0 Komentar

1 Muharram merupakan tanggal pertama dalam kalender Islam yang disebut dengan Hijriyah. Peringatan hari besar Islam ini sangat istimewa dikalangan umat Islam, karena sejarah mencatat bahwa permulaan penanggalan ini dimulainya Hijrah nabi Muhammad SAW dari kota Makkah ke kota Madinah.

Nah pada postingan ini akan saya berikan contoh teks pidato atau ceramah tentang Muharram atau tahun baru Islam. Contoh pidato singkat tahun baru Islam ini sangat pas dibacakan pada peringatan hari besar Islam di peringatan tahun baru Hijriyah yang tepatnya pada tanggal 1 Muharram. Bagi sahabat yang masih mencari contoh naskah pidato atau materi ceramah bisa melihat pada postingan ini. Berikut ini Pidato Tahun Baru Hijriyah (Tahun Baru Islam).

Pidato Tahun Baru Hijriyah (Tahun Baru Islam)

Pidato Tahun Baru Hijriyah (Tahun Baru Islam)

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ كَانَ بِعِبَادِهِ خَبِيْرًا بَصِيْرًا، تَبَارَكَ الَّذِيْ جَعَلَ فِي السَّمَاءِ بُرُوْجًا وَجَعَلَ فِيْهَا سِرَاجًا وَقَمَرًا مُنِيْرًا. أَشْهَدُ اَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وأََشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وُرَسُولُهُ الَّذِيْ بَعَثَهُ بِالْحَقِّ بَشِيْرًا وَنَذِيْرًا، وَدَاعِيَا إِلَى الْحَقِّ بِإِذْنِهِ وَسِرَاجًا مُنِيْرًا. اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كَثِيْرًا. أَمَّا بَعْدُ؛

Hadirin yang saya hormati

Puji syukur kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmatnya kepada kita, sehingga pada kesempatan yang baik ini kita bisa berjumpa dalam rangka peringatan tahun baru Hijriyah. Sholawat dan salam selelu kita curahkan kepada baginda nabi Muhammad SAW yang selalu kita nantikan syafaatnya besok di hari akhir. Amin.

Hadirin yang berbahagia

Pada kesempatan ini, ijinkan saya untuk menyampaikan pidato dengan tema peringatan tahun baru Hijriyah.

Tahun Hijriyah merupakan sebutan tahun bagi kaum muslimin. Tahun Hijriyah ini berasal dari kata hijrah yang artinya pindah. Yaitu hijrah atau pindahnya nabi Muhammad SAW dari Makkah ke Madinah yang kemudian dimulainya perhitungan tahun pertama atau 1 Hijriyah.

Dimomen yang luar biasa ini marilah kita gunakan untuk introspeksi diri terhadap segala perbuatan yang telah lampau yang sudah kita lalui setahun yang lalu. Segala perbuatan yang telah lampau bisa kita nilai sendiri, apakah kita lebih banyak melakukan perbuatan baik apa buruk. Nah pada awal tahun ini marilah kita renungkan untuk menjadi pribadi yang lebih baik di masa satu tahun ke depan ini.

Hadirin yang dirahmati Allah

Bertambahnya tahun ini mengingatkan kita bahwa semakin berkurangnya umur, maka dari itu sisa umur kita kini gunakan untuk perbuatan yang bermanfaat, yang positif dan diridhoi oleh Allah dan Rasulnya. Karena dalam hadis nabi dijelaskan bahwa sebaik-baik manusia adlaah mereka yang panjang umurnya dan digunakan untuk hal-hal positif.


عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ أَبِى بَكْرَةَ عَنْ أَبِيهِ أَنَّ رَجُلاً قَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَىُّ النَّاسِ خَيْرٌ قَالَ « مَنْ طَالَ عُمُرُهُ وَحَسُنَ عَمَلُهُ ». قَالَ فَأَىُّ النَّاسِ شَرٌّ قَالَ « مَنْ طَالَ عُمُرُهُ وَسَاءَ عَمَلُهُ »

Dari Abdurrahman bin Abu Bakrah, dari bapaknya, bahwa seorang laki-laki berkata, “Wahai Rasulullah, siapakah manusia yang terbaik?” Beliau menjawab, “Orang yang panjang umurnya dan baik amalnya”. Dia bertanya lagi, “Lalu siapakah orang yang terburuk?” Beliau menjawab, “Orang yang berumur panjang dan buruk amalnya”. [HR. Ahmad; Tirmidzi; dan al-Hakim]

Hadirin yang saya hormati

Dengan bercermin hadis diatas marilah di hari pertama tahun Hijriyah ini marilah kita tingkatkan amalan-amalan yang baik dan meninggalkan perbuatan buruk. Karena bisa kita mabil makna kata hijrah sebagai orang awam kita maknai hijrah dari perbuatan buruk ke perbuatan yang baik.


Selengkapnya :

Pidato Tahun Baru Hijriyah (Tahun Baru Islam)


Demikianlah postingan Pidato Tahun Baru Hijriyah (Tahun Baru Islam), semoga bermanfaat.


Post a Comment

 
Top