0 Komentar
Masroziq - Contoh Pidato Agama Tentang Menutup Aurat

Adab merupakan hal yang sangat penting dalam Islam. Dalam kehidupan sekarang, kita sering melihat wanita-wanita yang menampakkan auratnya secara terang-terangan, entah bagian atas ataupun bagian bawah. Bagian atas kepala dan rambut mereka yang tidak berhijab dan bagian bawah mereka yang menggunakan pakaian minim ini bisa mendatangkan banyak medhorot, finah  serta dosa.

Nah pasa postingan ini, saya akan berikan contoh pidato tentang ajakan untuk menutup aurat bagi laki-laki maupun perempuan. Contoh pidato agama Islam ini sangat singkat dengan susunan poin salam pembuka, muqadimah, dalil hadis dan al-qura'an dan penutup. Bagi sahabat yang sedang mencari referensi contoh pidato tentang menutup aurat bisa melihat contoh di bawah ini.


Contoh Pidato Agama Tentang Menutup Aurat

Contoh Pidato Agama Tentang Menutup Aurat

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

الْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى أَشْرَفِ اْلأَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ أَمَّا بَعْدُ

Hadirin yang saya hormati

Pada kesempatan ini, saya akan berpidato tentang menutup aurat.

Kita sebagai umat Islam tentu harus bisa menjaga aurat kita. Karena menjaga atau menutup aurat adalah kewajiban. Namun apa yang kita lihat disekitar kita? Rasanya tidak asing lagi dengan aurat wanita khusunya yang berkeliaran di tempat-tempat umum. Hal ini tentu sangat memprihatinkan.

Konon berpakaian minim katanya moderen, kekinian, padahal itu suatu kemunduran. Jika berpakaian minim suatu kemajuan berrati kera lebih maju dari kita. Paham?

Hadirin yang saya hormati

Dalam sebuah riwayat menceritakan. Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah menegur Asma binti Abu Bakar Radhiyallahu anhuma ketika beliau datang ke rumah Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam dengan mengenakan busana yang agak tipis. Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam pun memalingkan mukanya sambil berkata :

يَا أَسْمَاءُ إِنَّ الْمَرْأَةَ إِذَا بَلَغَتِ الْمَحِيضَ لَمْ يَصْلُحْ أَنْ يُرَى مِنْهَا إِلَّا هَذَا وَهَذَا

Wahai Asma ! Sesungguhnya wanita jika sudah baligh maka tidak boleh nampak dari anggota badannya kecuali ini dan ini (beliau mengisyaratkan ke muka dan telapak tangan).[HR. Abu Dâwud

Disitu sudah jelas. Kaum wanita yang sudah baligh tidak boleh membuka aurat kecuali muda dan telapak tangan saja. Begitu juga bagi kaum laki-laki. Menutup anggota badan dari lutut sampai pusar adalah suatu kewajiban bagi laki-laki yang sudah baligh.

Hadirin yang dirahmati Allah

Dalam ayat suci Al-Qur'an juga sudah ditegaskan.


يَٰٓـأَيـُّهَا ٱلنَّبِيُّ قـُل لـِّأَزۡوَٰجِكَ وَبَنـَاتِكَ وَنِسَآءِ ٱلۡـمُؤۡمِنِينَ يُدْنِينَ عَلـَيۡهـِنَّ مِن جَلَٰبـِيبـِهـِنَّ ۚ ذَٰلِكَ أَدْنـَىٰٓ أَن يُعۡرَفۡنَ فـَلـَا يُؤذيۡنَ ۗ وَكـَانَ اللهُ غـَفـُورًا رَّحِيمًا (الأحزاب : ٥٩

Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan wanita-wanita (keluarga) orang-orang mukmin, agar mereka mengulurkan atas diri mereka (ke seluruh tubuh mereka) jilbab mereka. Hal itu menjadikan mereka lebih mudah dikenal (sebagai para wanita muslimah yang terhormat dan merdeka) sehingga mereka tidak diganggu. Dan Allah senantiasa Maha Pengampun lagi Maha Penyayang

QS. al-Ahzab ayat: 59

Apakah mereka yang suka mengumbar aurat tidak percaya Al-Qur'an. Sedangkan kitab Al-Qur'an adalah kitab suci umat Islam yang harus diyakini, dan diamalkan? Tentu mereka tahu.

Hadirin yang berbahagia

Islam adalah agama yang suci, Islam adalah agama yang mengatur umatnya untuk menjadi baik. Perintah menutup aurat misalnya. Khusunya bagi kaum wanita menutup aurat, berhijab ini merupakan pershiasan sederhana yang bisa menyelamatkan diri dari api neraka karena kita menutup aurat. 

Selain itu, Islam adalah agama yang mengangkat derajat tinggi bagi kaum wanita, agar menjaga diri dari segala bahaya yang ditimbulkan, segala fitnah yang ditimbulkan, lebih-lebih kita hidup di akhir zaman. 

Maka dari itu, lewat pidato singkat saya ini, mari teman-teman yang belum bisa menjaga auratnya, belum bisa menutup auratnya bisa segera berbenah dan berubah. Karena Allah maha pengampun dan maha penyayang bagi hambanya yang bertaubat.



Selengkapnya :

Contoh Pidato Agama Tentang Menutup Aurat


Post a Comment

 
Top