0 Komentar

Menurut Wikipedia Hutan adalah sebuah kawasan yang ditumbuhi dengan lebat oleh pepohonan dan tumbuhan lainnya. Kawasan-kawasan semacam ini terdapat di wilayah-wilayah yang luas di dunia dan berfungsi sebagai penampung karbon dioksida (carbon dioxide sink), habitat hewan, modulator arus hidrologika, serta pelestari tanah, dan merupakan salah satu aspek biosfer Bumi yang paling penting.

Pada postingan kali ini, saya akan berbagi contoh pidato dengan tema kehutanan, yaitu pidato melestarikan hutan. Bagi adik-adik pelajar yang sedang mencari contoh pidato tentang lingkungan bisa melihat pada postingan berikut ini. 

Contoh Pidato Melestarikan Hutan 

Contoh Pidato Melestarikan Hutan

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Yang saya hormati Bapak dan Ibu guru
Yang saya banggakan teman-temanku

Pada kesempatan ini, mari kita memenjatkan puji syukur atas nikmat yang telah Tuhan berikan kepada kita sehingga kita masih diberikan kesehatan dan masih bisa melaksanakan aktivitas dengan baik.

Pada kesempatan ini, saya akan menyampaikan pidato dengan tema melestarikan hutan.

Indonesian salah satu negara yang memiliki banyak hutan. Seperti di kalimantan, Sulawesi, Sumatera dan lainnya. Hutan adalah bagian penting dari lingkungan dan ekonomi negara kita. Hutan yang berdiri berfungsi sebagai penyimpan atau penyerap karbon. Hutan mencegah banjir dan mengurangi erosi tanah dengan mengatur aliran air.

Hadirin yang berbahagia

Hutan harus dijaga dan dilestarikan, agara generasi penerus masih bisa menikmati manfaatnya. Karena sesuai data statistik hutan di Indonesua sudah mulai berkurang. Coba bayangkan apabila hutan kita rusak misalnya digunduli dibakar apa yang akan terjadi? akan banyak bencana yang akan ditimbulkan seperti banjir, kekeringan, longsor, dan lain sebagainya.

Maka dari itu perlu digalakkan bagaimana melestarikan hutan yang sudha kita miliki ini. Ada banyak cara melestarikan hutan akan tetap terjaga dengan baik.

1. Melakukan reboisasi

Reboisasi adalah salah satu alternatif untuk melestarikan hutan. Reboisasi itu sendiri adalah menanam kembali hutan-hutan yang sudah rusak yang merupakan cara mencegah hutan gundul, yang di kira tidak layak lagi untuk di tempati dan digunakan oleh makhluk hidup, sehingga hutan akan tetap terjaga keberadaannya dan tetap bisa di gunakan oleh manusia dalam ruang publik kehidupan.

2. Tebang tanam

Cara kedua adalah melakukan sistem tebang tanam. Apabila pohon yang sudah besar bisa ditebang dan harus disertai dengan penanaman kembali agar hutan tidak gundul. Ini sangat bermanfaat kedapannya.

3. Melindungi dan menjaga habitat yang ada di hutan

Keberadaan mahkluk hidup di hutan sangatlah di pentingkan dan perlu juga untuk dilindungi. Karena keberadaan mahluk hidup ini perlu di jaga agar tidak mengalami kepunahan yang di sebabkan kebakaran hutan maupun penebangan hutan secara sembarangan yang telah banyak di lakukan oleh manusia demi kepentingan pribadi mereka.

Teman-temanku yang saya hormati

Masih banyak cara yang bisa kita lakukan untuk melestarikan hutan, seperti Memberikan sangsi bagi penebang yang melakukan penebangan sembarangan, Tidak mencoret-coret pohon yang ada di hutan, Tidak membuang sampah sembarangan di hutan, Mengidentifikasi dan mencegah terjadinya kebakaran hutan.

Semua itu harus dilakukan bukan oleh salah satu orang saja namun kita semua wajib menjaga dan melestarikan hutan kita.

Selengkapnya :

Contoh Pidato Melestarikan Hutan 


Post a Comment

 
Top