0 Komentar
Masroziq - Contoh Pidato Agama Islam Tentang Ilmu

Ilmu sangat penting untuk dimiliki semua orang, dengan ilmu kita bisa mencapai tujuan dunia dan akhirat. Dalam agama Islam ilmu menuntut ilmu sangatlah dianjurkan oleh Allah dan juga Rasulnya. 

Ilmu itu ibarat cahaya yang bisa menerangi diringa dan menerangi lingkungan sekitarnya. Orang yang mempunyai ilmu kehidupannya akan berbeda dengan yang tidak memiliki ilmu. Dalam kehidupan dunia ilmu berperan sangat penting, mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi. Misalnya ilmu memasak, ilmu berdandan, dan ilmu lainnya. Begitu pula dengan ilmu akhirat, ilmu sholat, ilmu wudhu, ilmu bersuci dan lain sebaginya.

Contoh Pidato Agama Islam Tentang Ilmu

Contoh Pidato Agama Islam Tentang Ilmu

Nah setelah membaca uraian singkat diatas kita bisa menyimpulkan sendiri betapa pentingnya seseorang mempunyai ilmu. Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi pidato singkat dengan judul Ilmu.

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ، الْحَمْدُ للهِ الَّذِى فَضَّلَ بَنِى آدَمَ بِالْعِلْمِ وَالْعَمَلِ عَلَى جَمِيْعِ الْعَالَمِ، وَالصَّلاَةُ عَلَى مُحَمَّدٍ سَيِّدِ الْعَرَبِ وَالْعَجَمِ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ يَنَابِيْعِ الْعُلُوْمِ وَالْحِكَمِ. أَمَّا بَعْدُ.

Yang terhormat (.............)
Yang terhormat bapak (.............)
Hadirin yang saya hormati

Pada kesempatan ini, marilah kita ucapkan rasa syukur kepada Allah SWT, yang sudah memberikan segala kenikmatan kepada kita semua, sehingga kita isa berkumpul ditempat yang sangat mulia ini.

Sholawat dan juga salam semoga tetap tercurahkan kepaa junjungan kita nabi Muhammad SAW yang semoga yang hadir disini mendapatkan syafaat beliau amin, amin, yarobbal alamin.

Hadirin yang berbahagia

Berdirinya saya disini akan menyampaikan pidato singkat dengan judul ilmu.

Ilmu adalah sebuah kata singkat yang memiliki arti yang sangat luas, mengapa demikian? Karena ilmu itu kajiannya sangat banyak, diantaranya macam-macam ilmu, ilmu-ilmu yang wajib dicari, ilmu yang tidak diperbolehkan dicari, dan masih banyak lagi pembahasan mengenai ilmu.

Manusia hidup harus mempunyai ilmu, bis akita katakan manusia tidak punya ilmu itu tidak akan bisa hidup. Mulai dari kecil bayi, sampai tua kita disuruh untuk mencari ilmu. Begitu perhatiannya Rasulullah dengan Ilmu. Hal ini sesuai dengan hadis yang berbunyai :

 أُطْلُبُوا الْعِلْمَ مِنَ الْمَهْدِ اِلىَ اللَّهْدِ 

“Tuntutlah ilmu sejak dari buaian sampai liang lahat” 

Hadits tersebut menjadi dasar dari ungkapan “Long life education” atau pendidikan seumur hidup. Kehidupan didunia ini rupanya tidak sepi dari kegiatan belajar, sejak mulai lahir sampai hidup ini berakhir. Benar hadist Rasulullah Muhammad s.a.w “Uthlubul ilma mahdi illal lahdi”, menuntut ilmu sejak buaian sampai liang lahat. 

Hadirin yang dirahmati Allah

Tersu pertanyaanya? Ilmu apakah yang harus kita cari? Sebab didunia ini banyak sekali ilmu-ilmu yang ada, mulai dari limu santet, ilmu copet, ilmu maling, ilmu agama dan lain sebagainya. Nah mengenai kategori ilmu yang baik dicari adalah :

مَنْ أَرَادَ الدُّنْيَا فَعَلَيْهِ بِاْلعِلْمِ، وَمَنْ أَرَادَ الآخِرَهَ فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ، وَمَنْ أَرَادَهُمَا فَعَلَيْهِ باِلعِلْمِ

“Barangsiapa yang menginginkan dunia maka hendaklah berilmu.Barangsiapa yang menginginkan akhirat, maka hendaklah dengan ilmu.Barangsiapa yang menginginkan keduanya, maka hendaklah dengan ilmu.”

Ilmu dunia dan ilmu akhirat insyaallah akan membuat hidup di dunia ini  dan akahirat nanti akan selamat dengan catatan ilmu yang kita cari adalah ilmu yang diridhoi oleh Allah SWT.


Selengkapnya :

Contoh Pidato Agama Islam Tentang Ilmu



Demikianlah sedikit Contoh Pidato Agama Islam Tentang Ilmu, semoga ilmu yang kita punyai ini bermanfaat.




Lihat Contoh Pidato Lain :





Post a Comment

 
Top