0 Komentar
Masroziq - Pidato Tentang Munafik Beserta Hadisnya (Singkat)


Pada kesempatan ini, saya akan memberikan contoh pidato tentang munafik. Bagi sahabat yang sedang mencari contoh pidato tentang munafik bisa melihat pada postingan berikut ini. Semoga bermanfaat.

Pidato Tentang Munafik Beserta Hadisnya (Singkat)

Pidato Tentang Munafik Beserta Hadisnya (Singkat)


Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah 'ala ni'matillah
La khaula wala quwwwata illa billah
Allahumma sholli 'ala sayyidina wamaulana muhammadin
Wa'ala alihi wasohbihi waman tabiahudah
Ammaba'd

Yang saya hormati ..........
Yang saya hormati ..........
Dan semua hadirin yang berbahagia

Pada kesemapatan kali ini, saya akan menyampaikan pidato tentang munafik. 

Agama Islam sudah memberikan aturan-aturan yang diridhoi oleh Allah, dan itu telah dicontohkan oleh nabi Muhammad SAW. Beliau telah menyampaikan ana yang termasuk perbuatan baik dan perbuatan buruk. Dalam hal ini saya akan berbicara salahs atu sifat yang tidak baik atau sifat tercela yaitu munafik.

Munafik adalah perbuatan di mana seseorang hanya akan menampakkan sisi baiknya saja, dibanding sisi buruk. Sudah jelas, orang yang memiliki sifat munafik ini berbahaya. Mereka pandai memainkan peran layaknya aktor, memasang wajah manis di hadapan semua orang padahal dibalik itu ia amatlah buruk. Perbuatan atau sifat munafik sangat dibenci oleh Allah SWT.

Hadirin yang saya hormati

Dalam hadis, nabi Muhammad SAW berkata tentang ciri-ciri atau tanda seorang munafik.

آيَةُ الْمُنَافِقِ ثَلَاث إِذَا حَدَّثَ كَذَبَ، وَ إِذَا وَعَدَ أَخْلَفَ، وَ إِذَا اؤْتُمِنَ خَانَ

Artinya : “Tanda orang munafik itu tiga apabila ia berucap berdusta, jika membuat janji berdusta, dan jika dipercayai mengkhianati” 

Dari isi hadis tersebut, bisa kita simpulkan bahwa ciri dari orang munafik itu ada tiga. Yang pertama orang tersebut apabila berkata berdusta atau bohong. Salah satu ciri orang munafik itu berbohong saat berbicara. Maka sebisa mungkin kita usahakan jangan sampai berdusta atau berbohong dalam berbicara. Meskipun bohong dalam sekala kecil lebih-lebih bohong dalam hal besar.

Yang kedua adalah orang yang berjanji tapi selalu meningkari. Istilahnya adalah tidak menepati janji. Untuk menghindari itu saat kita berjanji sebaiknya kita ucapkan kata Insyaallah. Karena itu adalah janji yang lebih baik./ Namun bukan Insyaallah untuk tidak menepati, tetapi insyaallah untuk menepati janji.

Hadirin yang saya berbahagia

Ciri atau tanda orang munafik yang ketiga adalah jika dipercaya akan berkianat. Orang munafik sungguh tidak bisa diberikan kepercayaan, karena mereka tidak akan menjaga kepercayaan itu dengan baik.

Maka dari itu, kita sebagai umat Islam yang beriman, jauhilah sifat munafik dengan tiga tanda tersebut. Semoga dengan kita menjauhi sifat munafik kita kelak akan dimasukkan dalam surganya Allah SWT. Amin.

Selengkapnya :

Pidato Tentang Munafik Beserta Hadisnya (Singkat)




Post a Comment

 
Top