0 Komentar
Masroziq - Contoh Pidato Agama Islam Tentang Sholat

Shalat adalah tiang agama. Dan barang siapa yang meninggalkan shalat maka secara tidak langsung mereka akan merobohkan agama. Karena sholat adalah perintah Allah SWT yang harus dilaksanakan oleh hambanya yang sudah berkewajiban.

Pada postingan ini, saya akan berbagi contoh pidato agama tentang sholat. Semoga dengan adanya pidato ini pembaca dan pendengar sadar akan pentingnya sholat.

Contoh Pidato Agama Islam Tentang Sholat

Contoh Pidato Agama Islam Tentang Sholat

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

الْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى أَشْرَفِ اْلأَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ أَمَّا بَعْدُ

Bapak dan Ibu hadirin yang dirahmati Allah

Alhamdulillah, puji syukur kita haturkan kepada Allah SWT atas nikmat-nikmat yang telah Allah berikan kepada kita, sehingga pada kesempatan ini kita bisa berjumpa kembali dalam keadaan yang baik.

Sholawat serta salam, mari kita sanjungkan kepada nabi Muhammad SAW yang selalu memberikan tauladan baik bagi umatnya. Kita berdoa semoga kelak di hari akhir kita mendapatkan syafaat dari beliau. Amin yarobbal alamin.

Hadirin sekalian yang berbahagia

Berbicara sholat tentu sangat tidak asing lagi, Sholat merupakan kewajiban bagi setiap muslim yang sudah memenuhi kewajiban. Dalam agama Islam shalat hukumnya wajib, yang mana tertulis dalam rukun Islam, yaitu menjalankan shalat lima waktu.

Sholat merupakan kewajiban hamba untuk mengabdi kepada sang pencipta, Allah SWT yang harus memenuhi syarat dan rukunnya untuk bisa diterima dan dianggap sholat kita sah. Sebelum shalat, kita harus mengetahui tata cara, syarat rukun yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Akan sisa-sia saja jika kita melakukan sholat namun tidak tahu ilmunya. Artinya kita tidak tahu tata caranya.

Seperti hadis yang berbunyai :


" وُ كُلُّ مَنْ بِغَيْرِ عِلْم يَعْمَلُ اَعْمَالُهُ مَرْ دُوْ دَةٌ لاَ تُقْبَلُ "

Artinya : "Barang siapa yang beramal tanpa didasari ilmu, maka alamnya ditolak"

Dari hadist diatas bisa kita jelaskan, bahwa semua perbuatan (amalan kita dalam artian ibadah) harus didasari dengan ilmu, kita harus mengetahui tata caranya terlebih dahulu. Bagaimana kita bisa mengetahui ilmu sholat? kita minta pengarahan para ustadz, kiai, dan almim ulama untuk menmbimbing kita mulai dari syarat rukun, bacaan dan gerakan sholat. Agar sholat kita sah.

Hadirin rohimakumullah

Sholat adalah ibadah yang sangat spesial, karena perintah shalat merupakan perintah yang Allah sampaikan kepada nabi Muhammad secara langsung, sesuai dengan kisah perjalanan Isro' Mi'roj nabi Muhammad SAW. Maka dari itu jagalah sholat kita jangan sampai ada yang bolong-bolong.

Jangan KTP aja yang Islam, namun perbuatan kita juga Islam, yang salah satunya menjalankan sholat fardhu lima waktu. Karena dijaman akhir ini banyak orang-orang yang menganggap remeh tentang sholat. Naudzubillah mindzalik.

Semoga kita tidak termasuk orang-orang yang meremehkan sholat dan perintah Allah serta Rosulnya. Dan kelak meninggal dalam keadaan khusnul khotimah dan masuk surganya Allah. Amin


Selengkapnya :

Contoh Pidato Agama Islam Tentang Sholat



Lihat Contoh Pidato Lain :

Pidato Sholat Adalah Tiang Agama (Singkat)

Contoh Pidato Melatih Sholat Sejak Dini

Pidato Fadhilah Sholat Berjamaah

Post a Comment

 
Top