0 Komentar
Masroziq - Contoh Pidato Agama Islam Tentang Sedekah


Sedekah dalam Islam bisa diartikan pemberian seorang muslim kepada orang lain secara sukarela dan ikhlas tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu. Sedekah ini tidak sebatas pemberian uang saja, namun segala sesuatu pemberian yang diridhai oleh allah misalnya bersedekah makanan, bersedekah pikiran maupun tenaga.

Hukum sedekah sendiri adalah sunah, namun meskipun sunah Islam sangat menganjurkan umatnya untuk bersedekah, karena hal ini akan sangat mendatangkan manfaat. Diantaranya memberikan rasa senang, menambah rasa syukur kita kepada Allah, menembah iman kita dan selalu mengingatkan kita kepada Allah SWT. karena semua yang kita punya itu semua dari Allah.

Contoh Pidato Agama Islam Tentang Sedekah

Contoh Pidato Agama Islam Tentang Sedekah

Dalam surat At Takatsur Allah memerintahkan kita semua agar tidak bermegah-megahan dan tidak berfoya-foya ditakutkan mereka yang bermegah-megahan tersebut akan melalaikan Allah. Maka dari itu harta kita yang berlebih itu lebih baik kita sedekahkan kepada yang membutuhkan.

Banyak dalil al qur'an yang menyuruh kita untuk bersedekah, diantaranya Surat An Nisa Ayat 114 yang artinya : ''Tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisikan-bisikan mereka, kecuali bisikan-bisikan dari orang yang menyuruh (manusia) memberi sedekah, atau berbuat ma'ruf atau mengadakan perdamaian di antara manusia. Dan barangsiapa yang berbuat demikian karena mencari keridhaan Allah, maka kelak Kami akan memberi kepadanya pahala yang besar.'' 

Pada artikel kali ini saya akan memberi contoh naskah pidato dengan judul postingan Contoh Pidato Agama Islam Tentang Sedekah.

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Bismillahirrohmanirrohim
Alhamdulillahirobbil’alamin
Wal’aqibatulilmuttaqin, ash shola tuwassalamu’ala asyrofil ambiyai waimamil mursalin, sayyidina wamaulana wahabibana muhammadin wa’ala alihi washohbihi waummatihi ajmain ammaba’du.

Puji syukur kita ucapkan kepada Allah SWT yang telah meberikan karunianya kepada kita, sehingga kita masih diberikan umur sampai detik ini.

Yang kedua sholawat dan salam semoga selalu tercurahkan kepada sayyidul ummah, shollallahu’alaihi wasallam yang semoga melebar ke sahabatnya dan umatnya amin ya robbal alamin.

Hadirin yang dirahmati Allah

Kaya itu tidak dilarang dalam Islam. Islam melarangya orang kaya harta namun hanya untuk bermegah-megahan dan berfoya-foya, membelanjakan harnyanya ke jalan yang tidak diridhoi Allah SWT.

Perlu diketahui bersama, bahwa semua yang kita miliki adalah pemberian dari Allah. Dan barang siapa yang mensyukuri nikmat Allah itu maka nikmatnya akan ditambah, dan barang siapa yang mengjufuri nikmaynya akan dicabut dan adzab Allah itu sangat pedih.

Hadirin yang berbahagia.

Sedekah dalam Islam sangat dianjurkan, karena memiliki banyak manfaatnya. Diantaranya adalah :
1. Mengingatkan kita kepada Allah
2. Selalu bersyukur kepada Allah
3. Memperpanjang usia
4. Mendapatkan naungan di hari kiyamat
5. Menolak bencana
6. Mendatangkan rizki

Begitu besarnya manfaat dari sedekah, sehingga nabi Muhammad bersabda : "Bersegeralah bersedekah! Sebab, musibah dan bencana tidak bisa mendahului sedekah.”. ada lagi sabda yang berbunyai  “Turunkanlah (datangkanlah) rezekimu (dari Allah) dengan mengeluarkan sedekah.” 

Maka dari itu bagi kita yang merasa memiliki harta yang berkecukupan lebih lebih bagi sahabat yang memiliki harta berlimpah maka perbanyaklah bersedekah. Karena akan mendatangkan banyak manfaat..


Selengkapnya :

Contoh Pidato Agama Islam Tentang Sedekah



Demikianlah artikel Contoh Pidato Agama Islam Tentang Sedekah, semoga bermanfaat.




Lihat Contoh Pidato Lain :





Post a Comment

 
Top