0 Komentar

Persaudaraan adalah sebuah hubungan atau ikatan batin antara orang satu dengan orang lainnya yang tidak dapat dipisah-pisah. Persaudaraan ini harus selalu dijaga dan kita pertahankan.

Pada postinghan kali ini, saya akan berbagi contoh teks pidato tentang persaudaraan umat muslim. Contoh pidato agama Islam ini cukup singkat jadi sobat bisa menghafalkannya degan mudah. Berikut ini Pidato Singkat Agama Islam Tentang Persaudaraan.

Pidato Singkat Agama Islam Tentang Persaudaraan

Pidato Singkat Agama Islam Tentang Persaudaraan

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

الْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْ أَنْعَمَنَا بِنِعْمَةِ اْلإِيْمَانِ وَاْلإِسْلاَمِ. وَنُصَلِّيْ وَنُسَلِّمُ عَلَى خَيْرِ اْلأَنَامِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ أَمَّا بَعْدُ

Bapak dan Ibu hadirin sekalian yang akmi hormati

Pada kesempatan baik ini, mari kita senantiasa bersyukur kepada Allah yang telah melimpahkan banyak nikmat kepada kita semua. Sehingga pada saat ini kita masih diberi kenikmatan kesehatan dan bisa berjumpa berkumpul di sini dalam keadaan sehat wal afiat.

Sholawat dan salam, semoga tercurah kepada nabi agung Muhammad SAW beserta keluarga, sahabatnya dan kelak kita sebagai umatnya mendapatkan syafaat beliau amin yarobbal alamin.

Hadirin yang dirahmati Allah SWT

Nabi Muhammad adalah uswatun hasanah yang artinya suri tauladan yang baik atau contoh yang baik. Karena beliau ini salah satu manusia sempurna yang pernah ada di bumi. Dalam misi dakwah setelah beliau menyeberkan Islam diberbagai daerah Mekkah dan Madinah, beliau mempunyai misi menyatukan kaum muslimin muhajirin dan anshor agar bisa bersatu dan bisa lebih kuat dalam menghadapi musuh Islam.

Rasulullah sangat menganjurkan umatnya untuk saling menjaga silaturhami seperti hadis yang disampaikan oleh beliau.

الْمُؤْمِنُ لِلْمُؤْمِنِ كَالْبُنْيَانِ يَشُدُّ بَعْضُهُ بَعْضًا

Artinya : “Orang mukmin dengan orang mukmin yang lain seperti sebuah bangunan, sebagian menguatkan sebagian yang lain.”

Dari hadis tersebut bisa kita cermati, bahwa seorang msulim dari satu dan lainnya adalah bersaudara seperti bangunan yang harus saling mengkokohkan. Umat Islam harus saling menjaga persaudaraan agar umat Islam semakin kokoh dan kuat.

Hadirin yang saya hormati

Seperti firman Allah dalam surat Al Imron ayat 103

وَاعْتَصِمُوا بِحَبْلِ اللَّهِ جَمِيعًا وَلَا تَفَرَّقُوا ۚ وَاذْكُرُوا نِعْمَتَ اللَّهِ عَلَيْكُمْ إِذْ كُنْتُمْ أَعْدَاءً فَأَلَّفَ بَيْنَ قُلُوبِكُمْ فَأَصْبَحْتُمْ بِنِعْمَتِهِ إِخْوَانًا وَكُنْتُمْ عَلَىٰ شَفَا حُفْرَةٍ مِنَ النَّارِ فَأَنْقَذَكُمْ مِنْهَا ۗ كَذَٰلِكَ يُبَيِّنُ اللَّهُ لَكُمْ آيَاتِهِ لَعَلَّكُمْ تَهْتَدُونَ

Artinya : Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah, orang-orang yang bersaudara; dan kamu telah berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu dari padanya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu, agar kamu mendapat petunjuk.

Sebagaimana hakikat persaudaraan, sesama saudara dilarang untuk saling menzalimi. Haram hukumnya seorang muslim menyakiti muslim lain. Kezaliman tidak membawakan manfaat apa-apa, justru hanya berujung penyesalan dan dendam. Ketika saudara muslim kita menjadi pelaku atau korban kezaliman, maka sudah sepatutnya kita menolongnya. 

Selengkapnya :

Pidato Singkat Agama Islam Tentang Persaudaraan




Post a Comment

 
Top