0 Komentar

Hari batik nasional kita peringati setiap tanggal 2 Oktober, peringatan hari batik nasional ini kita jadikan sebagai pengingat kepada kita dan generasi muda akan pentingnya melestarikan budaya warisan leluhur. Budaya batik merupakan budaya asli Indonesia yang diwariskan turun temurun kepada para generasi. Peringatan hari batik perlu digalakkan kepada seluruh masyarakat Indonesia terutama generasi muda.

Pada postingan ini akan saya berikan contoh pidato tentang budaya batik, perlunya melestarikan batik bagi generasi muda Indonesia. Pidato tentang batik ini sangat pas dibacakan pada saat peringatan hari batik nasional yang selalu kita peringati setiap tanggal 2 Oktober. Berikut ini. Berikut ini Contoh Pidato Melestarikan Budaya Batik (Hari Batik 2 Oktober).

Contoh Pidato Melestarikan Budaya Batik (Hari Batik 2 Oktober)

Contoh Pidato Melestarikan Budaya Batik (Hari Batik 2 Oktober)

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Hadirin yang saya hormati

Puji syukur kita panjatkan kepada Tuhan yang Maha Esa, atas segala limpahan nikmatnya kepada kita semua, sehingga di pagi hari ini kita bis aberjumpa dan berkumpul dalam rangka memperingati hari batik nasional di halaman ini dalam keadaan sehat.

Sholawat serta salam mari kita haturkan kepada nabi kita Muhammad SAW yang selalu kita nantikan syafaatnya besok di hari akhir. Amin.

Hadirin yang syaa hormati

Pada kesempatan ini tepat pada tanggal 2 Oktober ini kita peringati sebagai hari batik nasional. Peringatan hari batik nasional ini merupakan salah satu wujud peduli kita terhadap budaya bangsa Indonesia. Budaya batik merupakan budaya asli Indonesia yang sudah mendunia. Dengan diperingatinya hari batik nasional ini juga salah satu wujud promosi atau memasyarakatkan batik bagi masyarakat Indonesia yang belum peduli terhadap budaya luhur kita.

Berpakaian batik sudah tidak lagi menjadi hal yang kuno, karena dengan berbusana batik juga termasuk media untuk mengajak masyarakat cinta terhadap budaya batik. Lebih-lebih pada era sekarang ini sudah banyak model atau motif batik dengan kreativitas anak bangsa, sehingga batik tidak terkesan monoton dengan motif-motif itu saja.

Hadirin yang berbahagia

Dengan banyaknya budaya di tanah air Indonesia ini menjadikan negara lain kagum dan seolah-oleh ingin mengklaim budaya-budaya Indonesia yang menurut mereka tida lagi dihargai di negaranya sendiri. Seperti halnya budaya batik. Sebelum UNESCO menetapkan bahwa batik sebagai budaya Indonesia sempat beberapa negara yang mengakui sebagai budaya bagi negara mereka.

Maka dari itu, kita harus selalu peduli dengan budaya yang kita miliki, bukan malah kita berlebihan dengan budaya luar. Dan akhirnya budaya sendiri terbengkalai. Baru kalau budaya Indonesia diakui oleh negara lain kita baru berbuat. 

Hadirin yang saya hormati

Dengan adanya peringatan hari batik nasional ini semoga lebih meningkatkan kecintaan kita terhadap budaya Indonesia terutama budaya batik.

Selamat hari batik nasional



Selengkapnya :

Contoh Pidato Melestarikan Budaya Batik (Hari Batik 2 Oktober)






Lihat Postingan Lain :

Pidato Hari Batik Nasional Bahasa Jawa (2 Oktober)

Contoh Pidato Hari Batik Nasional (2 Oktober)

Post a Comment

 
Top