0 Komentar
Masroziq - Contoh Teks MC Peringatan 1 Muharram

Salah satu contoh peringatan hari besar Islam diantaranya ada peringatan tahun baru Hijriyah atau 1 Muharram. Kita tahu penanggalan Hijriyah ini menggunakan sistem peredaran bulan, jadi berbeda dengan penanggalan Masehi.

Awal penggunaan penanggalan Hijriyah pun berbeda dengan penanggalan Masehi. Mengapa dinamakan Hijriyah? Karena penanggalan ini dimulai dari hijrahnya Nabi Muhammad dari Makkah ke Madinah, dan sahabat yang mulai menetapkan kalender Hijriyah ini adalah Umar bin Khattab. Sedangkan penanggalan Masehi dimulai sejak lahirnya Nabi Isa.

Kita sebagai orang Muslim harus bangga mempunyai sistem penanggalan Hijriyah, karena penanggalan ini penanggalan yang digunakan pada zaman sahabat Nabi. 

Contoh Teks MC Peringatan 1 Muharram

Contoh Teks MC Peringatan 1 Muharram

Pada tanggal 1 Muharram merupakan tanggal dan hari pertama dalam kalender Islam, maka tidak ada salahnya kita mengadakan peringatan menyambut awal tahun Islam ini, misalnya mengadakan syukuran, do'a bersama, mengadakan pengajian dengan harapan tahun yang akan kita jalani ke depan bisa lebih baik dari tahun sebelumnya.

Pada postingan ini, akan saya share Contoh Teks MC Peringatan 1 Muharram yang dikemas dalam acara formal dan Islami. Sehingga susunan acara berisikan dan bernuansa Islami.

Bagi sahabat yang bertugas sebagai pembawa acara dalam peringatan 1 Muharram ini, silahkan simak postingan ini dengan baik.

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Bismillah, alhamdulillah.
Alhamdulillahilladzi hadana lihadza wama kunna linah tadiya laula anhadanallah.
La haula wala quwwata illabillahil’aliyyil adzim.
Wasshola tuwassalamu’ala sayyidina muhammadin, wa’ala alihi wasoh bihi waman tabi ahum bi ihsanin ila yaumiddin. Ammaba’du.

Hadrotal mukarromin, wal mukhtaromin, para alim dan ulama yang selalu kita hormati.
Yang terhormat bapak ustadz (..................) yang senantiasa kita tunggu-tunggu mauidhoh hasanahnya.
Yang kami hormati takmir masjid (..................)
Yang kami hormati bapak kepala desa (..................)
Dan hadirin hadirot jamaah pengajian dalam rangka peringatan 1 Muharrom yang dimuliakan Allah SWT.

Yang pertama, marilah kita senantiasa memanjatkan puji tahmid kepada Allah SWT, yang senantiasa memberikan kenikmatan kepada kita, sehingga kita bisa menghadiri acara peringatan 1 Muharrom di halaman masjid (..................) tercinta ini.

Yang kedua kalinya, sholawat beserta salam selalu kita haturkan kepada junjungan kita nabi kita Muhammad SAW. Dengan ucapan “Allahumma sholli ‘ala sayyidina muhammad” yang semoga kita semua mendapatkan syafaat beliau di hari akhir, amin ya robbal alamin.

Bapak ibu hadirin yang saya hormati,

Perkenankanlah saya disini, bertugas sebagai pembawa acara pada malam hari ini. Berhubung waktu sudah mencukupi langsung saja akan saya bacakan susunan acara yang akan berjalan pada acara peringatan 1 Muharram ini.

Acara yang pertama adalah pembukaan dengan bacaan surat Al Fatihah
Acara kedua adalah pembacaan ayat suci al qur’an dan sholawat nabi dengan iringan rebana dari jamiyah rebana (..................)
Acara ketiga adalah sambutan sambutan 
  - Sambutan yang pertama dari ketua panitia penyelenggara
  - Sambutan kedua dari takmir masjid (..................)
  - Dan sambutan ketiga dari kepala desa (..................)
Acara ke empat adalah istirahat, diisi dengan penampilan dari group rebana (..................)



Selengkapnya :

Contoh Teks MC Peringatan 1 Muharram





Lihat Postingan Lain :




Post a Comment

 
Top