0 Komentar

Mendidik anak untuk beretika baik itu tidak hanya disekolahan saja, melainkan perlu bantuan di lingkungan keluarga serta masayarakat. Hal ini sangat berkaitan, karena seorang tidak hanya hidup di satu tempat saja, melainkan beberapa tempat.

Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi contoh pidato tentang pendidikan moral khusunya anak sekolah atau anak pelajar. Contoh pidato pendidikan singkat ini sangat bagu sdibacakan dikalangan pelajar. Karena isi dari pidato ini mengajak para generasi muda khusunya pelajar untuk memperbaiki moral dan akhlak mereka.

Contoh Pidato Pendidikan Moral Anak Sekolah

Contoh Pidato Pendidikan Moral Anak Sekolah

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah
Yang terhormat Bapak dan Ibu guru sekolah (.............)
Yang saya banggakan, teman-temanku semuanya seperjuangan ini.

Padapagi yang cerah ini, mari kita sama-sama memanjatkan rasaa syukur atas kehadirat Tuhan yang maha esa, atas limpahan nimta yang telah diberikan kepada kita, sehingga kita masih diberi kenikmatan, dan masih bisa melakukan aktifitas seperti biasanya di sekolah tercinta ini.

Teman-temanku yang saya hormati

Pada keempatan ini, saya akan berpidato tentang Pendidikan Moral Anak Sekolah.

Moral merupakan istilah yang melekat pada diri manusia yang memiliki nilai positif . Oleh karena itu, moral bisa disebut juga dengan etika atau tingkah laku, serta budi pekerti seseorang dalam bertindak.

Berbicara pendidikan di Indonesia ini sudah cukup lama sebenarnya, serta sudah banyak kemajuannya. Yang perlu digaris bawahi adalah pendidikan moral untuk anak bangsa kita harus lebih ditekankan. Karena semakin kesini moral para pelajar sangat memprihatinkan.

Dapat dikatakan bahwa pendidikan moral dapat pula disamakan dengan istilah pendidikan etik, budi pekerti, pendidikan nilai atau pendidikan afektif. Selain itu disamakan dengan istilah pendidikan watak dan pendidikan akhlak.

Hadirin yang berbahagia

Pendidikan moral menjadi salah satu pintu kesuksesan bagi anak dalam dunia pendidikan. Pendidikan moral tidak hanya didapatkan dalam dunia pendidikan sekolah, melainkan juga pendidikan di kalangan keluarga, dan masyarakat.

Sekolah memang menjadi sorotan oleh masyarakat. Output yang dihasilkan selalu dinilai oleh masyarakat. Nag bagimana langkah pemerintah khusunya dunia pendidikan untuk menghasilkan output yang baik, berakhlak, dan bermoral? Hal ini tentu harus dilakukan secara maksimal.

Coba kita perhatikan dalam dunia pendidikan sekarang, pendidikan moral tidak diajarkan lagi kepada peserta didik. Saat ini pendidikan moral sudah dikalahkan oleh pendidikan yang lain seperti matematika, IPA, IPS dan lainnya. Waktu di sekolah habis untuk mengejar nilai akademik. 

Murid-murid dipaksa belajar mati-matian agar nilainya pada saat ujian nanti membaik dan bisa mengharumkan nama dimana dia bersekolah. Guru, pelajar, dan pemerintah seakan-akan lupa ada pelajaran yang lebih penting dari itu semua yaitu pendidikan moral.

Temanku yangsaya banggakan

Kita sebagai generasi terpelajar harus bisa memberikan contoh yang baik dalam masyarakat, atau lingkungan sekitar kita. Dengan cara kita berakhlak yang baik sopan dan santun dalam bertindak dan bertutur kata maka masayarakat akan segan terhadap kita, dan secara tidak langsung akan mengubah paradigma masayarakat tentang kondisi anak jaman sekarang yang cenderung mendapatkan nilai minus dalam bertatakrama.

Selengkapnya :

Contoh Pidato Pendidikan Moral Anak Sekolah


Lihat Contoh Pidato Lain :

Post a Comment

 
Top