0 Komentar
Masroziq - Contoh Pidato Agama Islam Tentang Kejujuran

Jujur adalah menyampaikan sesuatu sesuai fakta sesuai apa yang ada, tidak menambahi atau mengurangi informasi yang diberikan atau disampaikan.

Kejujuran sangat dianjurkan dalam agama Islam, demi tegaknya agama dan kehidupan yang sukses serta baik, maka seseorang harus bisa berbuat jujur dalam segala hal. Kita bisa meniru sifat jujurnya nabi Muhammad, yang mana termasuk manusia mulia yang mempunyai sifat jujur dalam hidupnya, beliau ini tidak pernah berkata bohong, sehingga dijuluki Al Amin yang artinya dapat dipercaya.

Banyak perintah dari Allah yang terdapat dalam surat al qur'an agar manusia berbuat dan berkata jujur, seperti surat Al Ahzab ayat 70, At Taubah ayat 109 dan masih banyak lagi. Dan juga hadis nabi yang menganjurkan kita untuk berbuat jujur.

Contoh Pidato Agama Islam Tentang Kejujuran

Contoh Pidato Agama Islam Tentang Kejujuran

Dalam kehidupan yang serba maju dan modern ini, sifat jujur seolah-olah semakin hilang, orang-orang enggan berkata dan berbuat jujur demi kepentingan pribadi atau golongannya. Maka dari itu sangatlah pas jika kita menyampaikan sebuah pidato atau ceramah dengan tema kekujuran.

Berikut ini contoh naskah pidato dengan judul Contoh Pidato Agama Islam Tentang Kejujuran. pidato ini sangat pas dibacakan pada acara ataupun di lingkungan sekolah maupaun acara umum. Pidato yang akan saya berikan ini sangat singkat jadi pendengar tidak begitu bosan dengan apa yang kita sampaikan. 

Assalamum Wr, Wb.

Bismillah, Alhamdulillah.
Alhamdulilllahinasta;inuhu wanastaghfiruh, wana’udzubillahimin syururi anfusina, wamin sayyiati a’malina, mayyahdillah fala mudzillalah. 
Wash sholatuwassalamu’ala rosulillah, sayyidina muhammadibni abdillah. La khaula wala quwwata illabillah. Ammab’du.

Puji syukur kita haturkan kepada Allah SWT, yang telah memberikan karunia, meberikan kenikmatan kepada kita semua, sehingga kita bisa berkumpul di suatu tempat yang insyallah penuh barokah ini.

Sholawat serta salam, semoga tetap tecurahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang semoga tercurah kepada para sahabat keluarga dan umatnya besok mendapatkan syafaat di hari akhir.

Hadirin yang saya hormati

Pada kesempatan hari ini, saya akan menyampaikan pidato dengan judul kejujuran.

Sebelumnya akan saya tanya kepada hadirin, apakah hadirin pernah bohong? Pernaaaah (jawab hadirin)

Ya, sebagian besar manusia awam sudah pernah berbohong alias tidak jujur. Padahal jujur itu hal yang sangat dianjurkan bahkan diwajibkan dalam agama Islam. Mengapa demikian? Coba saja misalnya kita tidak juju, melakukan sholat maghrib yang 3 rokaat kita korupsi menjadi 1 rokaat, itu namanya tidak jujur benarkah???

Hadirin yang dirahmati Allah

Berani jujur itu hebat! Karena terkadang jujur itu rasanya pahit, sepahit obat. 

Pengertian jujur  secara sederhana adalah menyampaikan sebuah informasi yang sebenar-benarnya tidak mengurangi ataupun tidak menambahi. Sifat jujur ini harus dimiliki oleh setiap manusia, karena jujur adalah prinsip dasar yang merupakan cerminan dari akhlak seseorang. Apabila seseorang selalau bersikap jujur, maka bisa dipastikan orang tersebut memiliki sikap, perilaku dan akhlak yang baik.

Allah Ta’ala berfirman dalam surat Al Ahzab ayat 70 yang artinya “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kamu kepada Allah dan Katakanlah Perkataan yang benar" 

Ada juga hadis dari rasulullah yang memerintahkan umatnya berkata jujur, “Tetap berpegang eratlah dalam kejujuran, walau kamu seakan akan melihat kehancuran dalam berpegang teguh pada kejujuran, tapi yakinlah bahwa didalam kejujuran itu terdapat keselamatan”

Dalam kehidupan sehari-hari kita perlu kejujuran karena bisa mendatangkan banyak manfaat, mislanya  manfaat dari sifat jujur diantaranya: tidak akan menimpulkan permasalahan, akan terhindar dari dosa, mendapatkan pahala, dipercayai orang dan masih banyak lagi.

Hadirin yang saya hormati

Kita sebagai umat nabi Muhammad harus bisa meneladasi sifat beliau yang dijuluki Al Amin ini, akarena beliaulah yang besok akan memberikan syafaat kepada kita semua. 

Mulailah berkata jujur berbuat jujur dari hal yang paling mudah dalam kehidupan sehari-hari, misalnya bertuturkata yang baik, benar dan jujur, memberikan informasi yang jujur. 


Selengkapnya :

Contoh Pidato Agama Islam Tentang Kejujuran


Demikianlah sedikit contoh Contoh Pidato Agama Islam Tentang Kejujuran, semoga bermanfaat.




Lihat Postingan Lain :





Post a Comment

 
Top