0 Komentar
Masroziq - Contoh Naskah Ceramah Tentang Kejujuran Singkat

Jujur adalah sifat yang sangat mahal yang dimiliki orang di jaman sekarang. Karena kejujuran akan susah kita temukan dalam kehidupan moderen ini. Maka dari itu lewat pidato singkat ini semoga kita tergugah hatinya untuk mengubah kebiasaan kita yang mungkin belum bisa berkata dan bersikap jujur. Karena kejujuran akan membawa keberkahan, ketenangan dalam hidup.

Pada postingan kali ini, saya akan memberikan contoh pidato agama Islam tentang kejujuran. Dalam naskah ceramah pidato ini terdapat muqodimah dan juga hadis nabi serta artinya. Sobat bisa menambahkan isi dari contoh pidato singkat ini dengan tema yang sesuai.

Contoh Naskah Ceramah Tentang Kejujuran Singkat

Contoh Naskah Ceramah Tentang Kejujuran Singkat

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah, 'ala ni'matillah
La khaula wala quwwata illabillah
Allahumma sholli 'ala sayyidina muhammadin
Wa'ala sayyidina muhammad
Amma ba'du

Bapak Ibu yang saya hormati
Hadirin sekalian yang saya hormati pula

Ucapan syukurlah yang wajib kita awalkan dalam perjumpaan kita kali ini, alhamdulillah atas berkat rahmat Allah yang maha kuasa kita masih diberikan kenikmatan, diberikan umur panjang, sehingga pada pagi hari ini kita bisa berjumpa dalam keadaan sehat wal afiat.

Sholawat dan salam, mari kita sanjungkan kepada nabi kita Muhammad SAW dengan ucapan Allahumma sholli ala sayyidina muhammadin. Semoga kita semua yang hadiri di sini kelak akan mendapatkan syafaat kanjeng nabi Muhammad besok di hari akhir. Amin yarobbal alamin.

Bapak dan Ibu sekalian yang saya hormati

Pada kesempatan yang baik ini, saya akan menyampaikan ceramah tentang kejujuran. Karena kejujuran adalah salah satu sifat yang harus dimiliki setiap orang.

Sifat juju merupakan salah satu sifat yang diajarkan oleh Rosulullah SAW dalam sifat wajib bagi Rosul, yaitu Sidiq yang artinya jujur, atau benar dalam perkataan maupun perbuatan. 

Diera sekarang ini kejujuran seseorang sudah sangat tipis, artinya prosentase orang yang jujur itu sudah sedikit. Coba kita renungkan mulai dari diri kita sendiri. Apakah kita sudah selalu bersikap dan berkata jujur? Nah itu merupakan salah satu sifat yang sangat tidak baik.

Hadirin yang berbahagia

Rosulullah bersabda :


دَعْ مَا يَرِيبُكَ إِلَى مَا لاَ يَرِيبُكَ فَإِنَّ الصِّدْقَ طُمَأْنِينَةٌ وَإِنَّ الْكَذِبَ رِيبَةٌ

Artinya :

"Tinggalkanlah yang meragukanmu pada apa yang tidak meragukanmu. Sesungguhnya kejujuran lebih menenangkan jiwa, sedangkan dusta (menipu) akan menggelisahkan jiwa".

Sesuai dengan hadis di atas, kejujuran itu akan menenangkan jiwa, sednagkan dusta atau berbohong akan menjadikan jiwa kita gelisah. Meskipun pahit, jujur itu lebih baik. Lebih baik katakan yang sebenranya dari pada kita berdusta.

Seseorang yang selalu bersikap jujur kehidupannya akan tentram, tidak dihantui apa yang dilakukan dan apa yang dikatakan, karena mereka benar apa adanya yang dikatakan dan dilakukan sesuai dengan fakta.

Berbeda dengan seseorang yang tidak jujur, kehidupan mereka akan selalu gelisah, tidak nyaman. Karena mereka takut kebongkar hal-hal apa saja yang mereka lakukan dan mereka katakan jika tidak sesuai dengan fakta.

Hadirin rohimakumullah

Penanaman sikap jujur sangat perlu dilakukan sejak dini, sejak anak masih kecil, mulai dari kalangan keluarga dan juga lingkungan masyarakat. Lebih-lebih lingkungan pendidikan. Karena kebiasaan baik dari kecil insyaallah akan kebawa sampai nanti besar.

Praktik sikap jujur bagi anak-anak bisa dilakukan mulai dari hal kecil, misalnya berkata pada orang tua dengan benar, jujur apa danya. Karena kejujuran akan membawa kehidupan yang tenang.


Selengkapnya :

Contoh Naskah Ceramah Tentang Kejujuran Singkat



Lihat Contoh Pidato Lain :

Contoh Pidato Islami Anaka Kejujuran

Pidato Agama Islam Tentang Kejujuran

Kultum Kejujuran Singkat

Post a Comment

 
Top