0 Komentar

Jujur merupakan sikap yang sangat penting bagi setiap individu. Perilaku atau sifat jujur harus ditanamkan sejak kecil agar semenjak usia dini sudah terbiasa dengan jujur. Karena menerapkan sifat jujur ini sangat sulit.

Nah pada kesempatan ini, saya akan berbagi sebuah contoh teks pidato islami tentang kejujuran. Contoh teks pidato kejujuran ini sangat bagus dibacakan oleh anak-anak, usia pelajar agar memberikan motivasi kepad ateman-temannya agar selalu bersikap jujur. Berikut ini Contoh Pidato Islami Untuk Anak-Anak (Kejujuran).

Contoh Pidato Islami Untuk Anak-Anak (Kejujuran)

Contoh Pidato Islami Untuk Anak-Anak (Kejujuran)

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Alhamdulillahirobbil'alamin
Wal'aqibatulilmuttaqin
Allahumma sholli'ala sayyidina muhammadin, wa'ala ali sayyidina muhammadin

Puji tahmid dan tasyakur kita haturkan kepada Allah Subhanahu Wata'ala atas pemberian segala nikmat kepada kita, terutama nikmat kesehatan dan nikmat Iman Islam yang sampai saat ini masih kita nikmati. 

Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada nabi kita Muhammad SAW dengan ucapan sholawat Allahumma sholli'ala sayyidina muhammad. Semoga dengan ucapan sholawat tersebut kita akan mendapatkan syafaat beliau besok di hari akhir. Amin.

Bapak dan Ibu yang saya hormati
Teman-temanku yang saya cintai

Perkenalkan nama saya (...............) saya kelas (.......). Pada perjumpaan ini saya akan berpidato tentang kejujuran.

Jujur merupakan kata singkat yang bisa memiliki makna yang luas. Karena jujur merupakan kesatuan perkataan, dan perilaku yang timbul dalam hati kita. Adapun ketidak satuan antara hati, perkataan dan perilaku merupakan kebalikan dari jujur yaitu dusta atau berbohong.

Pada era sekarang ini, kita akan lebih sulit untuk menemukan seseorang yang benar-benar jujur. Banyak dari kita yang melakukan kebohongan atau tidak jujur demi meraih sesuatu, padahal agama melarangnya. 

Teman-temanku yang saya banggakan

Pernah tidak kalian berbohong, tidak jujur? Misalnya kepada Ibu, kepada teman, kepada lainnya? Hayo ngaku... Janganlah kita berbuat tidak jujur. Karena kejujuran akan mendatangkan kebaikan, dan kebaikan akan menuju ke syurga seperti hadis Rosulullah SAW.

Rosulullah merupakan salah satu manusia yang mendapatkan gelar Al-Amin, yang artinya dapat dipercaya. Karena Rosulullah selalu menjaga kepercayaan, selalu jujur, dan tidak pernah berbohong kepada siapapun. Kita harus tiru sifat kejujuran dari Rosulullah dari mulai hal yang kecil lebih-lebih smapai hal besar.

Allah berfirman dalam surat An Nahl ayat 105


إِنَّمَا يَفۡتَرِي ٱلۡكَذِبَ ٱلَّذِينَ لَا يُؤۡمِنُونَ بِ‍َٔايَٰتِ ٱللَّهِۖ وَأُوْلَٰٓئِكَ هُمُ ٱلۡكَٰذِبُونَ

Artinya: Sesungguhnya yang mengada-adakan kebohongan, hanyalah orang-orang yang tidak beriman kepada ayat-ayat Allah, dan mereka itulah orang-orang pendusta (Q.S. An-Nahl: 105)

Jelas tersebut, bahwa orang yang tidak beriman itu orang-orang yang mengadakan kebohongan atau orang-orang pendusta. Naudzubillah mindzalik.

Hadirin yang saya hormati

Semoga dengan penyampaian sedikit pidato saya ini, semoga menjadikan diri kita bermuhasabah untuk menjadi diri yang lebih baik.

Selengkapnya :

Contoh Pidato Islami Untuk Anak-Anak (Kejujuran)


Demikianlah Contoh Pidato Islami Untuk Anak-Anak (Kejujuran), semoga bermanfaat.



Lihat Contoh Pidato Lain :



Post a Comment

 
Top