0 Komentar
Masroziq - Contoh Pidato Kerukunan di Indonesia (Singkat)

Indonesia adalah negara yang luas dan disegani oleh negara lain akan kerukunan dan persatuannya, karena Indonesia terbentuk dari berbagai suku, ras agama budaya yang beragam. Dengan keberagaman tersebut bisa menjadikan Indonesia menjadi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Nah pada kesempatan ini, akan saya berikan contoh pidato yang berjudul kerukunan di Indonesia. Bagi sahabat yang sedang mencari contoh pidato sesuai dengan judul ini bisa melihat pada postingan di bawah ini. Dan dengan adanya pidato ini semoga kita semua bisa saling menjaga kerukunan. Beikur ini Contoh Pidato Kerukunan di Indonesia (Singkat).

Contoh Pidato Kerukunan di Indonesia (Singkat)

Contoh Pidato Kerukunan di Indonesia (Singkat)

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah wasyukrulillah 'ala ni'matillah
La khaula wala quwwata illa billah. Amma ba'du

Puji syukur atas rahmat Allah yang maha kuasa, sehingga pada kesempatan ini kita masih diberikan kenikmatan kesehatan dan kesempatan, sehingga kita bisa berjuma dalam suasana yang bahagia ini.

Sholawat dan salam, mari kita sanjungkan kepada nabi Muhammad SAW yang selalu kita nantikan pertolongan sayafaatnya besok di hari akhir. Amin yarobbal'alamin.

Hadirin yang berbahagia

Pada kesempatan ini, saya akan berpidato tentang kerukunan di Indonesia.

Kita harus tahu, bahwa manusia hidup di dunia ini sebagai makhluk sosial, yang mana sudah pasti membutuhkan bantuan orang lain. Karena sebagai orang yang normal, kita tidak akan bisa hidup sendiri tanpa interaksi orang lain. Dalam kehidupan sehari-hari misalnya, kita pasti akan selalu bersosial bertemu dan berkumpul dengan orang lain, baik dirumah, ditempat kerja dan lain sebagainya.

Maka dari itu, untuk menjadikan kehidupan kita harmonis, lancar maka kita harus saling menjaga kerukunan antar sesama, baik di kalangan dalam kelarga maupun luar keluarga. Jangan sampai kita akan terbelah, terpecah kerukunan kita dengan alasan hal-hal yang sepele.

Hadirin yang saya hormati

Kita mesti memahami, bahwa antar individu, antar kelompok itu memiliki cara pemikiran dan kebiasaan yang berbeda. Lebih-lebih di Indoensia yang merupakan negara dengan budaya, suku, ras agama yang bergama. Kita harus saling menyadari dan saling mengerti dengan kondisi yang demikian agar tercipta kerukunan dan kenyamanan dalam kehidupan kita.

Hal yang paling dasar sehingga menjadikan perpecahan adalah sifat merasa dirinya yang paling baik, merasa dirinya yang paling benar sehingga selalu berpikiran negatif terhadap orang lain. Padahal nabi Muhammad SAW selalu memberikan contoh suri tauladan yang baik terhadap umatnya. Mengapa kita tidak menirunya?

Hadirin yang berbahagia

Akhir-akhir ini, kerukunan di Indonesia sudah mulai terkikis dengan adanya oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab yang membuat isu untuk merusak kerukunan di Indonesia, terutama kerukunan antar umat bergama, kerukunan antar suku, budaya. Sehingga banyak orang awam yang tidak tahu menahu mengikuti ajakan atau isu oknum yang tidak bertanggung jawab tersebut.

Padahal dari dulu kerukunan di Indonesia bisa diacungi jempol. Negara-negara tetangga juga salut terhadap negarai tercinta ini. Dengan banyaknya suku budaya agama yang bergam bisa disatukan dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika. yang artinya, walaupun berbeda-beda tetatpi tetap satu jua.

Selengkapnya :

Contoh Pidato Kerukunan di Indonesia (Singkat)


Post a Comment

 
Top