0 Komentar

Lembaga pendidikan merupakan salah satu tempat yang bisa untuk membiasakan perilaku jujur para generasi muda terpelajar. Karena dilingkungan pendidikan inilah siswa dan siswi banyak berinteraksi dengan lainnya. Namun tidak hanya di lingkungan sekolah saja. Lingkungan keluarga serta lingkungan masyarakat juga sangat penting untuk menjadikan pribadi jujur dan baik.

Pad postingan ini, saya akn berbagi contoh pidato tentang kejujuran di sekolah. Bagi sobat yang sedang mencari pidato kejujuran dalam sekolah bisa meniru pada contoh di bawah ini.

Contoh Pidato Kejujuran Di Sekolah

Contoh Pidato Kejujuran Di Sekolah

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Bapak dan Ibu guru yang saya hormati
Teman-temanku yang saya cintai dan yang saya banggakan

Puji syukur kehadirat Allah yang maha kuasa, atas karunia yang telah diberikan kepada kita, sehingga sampai hari ini kita masih diberikan segalanya dan bisa melakukan aktifitas separti biasanya dalam keadaan yang baik.

Sholawat dan salam, mari kita sanjungkan kepada nabi Muhammad Salallahu 'alaihi wasallam, yang selalu kita nantikan pertolongan sayafaatnya besok di hari akhir. Amin yarobbal 'alamin.

Teman-temanku yang saya banggakan

Perkenankanlah. saya (.............) dari kelas (.......) akan menyampaikan pidato dengan judul kejujuran di sekolah.

Ada pepatah mengatakan “Jangan pernah takut untuk mengangkat suara Anda untuk kejujuran dan kebenaran serta kasih sayang melawan ketidakadilan, kebohongan dan keserakahan.” . Dari pepetah itu sangat dalam artinya. Intinya kita harus selalu mensuarakan kejujuran. Nah bagaimana kita akan mensuarakan kejujuran kalau kita tidak jujur? Maka dari itu mulailah dari diri kita. 

Berbicara kejujuran di sekolah tentunya sangat luas pembahasannya. Namun kali ini saya akan berpidato singkat saja. Kejujuran harus diterapkan sejak dini. Kejujuran harus selalu dibiasakan dalam kehidupan sehari-hari. Lebih-lebih dilingkungan sekolah.

Teman-teman yang berbahagia

Apakah selama kita sekolah disini, kita sudah selalu bersikap jujur, dalam perkataan maupun perbuatan? Banyak hal yang harus diperbaiki dalam diri kita, baik perkataan maupun perbuatan kita selama di sekolah ini. 

Misalnya saja, saat kita ditanya sama Bapak atau Ibu guru kita harus berkata jujur tidak berbohong. Karena jika kita berbohong sama saja kita sudah melatih diri kita untuk tidak jujur. Belum lagi sama teman kita, sama Ibu-ibu kantin. Nih-nih yang bandel-bandel sering gak jujur sama Ibu kantin. Seolah-olah perkataan dan perbuatan kita itu tidak diketahui orang, namun sejatinya perbuatan kita itu diawasi oleh malaikat dan Allah SWT.

Teman-teman yang saya hormati

Jujur adalah modal segalanya untuk mencapai kesuksesan. Dalam lingkungan sekolah jaman sekarang ini sudah diterapkan berbagai upaya untuk melatih kejujuran para siswa dan siswinya. Misalnya diadakannya kantin kejujuran. Kantin kejujuran ini bertujuan untuk melatih kesadaran iswa untuk selalu jujur. Misalnya mengambil makanan, terus bayar sesuai dengan harga yang sudah tertera. Itu namanya jujur. 

Namun terkadang kantin kejujuran ini semakin hari semakin berkurang modalnya alisa modalnya habis, dikarenakan masih ada saja siswa yang tidak jujur. Mengambil makanan namun tidak bayar. Nah apa bila kita melihat teman kita seperti itu, hendaknya kita menegurnya.

Disisi lain, kejujuran dalam pendidikan harus diperhatikan, misalnya dalam ujian dan juga ulangan. Masih saja banyak siswa siswi yang tidak jujur. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya siswa yang menyontek saat ulangan. Karena orientasi mereka bukan ilmu yang jujur melainkan nilai yang bersifat angka.

Teman-temanku yang saya cintai

Lewat pidato singkat ini, mari kita sebagai generasi penerus bangsa, sebagai generasi terpelajar hendaknya bisa memberikan contoh teladan baik kepada semua orang. Dengan perkataan serta perbuatan baik kita. Agar masa depan kita sukses.

Selengkapnya :

Contoh Pidato Kejujuran Di Sekolah


Lihat Contoh Pidato Lain :

Pidato Islami Anak Tentang Kejujuran

Pidato Pentingnya Menuntut Ilmu di Madrasah

Contoh Pidato Kebersihan Lingkungan Sekolah

Post a Comment

 
Top