0 Komentar
Masroziq - Contoh Pidato Pencemaran Lingkungan

Pencemaran lingkungan bisa kita jumpai di lingkungan sekitar kita baik pencemaran lingkungan dari hal yang sederhana sampai pencemaran lingkungan yang sifatnya sangat fatal.

Banyak gerakan-gerakan yang menentang pencemaran lingkungan diadakan mulai dari sekolah sampai lembaga-lembaga tingkat internasional. Pasalnya semakin bertambahnya tahun semakin pula pencemaran lingkungan semakin menjadi.

Di Indonesia bahkan di dunia banyak beredar berita kerusakan lingkungan, kerusakan alam kita seperti banjir, tanah longsor, dan lain sebagainya yang disebabkan karena pencemaran lingkungan. Semua itu harus bisa kita ambil hikmah supaya kita selalu menjaga lingkungan dari pencemaran lingkungan.

Pencemaran itu tidak hanya dihasilkan dari pabrik-pabrik industri yang besar saja, namun bisa disebabkan dari kegiatan yang sepele dari kehidupan sehari-hari kita, kita ambil contoh pencemaran lingkungan yang sifatnya sederhana yaitu embuang sampah sembarangan.

Contoh Pidato Pencemaran Lingkungan

Contoh Pidato Pencemaran Lingkungan

Membuang sampah sebenarnya hal yang sangat remeh dan sepele, namun kesadaran masyarakat kita untuk membuang sampah pada tempatnya itu sangat rendah sekali, ini bisa kita buktikan pada lingkungan sekitar kita, apakah ada sampah berserakan? tentu jawabannya ada.

nah dari uraian diatas tadi mari kita bersama-sama untuk mengurangi pencemaran lingkungan agar tercipta lingkungan yang bersih dan sehat.


Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Bismillah, alhamdulillah
Wash shola tuwassalamu'ala rosulillah. Muhammadibni abdilah.

Bapak ibu hadirin yang saya hormati

Pertama marilah kita panjatkan rasa syukur kita kepada  Allah SWT karena atas limpahan rahmat, karunia dan hidayahNya kita dapat berkumpul di sini tanpa suatu halangan apapun. Sholawat serta salam semoga tetap tercurah kepada junjungan nabi besar kita Muhammad SAW, para sahabatnya dan para pengikutnya hingga akhir zaman. dan semoga kita tergolong umat beliau.

Pada kesempatan hari ini saya akan menyampaikan pidato yang bertemakan tentang pencemaran lingkungan. Dewasa ini lingkungan di sekitar kita semakin rusak yang diakibatkan oleh pencemaran-pencemaran yang paling banyak menyumbang kerusakan lingkungan yang diantaranya adalah pencemaran air, pencemaran udara, dan pencemaran yang lainnya.

Pencemaran air disebabkanoelh aktivitas manusia sehari-hari yang dapat mengakibatkan adanya perubahan pada kualitas air. Pencemaran air bisa terjadi disungai, lautan,danau dan air tanah. Penyebab dari pencemaran lingkungan air ini bisa disebabkan dari pembuangan saluran got dari pemukiman pendduk, pembuangan limbah dari hasil sisa limbah industri yang tidak diolah terlebih dahulu untuk mengurangi tingkat pencemaran lingkungan.

Dalam limbah industri tersebut banyak mengandung zat-zat yang berbahaya bagi tubuh kita, seperti logam. Dan apabila kita minum, mengkonsumsi air yang sudah terkena limbah maka bisa jadi kesehatan kita akan terganggu. 

Hadirin yang saya banggakan

Selanjutnya adalah pencemaran udara, sama halnya dengan pencemaran air. Kita butuh yang namanya oksigen, udara sehat, udara bersih. Pencemaran udara ini disebabkan juga dari manusia-manusia yang kurang kesadarannya akan kebersihan lingkungan, misalnya asap dari pabrik, asap kendaraan motor yang berlebihan. Pencemaran udara ini juga tidak kalah bahayanya dari pencemaran air, pencemaran udara atau polusi udara ini bisa menjadikan kita terserang penyakit batuk, paru-paru, dan penyakit pernafasan lainnya.

Hadirin yang saya hormati dan saya banggakan

Oleh karena itu,mulailah dari sekarang kita menjaga lingkungan. Jangan sampai lingkungan kita tercemar oleh limbah, jika kita dahulu ikut andil rusaknya lingkungan maka sadarlah dan jangan melakukan hal itu lagi.


Selengkapnya :

Contoh Pidato Pencemaran Lingkungan



Demikianlah postingan Contoh Pidato Pencemaran Lingkungan. Semoga bermanfaat.




Lihat Contoh Pidato Lain :


Post a Comment

 
Top