0 Komentar

Pidato merupakan salah satu cara untuk menyampaikan informasi atau gagasan yang bisa untuk mempengaruhi pola pikir audien. Ketika kita akan berpidato harus kita siapkan berbagai macam persiapan, mulai dari materi, penampilan, mental, pakaian dan lain sebagianya.

Banyak orang bisa berpidato, materinya bagus, pakainnya bagus, namun penyampaiannya kurang. Sehingga audien enggan memperhatikan dan bahkan tidak merespon dan mendengar apa yang sednag disampaikan. Hasilnya kita berpidato  tetapi tidak ada manfaatnya.

Cara Berpidato Agar Tidak Membosankan Ketika Didengar

Cara Berpidato Agar Tidak Membosankan Ketika Didengar

Nah bagaimana cara berpidato agar tidak membosankan? Pada postingan ini akan saya berikan beberapa cara agar saat kita berpidato tidak membosankan sehingga audien memperhatikan kita.

1. Kuasai Materi

Materi merupakan komponen pokok saat kita berpidato, bagaimana kita akan berpidato jika kita tidak memiliki materi? Maka dari itu, sukses atau tidaknya seseorang berpidato salah satunya ditentukan oleh penguasaan materi. 

Saat berpidato kita harus hafal materinya, minimal kita harus hafal poin-poin yang akan kita sampaikan, sehingga saat diatas panggung kita bisa mengembangkan pon tersebut dengan penjelasan.

2. Mental

Kita dituntut untuk memiliki mental yang bagus, karena pada saat berpidati kita tentu berada didepan orang yang banyak. Jika kita tidak memiliki mental atau grogi pada saat di atas panggung maka bisa jadi materi yang sudah kita hafalkan tadi hilang seketika. 

Mental keberanian ini harus dilatih dikit demi sedikit, mulai dari lingkup yang kecil, mislanya berbicara didepan teman-teman, kemudian di lingkungan masyarakat kecil. Lama kelamaan keberanian kita akan tumbuh.

3. Kuasai audien

Poin yang ke tiga adalah kita harus menguasai audien. Caranya? misalnya kita menyapa audien di sela-sela materi yang kita samapaikan, sehingga audien fokus kepada kita. 

4. Penampilan 

Penampilan saat berpidato harus rapih dan menarik, sehingga orang lebih tertarik untuk memperhatikan. Baik penampilan pakaian maupun penampilan saat kita berada dipanggung. Saat kita berada dipanggung, penampilan harus terlihat siap, sesekali kita ke nanan, kek kiri agar tidak membosankan.

5. Perhatikan Suara

Suara juga sangat berpengaruh dalam kesuksesan kita saat berpidato. Diharuskan suara kita keras agar audien kedengaran semua. Apabila suara kita kecil gunakanlah alat bantu, mislanya microphone.

Demikianlah Cara Berpidato Agar Tidak Membosankan Ketika Didengar, semoga dengan postingan ini membuat sobat lebih siap dan lebih bagus pada saat berpidato. Semoga bermanfaat.


Post a Comment

 
Top