, diantaranya adalah metode orasi , pidato ataupun ceramah. Berikut ini akan saya berikan contoh pidato singkat dengan tema menyambut tahun baru Hijriyah dalam rangkaian postingan yang berjudul Contoh Pidato Menyambut Tahun Baru Islam (Hijriyah).

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Bismillah, Alhamdulillah.
Alhamdulillahilladzi Kholaqossamawati wal ardl, nahmaduhu subhanatu wata’ala wa asykuruhu.
Allahumma sholli wasallim wabarik ‘ala sayyidina wanabiyyina muhammadin, wa’ala alihi wamantabi ahumbi ihsanin ila yaumiddin.

Yang terhormat bapak ustadz (..........) selaku takmir sekaligus sesepuh masjid (................)
Yang terhormat kepala desa beserta jajarannya.
Yang terhormat jamaah pengajian dalam rangka menyambut tahun baru hijriyah
Dan seluruh warga desa (................) yang saya hormati dan saya banggakan

Puji syukur kita haturkan kepada Allah Subhanahu Wata’ala, yang telah memberikan kehadiratnya, meberikan kenikmatan kepada kita semua, sehingga dengan pemberian tersebut kita bisa menghadiri acara pengajian menyambut tahun baru hijriyah.

Yang kedua kalinya, sholawat serta salam, selau kita ucapkan dan haturkan kepada Nabi kita Muhammad SAW, yang semoga kita semua yang hadir disini tergolong umatnya dan mendapatkan syafaatnya diyaumil akhir. Amin yarobbal alamin.

Hadirin, hadirot yang saya hormati

Islam pada zaman jahiliyah itu belum dikenal oleh para manusia-manusia. Banyak perbuatan-perbuatan yang tidak manusiawi, perbuatan-perbuatan keji, perbuatan dholim yang dilakukan oleh orang-orang pada zaman itu.

Pada saat itu pula tiba seorang tokoh pencerah umat tokoh teladan yang namanya diabadikan dalam Al Qur’an dan beliaulah manusia termulia di dunia ini, yaitu Nabiyullah Muhammad SAW, nabi akhiruzzaman yang senantiasa kita harus meneladani kehidupan, sifat-sifat beliau ini.

Pada zaman jahiliyah, manusia menyembah berhala, mengubur anak permepuannya hidup-hidup, berjudi, minuman keras dan perbuatan yang sebenarnya tidak layak dilakukan umat manusia ini memberi rasa gundah bagi Nabi Muhammad. Beliau sedih serta bingung melihat kondisi lingkungannya yang seperti itu.

Dan singkat ceritanya nabi menyendiri di gua hira dan mendapatkan wahyu yang disampaikan oleh Malaikat Jibril yaitu surat Al Alaq dari ayat 1-5.

Hadirin yang dirahmati Allah.

Kalender Hijriyah merupakan kalender milik kita, milik umat Islam, namun mengapa kita enggan menggunakannya? Sebagai generasi muslim kita harus bangga dengan menggunakan kalender ini, tanggal 1 Muharram merupakan tonggak sejarah umat Islam yang mana pada tahun 1 Hijriyah itu Nabi Muhammad melakukan Hijrah dari Makkah ke Madinah.

Kata hijrah dalam kehidupan sekarang ini bisa kita maknai pindahnya atau berubahnya kehidupan dari yang tadinya buruk ke kehidupan yang baik dan positif. Yang tadinya ngajinya jarang silahkan ditambahai, yang tadinya solatnya bolong-bolong silahkan diperbaiki baru itu namanya hijrah pada zaman sekarang.

Selengkapnya :

Contoh Pidato Menyambut Tahun Baru Islam (Hijriyah)


Demikianlah artikel Contoh Pidato Menyambut Tahun Baru Islam (Hijriyah), semoga bermanfaat.




Lihat Postingan Lain :


Post a Comment

 
Top