0 Komentar

Sikap menyeyangi merupakan anjuran dalam agama Islam, Menyayangi anak yatim sungguh besar pahalanya. Memberikan bantuan, menyayangi, menyantunik anak yati merupakan contoh teladan yang dilakukan oleh Rasulullah dan harus kita tiru. 

Nah pada postingan ini, saya akan berikan contoh teks pidato atau ceramah tentang menyentuni anak yatim, pidato ini sangat pas dibacakan pada acara santunan anak yatim pada tanggal 10 Muharram di tempat masing-masing. Contoh pidato anak yatim ini cukup singkat dan dikemas dengan bahasa ang mudah dipahami. Berikut ini Pidato Agama Islam Menyantuni Anak Yatim.

Pidato Agama Islam Menyantuni Anak Yatim

Pidato Agama Islam Menyantuni Anak Yatim

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

الْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْ أَنْعَمَنَا بِنِعْمَةِ اْلإِيْمَانِ وَاْلإِسْلاَمِ. وَنُصَلِّيْ وَنُسَلِّمُ عَلَى خَيْرِ اْلأَنَامِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ أَمَّا بَعْدُ

Hadirin yang saya hormati

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah SWT yang selalu memberikan kenikmatan kepada hambanya, kepada kita semua, sehingga pada hari ini kita bisa berjumpa dalam acara santunan anak yatim yang bertepatan pada tanggal 10 Asyura di bulan Muharram ini dalam keadaan sehat wal'afiat.

Sholawat dan salam, semoga selalu tercurah kepada nabi kita Muhammad SAW dengan ucapan sholawat nabi, semoga kita semua diakui sebagai umat beliau dan mendapatkan syafaatnya besok di hari akhir. Amin ya robbal alamin.

Hadirin yang berbahagia

Bulan Muharram merupakan bulan pertama dalam kalender Hijriyah, pada bulan Muharram ini penuh dengan persitiwa besar yang telah dialami oleh para nabi terdahulu yaitu tepatnya pada tanggal 10 Muharram kalau jaman sekarang ini diperingati sebagai 10 Syura atau Asyura.

Pada tanggal 10 Muharram ini disebut juga sebagai hari rayanya para yatim, hari raya bagi anak yatim yang mana anak yatim tersebut harus selalu kita lindungi, selalu kita sayangi, dan selalu kita santuni. Sebagaimana nabi Muhammad SAW selalu mencintai anak-anak kecil lebih-lebih anak yatim.

Hadirin yang dirahmati Allah

Menyantuni dan menyayangi anak yatim merupakan tugas bagi kita semua sebagai umat Islam. Selagi kita mampu berikan yang terbaik bagi anak-anak yatim, entah itu makanan, kasih sayang, harta, dan lain sebaginya. Buatlah anak yatim itu selalu ceria. 

Dalam suatu riwayat, jika kita bersedekah pada tanggal 10 Muharram maka dengan izin Allah rizki kita akan selalu baik dan bertambah. Maka dari itu pada hari ini kita peringati hari Asyura sebagai hari amal kita, sebagai bukti kita cinta dan menyayangi anak yatim sehingga diadakan acara santunan anak yatim.

Hadirin yang saya hormati

Bukan berarti kita harus amal pada tanggal 10 Muharram saja, namun semua hari semua tanggal itu baik jika kita mau beramal dengan ikhlas, hanya saja pada tanggal 10 Muharram ini sebagai simbolis kecintaan kita terhadap anak yatim,  yang insyaallah menjadikan kita lebih giat beramal di hari-hari lainnya.

Menyantuni dan mengasihi anak yatim sungguh luar biasa banyak pahalanya, kalau dilihat secara kasat mata, tentu memberikan bantuan terhadap anak yatim yang kekurangan pasti akan meringankan beban mereka, akan tetapi juga nabi Muhammad SAW memberikan isyarat bagi semua yang menyantuni anak yatim maka di surga akan bersebelahan seperti jari jemari.

Selengkapnya :

Pidato Agama Islam Menyantuni Anak Yatim



Demikianlah Pidato Agama Islam Menyantuni Anak Yatim, semoga membawa manfaat.



Post a Comment

 
Top