0 Komentar

Berkaitan dengan menyambut tahun baru Islam, tanggal 1 Muharram sering diadakan berbagai kegiatan keagamaan, seperti peringatan tahun baru Islam, karnaval, dan juga lomba-lomba keagamaan, diantara lomba itu ada lomba pildacil, atau lomba pidato untuk dai cilik, khusus anak-anak kacil biasanya usia sekolah dasar. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mensyiarkan agama Islam lewat berbagai kegiatan yang bermanfaat.

Nah pada postingan ini, admin akan berbagi contoh teks pidato untuk anak-anak dalam rangka lomba pildacil di acara tahun baru Hijriyah. Materi pildacil tahun baru Islam ini dikemas dengan singkat dan isi yang santai dan sangat pas untuk usia anak-anak. Selain itu juga disertai dengan kontak dengan audiens dan sedikit ada humornya lucunya. Berikut ini Contoh Materi Pildacil Tahun Baru Islam (Hijriyah).

Contoh Materi Pildacil Tahun Baru Islam (Hijriyah)

Contoh Materi Pildacil Tahun Baru Islam (Hijriyah)

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ نَوَّرَ قُلُوْبَ الْمُؤْمِنِيْنَ بِالْمَعْرِفَةِ فَاطْمَأَنَّتْ قُلُوْبُهُمْ بِالتَّوْحِيْدِ. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ الَّذِيْنَ آمَنُوْا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ إِلَى يَوْمِ الْمَوْعُوْدِ. . أَمَّا بَعْدُ

Yang saya hormati para alim dan ulama
Yang saya hormati dewan juri lomba pildacil
Yang saya cintai dan saya banggakan semua teman-temanku yang ada disini

Pertama dan yang paling utama adalah kita harus bersyukur kepada Allah dimanapun dan kapanpun, lebih-lebih pada hari ini kita bisa berjumpa bersama dalam rangka lomba pildacil peringatan tahun baru Islam di aula sini dalam keadaan setah wal'afiat.

Sholawat serta salam tak lupa kita haturkan kepada nabi besar Muhammad SAW yang selalu kita idolakan dan selalu kita nantikan syafaatnya. Semoga kita semua diakui sebagai umat beliau dan mendapatkan syafaat besok di hari akhir. Amin yarobbal.... alamin.

Hadirin yang dirahmati Allah

Perkenalkan saya bernama (...............) akan menyampaikan pidato yang tema tahun baru Islam atau tahun baru Hijriyah.

Sahabat dai cilik yang saya cintai

Kita tahu dong, apa itu kalender Hijriyah. Kalau tidak tahu berarti kalian ketinggalan, kalian kurang cinta terhadap Islam, karena kalender Hijriyah ini merupakan kalender umat Islam yang sekaligus sangat istimewa kalau dilihat dari segi sejarah. Permulaan awal kalender Hijriyah adalah sejak hijrahnya nabi Muhammad SAW dari kota Makkah ke Madinah. Sahabat Umar lah yang memulai dan menetapkan sebagai kalender Hijriyah pada waktu itu.

Dewan juri dan hadirin yang saya hormati

Pergantian dan perayaan tahun baru Islam tidak hanyak kita jadikan sebagai sekedar upacara seremoni saja, karena biasanya kita hanya semangat pada acara perayaan hari besarnya saja, namun kurang mengambil hikmah dan sisi positif dari peringatan tahun baru ini, yaitu inti sari dari peringatan yang sangat istimewa ini. Yaitu kita ambil hikmahnya, seperti mengintrospeksi diri, muhasabah dan sebagai motivasi kita untuk lebih baik dan lebih bertaqwa kepada Allah SWT. Semua itu merupakan ciri sebagai orang yang beriman. Karena orang yang beiman selalu bersyukur kepada Allah SWT dengan apa? dengan selalu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepadNya.

Teman-temanku yang berbahagia

Coba saya akan bertanya. Apa arti dari peringatan atau syukuran tahun baru Islam ini? Ada yang tau? kalau tidak ada yang tau saya kasih tau ya... Arti dari tasyakuran peringatan tahun baru Hijriyah ini merupakan pertanda bahwa kita bersyukur atas nikmat Allah. Nikmat segalanya yang telah diberikan kepada kita sehingga sampai di tahun baru ini kita masih sehat, masih bisa melakukan aktifitas dengan baik. Lebih-lebih Allah masih memberikan kenikmatan yang luar biasa yaitu nikmat iman Islam.

Kita sebagai generasi muda Islam harus senantiasa mensyiarkan agama Islam, salah satunya adalah meramaikan peringatan tahun baru Hijriyah, tidak hanya tahun baru masehi saja yang ramai, namun tahun baru Islam juga harus di syiarkan. Betul.....?

Hadirin yang saya hormati

Pergantian di tahun baru ini harus menjadikan kita lebih bersemnagat dalam melakukan kebaikan, kebaikan terhadap sesama manusia, terhadap Allah SWT, dan terhadap lainnya. Lebih bersemangat dalam beribadah salah satunya, yang kemarin sholatnya bolong-bolong di tahun ini harus lebih baik dari tahun yang kemarin, lebih-lebih kita sholat jamaah di masjid yang pahalanya 27 derajat. Subhanallah.


Selengkapnya :

Contoh Materi Pildacil Tahun Baru Islam (Hijriyah)



Demikianlah Contoh Materi Pildacil Tahun Baru Islam (Hijriyah), semoga bermanfaat.


Post a Comment

 
Top