0 Komentar
Masroziq - Contoh Pidato Agama Islam Tentang Kesabaran


Sabar merupakan salah satu contoh sifat terpuji atau sifat mahmudah bagi seseorang. Orang yang memiliki sifat penyabar orang tersebut akan disukai Allah SWT. Sesuai dengan firman Allah yang artinya "Allah akan menyukai orang-orang yang bersabar".

Dalam agama Islam, sifat sabar sangat dianjurkan dalam setiap individu manusia khususnya umat islam. Ada pengertian lain mengenai sabar, yaitu menahan diri dari segala sesuatu yang tidak disenangi. Rasulullah pun bersabda pentingnya dari sifat sabar, diantaranya hadis yang diriwayatkan oleh Ahmad : "Orang yang bahagia ialah yang dijauhkan dari fitnah-fitnah dan orang yang bila terkena ujian dan cobaan, dia bersabar. "

Contoh Pidato Agama Islam Tentang Kesabaran

Contoh Pidato Agama Islam Tentang Kesabaran

Manusia yang memiliki sifat sabar memiliki kedudukan lebih di sisi Allah SWT. Manfaat dari sifat sabar itu banyak, diantaranya terhindar dosa, terhindar sifat sombong, dan akan dimasukkan ke surganya Allah SWT.

Pada artikel kali ini, saya akan memberikan contoh naskah teks pidato atau ceramah yang menerangkan tentang kesabaran. Dalam hal ini akan dirangkum satu judul Contoh Pidato Agama Islam Tentang Kesabaran.

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Hamdan wasyukron lillah
Wash shola tuwassalamu’ala roslillah, muhammadibni abdillah.
Robbisy syrohli sodri, wayassirli amri, wakhlul uqdatammillisani yafqohu qouli.
Qolata’ala filqur’anilkarim innallaha ma’ash shobirin. Sodaqallahul’adzim

Puji sukur kita haturkan kepada Allah
Dan kita ucapkan sholawat kepada rosulullah.

Hadirin yang dirahmati Allah ta’ala

Sebagai umat muslim harus memiliki sifat atau akhlak yang baik, atau disebut dengan akhaluk karimah, contoh akhlakul karimah disini saya contohkan sifat sabar. Umat Islam adalah umat yang dirahmati allah, umat rahmatalill’alamin sangat menganjurkan untuk bersabar. 

Pembahasan sifat sabar ini juga dianjurkan oleh Nabi kita Muhammad SAW, dalam hadis yang diriwayatkan oleh Tirmidzi, yang artinya “Dari Abdullah bin Umar ra berkata bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda, 'Barang siapa yang bersabar atas kesulitan dan himpitan kehidupannya, maka aku akan menjadi saksi atau pemberi syafaat baginya pada hari kiamat.”

Hadirin yang saya hormati

Begitu pentingnya rasa sifat sabar dalam kehidupan sehari-hari sampai-sampai Rosulullah akan menjadi saksi besok di hari kiamat dan akan memberikan syafaat kepada kita yang bersabar dalam menghadapi kesulitan.

Untuk mengukur kadar tingkat kesabaran seseorang, Allah memberikan cobaan kepada hambanya, diantara contoh sabar dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari hal terkecil sampai hal yang beras. Misalnya sabar dalam menghadapi cobaan musibah. Kita harus selalu bersabar dan mengingat Allah ketika kita senang dan ketika kita sedih atau mendapatkan musibah.

Maka dari itu marilah kitamelatih kesabaran kita, dan kita semoga termasuk orang-orang yang bersabar dalam menghadapi cobaan Allah.

Selengkapany :

Contoh Pidato Agama Islam Tentang Kesabaran


Demikianlah postingan Contoh Pidato Agama Islam Tentang Kesabaran, semoga bermanfaat.





Lihat Postingan Lain :




Post a Comment

 
Top